logo blog

Tips Memilih Informasi Yang Benar

Ketika kita sedang galau, banyak hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya stress. Perasaan yang sering timbul di saat stress bisa bermacam-macam. Biasanya rasa stress timbul akibat menerima informasi tidak benar/hoax yang membuat rasa tidak enak dihati.

Hal-hal yang awalnya hanya merupakan sesuatu yang kecil bisa berubah menjadi besar bahkan bisa merusak tatanan sosial, bila tidak mampu mengantisipasinya dengan baik.

Kemudahan dalam menerima dan membagikan informasi bisa menjadi bumerang bagi para penggiat media sosial khususnya, bila tidak dengan bijak mengedepankan nalar dan logika dalam menerima setiap informasi yang diterima.

Menyikapi banyaknya informasi atau berita bohong yang beredar tanpa bisa dibendung, perlu adanya sikap bijak agar kita tidak terjebak pada pola pikir sempit yang menerima informasi tanpa penyaringan.

Info


Seperti kita ketahui bersama, informasi yang beredar saat ini baik yang benar sesuai fakta, maupun berita bohong yang sengaja di hembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk membuat kekacauan, begitu mudahnya kita akses, terutama melalui media sosial dan media online lainnya.

Dalam menyikapi setiap informasi, sebaiknya kita tidak langsung menerima mentah-mentah informasi yang kita terima tanpa menyelidiki kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu. Banyak terjadi, apa yang kita terima begitu mudahnya membuat kita terpancing emosi dan ingin segera memberikan respon dengan cara memberi komentar lalu membagikan atau menshare-nya melalui gadget yang kita punya, padahal kita belum mengetahui secara pasti apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Di satu sisi kecanggihan tekhnologi informasi memang banyak memberi manfaat, namun di sisi lain ia bisa diibaratkan seperti pisau bermata dua yang bila tidak berhati-hati akan melukai diri kita sendiri. Karena itulah, kearifan dalam memilih informasi yang benar mutlak diperlukan.


Knowledge


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan maraknya informasi atau berita bohong/hoax, maka dibutuhkan tips agar kita bisa mengantisipasinya dengan baik. Berikut ini beberapa Tips Memilih Informasi Yang Benar agar setiap informasi yang kita terima bisa memberi manfaat dan bukan malah merusak setiap individu yang menerimanya:

  • Pastikan informasi yang kita terima memiliki sumber yang jelas dan dapat dipercaya.
  • Periksa dengan seksama setiap kata dan kalimat demi mendapatkan pemahaman yang benar akan sebuah informasi.
  • Jangan langsung percaya mengenai sebuah berita tanpa mengecek kebenaran berita tersebut.
  • Biasakan untuk menahan diri untuk tidak langsung men-share setiap informasi yang kita terima.
  • Bagikan hanya informasi yang baik dan hal-hal yang positif saja yang bisa menginspirasi banyak orang.
  • Buang jauh-jauh setiap informasi yang menimbulkan rasa kebencian, sikap permusuhan, yang mengadu-domba dan yang sejenisnya.
Dengan menerapkan prinsip cek and ricek dan hanya membagikan hal-hal yang positif dan baik-baik saja akan setiap informasi yang kita terima, bisa dipastikan kita tidak akan mengalami stress seperti dikemukakan di awal tulisan ini.

Hidup kita, perasaan kita dan sikap kita hanya kita sendiri yang bisa mengelolanya. Silahkan memilih, mau baik silahkan memilih yang baik, mau jelek kita sendiri yang menentukan.

Semoga kita bisa menjadi pribadi yang menjadi keinginan semua orang dan di jauhkan dari kebiasaan membagikan berita yang membuat perasaan tidak nyaman.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger