logo blog

6 Cara Mengoptimalkan Blog Agar Ramah Mesin Pencari

6 Cara Mengoptimalkan Blog Agar Ramah Mesin Pencari
Jika Anda memiliki sebuah blog, kemungkinan besar Anda sudah memahami pentingnya bisnis blogging. Tapi apakah Anda tahu bagaimana mengoptimalkan posting blog agar lebih ramah mesin pencari?



Optimations

Yang sering terjadi adalah, banyak blogger gagal untuk mengambil keuntungan dari potensi pemasaran yang sangat besar dari blog mereka. Bahkan, penelitian terbaru oleh blogger.com menunjukkan bahwa meskipun sekitar 60% dari bisnis memiliki blog, 65% dari mereka pemilik blog bahkan belum memperbaharui blognya dalam satu tahun terakhir! Dengan memberikan penyegaran pada konten yang relevan dan melakukan optimasi pada postingan, Anda dapat mengambil banyak keuntungan dari blog yang Anda kelola.


Berikut ini adalah 6 Cara Mengoptimalkan Blog Agar Ramah Mesin Pencari, yang memungkinkan Anda mendapatkan nilai lebih dari kegiatan blogging yang Anda lakukan.


1.
Melakukan riset atau penelitian kata kunci.  

Penelitian kata kunci sangat penting untuk optimasi halaman. Kata kunci yang relevan dengan postingan sangat menentukan peringkat blog Anda di mata mesin pencari. Google Adwords Keyword Tool dan semrush.com keduanya menawarkan alat besar yang memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan topik Anda dan bahkan mampu meneliti blog pesaing Anda untuk melihat apa kata dan frasa mereka yang menargetkan untuk membawa lalu lintas ke situs mereka.

2. Menggunakan kata kunci di bagian penting posting Anda.

Setelah Anda telah menargetkan beberapa kata kunci yang relevan, penting untuk menempatkan mereka di mana mereka yang akan memberi dampak yang baik bagi mesin pencari dalam mengindeks konten Anda. Cobalah untuk memasukkan mereka dalam tempat-tempat berikut:


  •  Judul Blog
  •  Judul Artikel dan sub-artikel
  •  Kalimat pengantar
  •  Kalimat penutup
  •  Jangkar teks (text hyperlink terkait lainnya di blog Anda )
  •  Judul tag dan meta deskripsi

3. Jangan terlalu banyak membuat kata kunci:
Jangan membuat kata kunci yang terlalu berlebihan, karena begitu banyak kata kunci mengakibatkan menjadi sulit untuk dibaca. Tidak hanya akan mengiritasi pengikut blog Anda, itu akan juga membuat Anda dikenakan sanksi oleh Google. Beberapa trik mungkin bisa dilakukan agar penempatan kata kunci terlihat lebih alami yang ditempatkan secara strategis.

4.
Mengoptimalkan gambar

Setiap kali Anda meng-upload foto ke blog Anda, pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam nama file dan mengisi bidang teks alternatif dengan deskripsi atau keterangan gambar/foto yang kaya akan kata kunci.

5. Referensi blog lain dengan link  

Ketika Anda menyebutkan nama blogger lain atau artikel di posting blog dengan menyertakan link 
yang Anda referensikan, hal itu bukan saja baik dalam hal etika blogging, tetapi Anda juga mungkin beruntung akan menerima link kembali. kualitas link adalah komoditas yang berharga untuk setiap situs yang ingin memilki peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

6.
Memberikan pembaca kesempatan untuk berlangganan ke blog Anda.  

Sematkan secara mencolok tombol untuk berlangganan posting melalui email bila memungkinkan. Hal ini dimaksudkan agar para pengikut blog Anda memiliki pemberitahuan secara instan saat ada posting terbaru di blog Anda tanpa harus memeriksa situs Anda apakah sudah ada konten baru atau belum.

Selain rutin melakukan ke-6 cara diatas, ada baiknya Anda juga memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan posting blog Anda. Misalnya dengan memanfaatkan Facebook, Twitter, Google+, atau situs media sosial lainnya untuk membuat koneksi dengan pelanggan potensial dan pendatang baru.


Semua layanan di medsos diberikan secara cuma-cuma, maka sangat disarankan Anda memanfaatkan semuanya itu dengan sebaik-baiknya. Selain itu tidak ada salahnya mempromosikan konten blog Anda dengan memanfaatkan situs promosi program gratis seperti Hootsuite yang membuatnya lebih mudah untuk mengirim link ke posting blog terbaru Anda pada semua situs media sosial dengan hanya beberapa klik. Anda bahkan dapat menjadwalkan posting secara otomatis.

Dengan mengikuti tips SEO sederhana diatas, semoga dapat mendorong peringkat blog yang lebih tinggi di SERPs, peningkatan lalu lintas web, dan tingkat konversi pelanggan yang lebih tinggi. Nah, kiranya itu saja pembahasan singkat tentang
6 Cara Mengoptimalkan Blog Agar Ramah Mesin Pencari, semoga bermanfaat.

 

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger