Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Membuatnya?

Saungmaman.com - Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Membuatnya?

Facebook Ads (FB Ads) adalah sebuah layanan periklanan milik Facebook (FB) yang disediakan untuk para penggunanya. Dengan membuat iklan di Facebook setiap pengguna bisa meningkatkan konversi baik berupa kunjungan, like, penjualan ataupun konversi dari setiap materi iklan yang ditayangkan.

Beriklan di Facebook penting dilakukan terutama buat para penggiat bisnis online, yang mana pada setiap pengelolaan suatu situs website atau blog memrlukan banyak kunjungan untuk meningkatkan jumlah visitor dengan tujuan mendapatkan konversi atau penjualan baik berupa produk fisik ataupun sekedar mendapat kunjungan pada web/blog yang dikelolanya.

Untuk membuat iklan di Facebook caranya cukup mudah. Kita hanya memerlukan beberapa setingan di akun FB yang kita kelola. Banyak pebisnis online maupun para internet marketing yang memanfaatkan ketenaran FB untuk memasarkan produknya melalui FB Ads.

Biaya untuk membuat iklan di FB juga relatif murah. Untuk materi iklan berupa status dengan menyisipkan link menuju suatu situs web atau blog misalnya hanya membutuhkan dana Rp 30.000 saja. Dengan dana sebesar itu iklan akan tayang selama 3 hari dengan rata-rata penggunaan Rp 10.000 perhari dan dapat menjangkau kurang lebih 1000 orang.

Bagi Anda yang memiliki dana lebih bisa menambah jumlah deposit lebih banyak, agar jangkauan pemirsa juga lebih banyak dan tertarget. Pembayaran deposit bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau via transfer bank.

Lalu bagaimana cara melakukan pemesanan iklan di FB untuk pertamakalinya?
Berikut ini Admin akan berbagi pengalaman mengenai cara melakukan pembuatan iklan di facebook dengan dana yang minim atau sekedar melakukan uji coba semata.

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk membuat iklan di FB adalah dengan masuk ke akun Facebook kita, lalu kunjungi laman Buat Iklan atau Kelola Iklan dengan cara mengklik scroll menu/tanda segitiga kecil di pojok atas sebelah kanan. Setelah itu silahkan di eksplorasi beberapa menu didalamnya. Bila sudah mengerti mulailah membuat iklan Anda.

FB Ads

Agar bisa membuat unit iklan, maka kita harus memiliki dana/deposit di akun FB Ads, untuk itu maka lakukan transfer sejumlah uang sebagai deposit untuk melakukan pembayaran iklan yang kita pesan. Klik pada bagian penagihan dan pilih metode pembayaran. Nanti akan muncul nomor tujuan pembayaran beserta informasi lainnya, perhatikan dengan seksama saat akan mentransfer, agar tidak terjadi kesalahan dalam mengirim dana. Pastikan nomor tujuan pengiriman adalah atas nama Anda.

Setelah dana masuk, langkah selanjutnya adalah mulai membuat iklan. Masuk kembali ke menu Buat Iklan dan aturlah nama iklan, url tujuan yang ingin kita promosikan, bisa berupa status atau postingan dari Halaman/Page yang kita kelola, berapa durasi/lama iklan tayang dan budget yang ingin Anda gunakan. Bila setingan Anda benar maka Anda akan mendapat pemberitahuan seperti tampak pada gambar berikut ini:

FB Ads

Bila dirasa ada yang kurang, Anda masih bisa melakukan proses editing pada iklan anda dengan cara melakukan Sunting Iklan. Setelah semua langkah tadi dilakukan dengan benar, nanti akan ada pemberitahuan dari Facebook mengenai statistik dan daya jangkau iklan anda seperti tampak pada gambar berikut ini.

FB Ads

Setelah dalam jangka waktu tertentu dan durasi iklan anda sudah habis, maka silahkan lakukan pengisian ulang dana deposit agar iklan anda bisa terus berjalan dan mendapatkan banyak impressi dari pengunjung yang Anda targetkan.

Demikian informasi singkat mengenai Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Membuatnya? Semoga artikel ini bisa sedikit membantu sobat-sobat yang ingin mencoba tentang bagaimana cara membuat iklan di Facebook.

Bila ada yang kurang dimengerti bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini, sebisa mungkin Admin akan menjawabnya berdasarkan pengalaman setelah mencoba memasang iklan di FB dan berhasil.

Advertisement
Apa Itu Facebook Ads? Bagaimana Cara Membuatnya?

You Might Also Like: