Apa Itu KOL? Mengapa Keberadaan mereka Begitu Penting?

Saungmaman.com - Para Pelaku Key Opinion Leader: Siapa mereka dan mengapa keberadaan mereka begitu penting?

Pernahkah Anda membeli produk atau layanan berdasarkan pada orang yang Anda ikuti di Instagram atau Twitter? Apakah Anda mengunjungi blog untuk mencari tips untuk pembelian produk baru? Maka Anda telah dipengaruhi oleh seorang Key Opinion Leader (KOL).

Apa yang dimaksud dengan Key Opinion Leader?

Key Opinion Leader adalah orang atau organisasi yang memiliki status sosial yang kuat sehingga rekomendasi dan pendapat mereka didengarkan ketika membuat keputusan penting. Contoh yang baik dari para Key Opinion Leader adalah tokoh politik, kolumnis dan selebriti media sosial.


Semua pelaku Key Opinion Leader memiliki status yang menonjol di komunitas mereka sendiri dan pendapat mereka dihargai dan didengarkan. Para influencer ini dilihat sebagai ahli sejati dan mereka dipercaya sebagai individu sungguhan, bukan hanya figur publik yang mewakili perusahaan. Mereka sering aktif di media sosial dan blog dan tetap aktif dengan pengikut mereka.

Dari mana asal para influencer?

Jika Anda sudah berada di mata publik, cukup mudah untuk menjadi influencer. Misalnya, seorang aktor dari serial TV, seorang individu yang aktif secara politik atau seseorang yan0g bekerja dalam posisi ahli yang sangat dihargai mungkin dengan mudah berprofesi sebagai Key Opinion Leader. Terutama para ahli yang memiliki pendapat tentang topik yang sedang tren dapat dengan cepat mendapatkan pijakan yang kuat.
Baca juga: Serunya Ikut Kampanye Hidden Quiz Yamaha GP Challenge di Instagram
Pendapat Influencer sering sangat dihargai karena mereka dilihat sebagai ahli di bidangnya. Selain itu mereka biasanya memiliki pengikut yang cukup banyak dan sangat loyal terhadap mereka.

Namun, orang yang sebelumnya tidak dikenal mungkin bisa juga menjadi Key Opinion Leader melalui upaya jangka panjang yang terorganisasi. Bahkan percikan ketenaran kecil atau jejaring yang tepat di media sosial pada akhirnya dapat mengangkat seseorang menjadi pelaku Key Opinion Leader.

Orang lama atau pendatang baru

Influencer dapat berupa pendatang baru atau orang-orang yang telah lama berkecimpung dalam industri. Namun, perlu diingat bahwa beberapa pelaku Key Opinion Leader memiliki kekuatan lebih daripada yang lain: pendatang baru dapat membawa wawasan baru ke dalam industri tetapi kemungkinan besar orang akan bergantung pada influencer yang lebih berpengalaman, jika pendapat mereka berbeda satu sama lain.

Karena itu, berhati-hatilah jika Anda bekerja sama dengan influencer baru yang sangat tertarik pada perubahan. Popularitas mereka mungkin berumur pendek.

Pemasaran dan para Key Opinion Leader

Banyak industri sudah menggunakan influencer sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Para pelaku Key Opinion Leader membantu mendapatkan pelanggan yang benar-benar tertarik, karena orang mempercayai mereka. Karakter media sosial yang terlihat menciptakan perasaan bahwa orang tahu influencer secara pribadi dan pendapat mereka dapat diandalkan.

Jenis reaksi balik tertentu terhadap iklan tradisional, seperti iklan koran atau iklan bergambar, juga sering terjadi. Pemasaran melalui Key Opinion Leader dipandang sebagai lebih tulus dan jujur ​​- karena siapa yang secara pribadi akan merekomendasikan produk yang buruk? Itu kemungkinan besar akan menyakiti reputasi influencer itu sendiri.

Kiat: Cari tahu siapa influencer tersebut sebelum Anda bekerja sama dengan mereka. Undang mereka ke acara, tanyakan kepada mereka maukah untuk menjadi tamu untuk blog Anda, kirimi mereka contoh produk Anda atau sarankan proyek kolaborasi.

Hukum dan praktik

Influencer sering terlibat dalam pemasaran perusahaan. Perusahaan dalam industri kosmetik mungkin mengirimkan sampel produk mereka ke blogger kecantikan, perusahaan pakaian olahraga mensponsori berbagai jenis kompetisi di Instagram dan orang-orang terkenal juga menggunakan pendapat ahli untuk memberikan tambahan kepercayaan.

Namun, penting untuk mengingat hukum dan praktik saat bekerja dengan influencer. Tergantung pada negaranya, aturan dan peraturan bisa sangat ketat ketika menyangkut penempatan produk dan biaya yang dibayarkan kepada influencer.

Pastikan Anda mengetahui rumitnya permasalahan hukum dan praktiknya dengan baik mengenai pemasaran influencer sebelum terjun langsung ke lapangan.
Advertisement
Apa Itu KOL? Mengapa Keberadaan mereka Begitu Penting?

You Might Also Like:

Buka Komentar