Cara Menyalurkan Hobi

Hobi saya adalah membaca, menulis, memotret, memperbanyak teman dan sahabat baik di dunia nyata maupun dunia maya. Lalu apa yang menjadi hobimu? Tentu setiap orang memiliki hobi yang bermacam-macam ya, ada yang hobi olah raga, musik, memasak, memancing (asal jangan memancing keributan yaa.. hehe..) ada juga yang hobi otomotif, pertanian, teknologi dan masih banyak lagi, silahkan sobat-sobat tambahkan sendiri :)

Hobi bisa diartikan sebagai suatu kesenangan atau kegemaran seseorang terhadap sesuatu hal yang membuat diri mereka bergelut dalam bidang tertentu yang disukainya. Kemampuan seseorang dalam memanfaatkan hobinya bisa diaplikasikan dalam berbagai hal. Ada yang menjadikannya sebagai sebuah pekerjaan, ada yang hanya membuatnya sebagai sebuah kesenangan semata, dan ada juga yang menjadikan hobinya untuk sekedar bersosialisasi dengan sahabat-sahabatnya yang mempunyai hobi yang sama.

Dalam keadaan tertentu, hobi yang positif bisa membuat seseorang memiliki kondisi yang sangat bagus dan menguntungkan bagi dirinya dan orang-orang disekelilingnya. Banyak kisah-kisah inspiratif yang bisa kita temukan di berbagai belahan dunia yang memberitakan tentang kesuksesan seseorang yang awal mulanya berawal dari kegemarannya terhadap sesuatu. Banyak kita baca tentang seseorang yang punya hobi menulis kemudian bisa sukses menjadi seorang penulis terkenal. Ada seorang yang hobi memasak bisa menjadi juru masak atau chef yang sangat diperhitungkan. Atau ada juga seseorang yang hobinya melukis bisa menjadi pelukis yang sangat dikagumi, semua berawal dari hobi.

Lalu bagaimana dengan kita yang memiliki hobi menulis blog? Apakah kita bisa menjadi sukses juga dengan hobi yang menurut sebagian besar orang menjadi seorang blogger itu kurang bisa menjanjikan? Semua tergantung kita, bagaimana kita menjalaninya. Bagi mereka yang telah menemukan jalannya tentu saja hobi ngeblog itu merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri, karena telah dapat memberikan penghasilan yang mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari bahkan melebihi apa yang diharapkan. Dan bagi kita yang masih berjuang, walau berjalan secara terseok-seok masih harus berusaha lebih keras lagi agar apa yang menjadi tujuan kita dalam menyalurkan hobi menulis  ini bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Jadi intinya, apapun yang menjadi hobi atau kesenangan kita, asalkan ditekuni dengan baik Insya Allah akan berbuah manis. Hanya saja semua butuh proses, tidak ada yang instan. Teruslah berkarya sesuai hobi masing-masing, jangan mudah menyerah dan yakinlah sekecil apapun usaha yang kita lakukan akan berbuah manis dikemudian hari.


Saya kira cukup sekian pembahasan tentang Cara Menyalurkan Hobi kali ini, semoga bermanfaat.


Cara Menyalurkan Hobi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment