Jenis Modal Verbs Beserta Cara Penggunaannya dalam Percakapan

By SaungMaman

Dalam belajar Bahasa Inggris, tentu akan menjumpai modal verbs atau juga dikenal sebagai kata kerja bantu. Fungsi modals ini untuk mengekspresikan atau mengungkapkan izin, permintaan, kesediaan, kemampuan, hingga kemungkinan melakukan sesuatu. Untuk informasi lebih lengkap tentang modals dan jenisnya, simak penjelasan di bawah ini.

Jenis Modal Verbs Beserta Cara Penggunaannya dalam Percakapan
Jenis Modal Verbs Beserta Cara Penggunaannya dalam Percakapan | Foto by: Oleksandr Pidvalnyi

Jenis-Jenis Modal Verbs dan Cara Penggunaannya


Kata kerja bantu dalam Bahasa Inggris dibagi menjadi tiga jenis, yaitu present, past, dan perfect. Masing-masing juga memiliki rumus kata yang berbeda. Berikut penjelasan selengkapnya seputar pengertian modal verb buat Anda

Modal Present

Kata kerja bantu yang termasuk dalam modal present ada can – may untuk menyatakan kesanggupan, kemungkinan, dan permohonan izin. Ada juga will – shall untuk menawarkan bantuan serta menyatakan janji. Lalu must – should/ought to untuk menunjukkan keharusan serta menyatakan tugas yang belum selesai.

Sedangkan penggunaannya dalam percakapan formal memakai rumus: S + Modal Present +Verb1. Adapun salah satu contoh kalimatnya ialah:

• Shall I turn off the fan?
• I must read this newspaper

Modal Past

Adapun modal verbs yang termasuk ke jenis ini antara lain would (permohonan, lebih menyukai), should (anjuran, keharusan), dan must/had to (keharusan). Selain itu ada might (mengungkapkan kemungkinan besar yang akan terjadi, serta could (menyatakan permintaan dan kemungkinan dengan sopan).


Anda bisa menggunakan jenis modal past pada percakapan sehari-hari dengan rumus: S + Modal Past + Verb1. Berikut contohnya:

• Dina was absent today. She might be fever.

Modal Perfect

Kata kerja bantu yang tergolong jenis modal perfect hampir sama dengan modal past yaitu might, must, should, dan could. Perbedaannya terletak pada imbuhan have dan verb yang digunakan. Di mana modal perfect menggunakan verb 3.

Penggunaannya dalam bentuk percakapan ataupun bentuk tulis bisa mengikuti rumus: S + Modals Perfect + Have + Verb3. Contoh kalimatnya sebagai berikut:

• Sinta passed the math exam. She must have studied.

Itulah jenis-jenis modal verbs, tujuan penggunaan, serta cara penulisan tepat yang perlu diketahui. Jika Anda masih bingung tentang modals atau kata kerja bantu, yuk bergabung ke EF Adults. Di sini Anda akan diberikan materi seputar modals dan tata bahasa lainnya dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Tertarik belajar Bahasa Inggris? Ke EF Adults saja.

Jenis Modal Verbs Beserta Cara Penggunaannya dalam Percakapan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: