logo blog

Pengertian Modem Dan Fungsinya

Pengertian Modem dan Fungsinya.
Banyak yang masih belum tahu tentang fungsi modem. Pengertian modem secara umum adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan data dari Local Area Network dengan jaringan Internet. Modem merupakan singkatan dari istilah modulator & demodulator. Kedua istilah ini memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda.


Modem


Modulator berfungsi menghantarkan rangkaian sinyal informasi menuju ke sinyal pembawa kemudian dikirim ke perangkat pengguna. Proses ini disebut modulasi, yaitu proses peralihan sinyal digital berubah menjadi sinyal analog. Sementara fungsi demodulator adalah untuk menerima data dalam bentuk sinyal yang telah dikirim.

Proses ini merupakan peralihan sinyal yang mulanya sinyal analog menjadi sinyal digital. Tujuan utama diubahnya sinyal analog menjadi sinyal digital adalah supaya data yang dikirim bisa terbaca oleh perangkat komputer.

Fungsi Modem pada Jaringan Komputer
 
Fungsi modem adalah untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan internet. Namun secara teori Fungsi modem adalah mengubah komunikasi dua arah yang pada mulanya merupakan sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya.



Modem Eksternal


Sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog. Proses perubahan sinyal tersebut dilakukan oleh modem. Kemudian, sinyal dari modem yang berupa sinyal analog dikirim kembali dan ditransmisi menggunakan kabel telepon guna dihubungkan ke komputer lain. Dengan demikian modem akan menghubungkan komputer dengan internet, dan pengguna dapat menggunakannya untuk menerima berbagai informmasi dari internet.

Baca juga: Tips memilih Informasi yang Benar


Jenis - jenis modem pada jaringan internet
 
Berdasarkan pemasangan perangkatnya, modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal. Sedangkan berdasarkan jaringannya modem bisa terbagi menjadi modem dengan media kabel sebagai penghubungnya dan modem tanpa kabel.


  • Modem Internal merupakan perangkat dengan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard. Kelebihan modem ini adalah cara pemasangannya cukup mudah dan harganya relatif lebih murah.
  • Modem Eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya bentuknya sejenis USB.
  • Modem yang dihubungkan dengan media kabel yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media penghubungnya (contoh: jaringan TV kabel dan jaringan nirkabel telepon)
  • Modem yang tidak menggunakan kabel, modem jenis ini menggunakan sinyal digital untuk perantaranya (contoh: modem GSM, Modem CDMA dan lain-lain)
Demikianlah ulasan tentang Pengertian Modem dan Fungsinya, semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang dunia digital internet.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger