Mau Tahu Berapa Kapasitas Memori Otak Manusia?

SaungMaman. - Mau Tahu Berapa Kapasitas Memori Otak manusia?

Kapasitas memori otak manusia dikenal cukup besar untuk menampung berbagai informasi sekaligus. Namun, sebuah penelitian terbaru telah dapat mengubah pandangan itu. Sebab, dari penelitian tersebut diketahui ternyata kapasitas memori otak manusia memiliki 10 kali lebih besar dari yang pernah diprediksi sebelumnya.

Penelitian yang dilakukan  peneliti dari Salk Institute ini menemukan bahwa otak manusia memiliki kapasitas memori setidaknya 1 petabyte atau setara dengan 10 juta gigabyte. Jumlah itu diperkirakan setara dengan total kapasitas internet saat ini.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk sampai pada kesimpulan ini para peneliti telah melakukan penelitian pada hippocamus (pusat memori) dari otak seekor tikus untuk mengetahui berapa kapasitas memori dari sinapsisnya.

Brain

Sinapsis merupakan bagian penting otak untuk mengirimkan sinyal ke neuron. Menurut para peneliti, semakin besar sinapsis maka tingkat keberhasilan mengirimkan sinyal ke neuron akan semakin sukses.
Dari penelitian ini diketahui bahwa sinapsis dapat memiliki ukuran yang berbeda dan dapat bertambah sekitar 8 persen. Dari informasi itu, bisa disimpulkan ada sekitar 26 kategori ukuran sinapsis. Jumlah ini tentu lebih banyak dari perkiraan sebelumnya.

Jumlah kategori sinapsis yang tak di duga itu kemudian membawa kesimpulan bahwa potensi kapasitas memori otak manusia ternyata lebih hebat dari prediksi sebelumnya. Bahkan, Sejnowski menuturkan akibat dari penemuan baru ini ternyata lebih jauh dari yang pernah dipikirkan sebelumnya.

Tak hanya membuka informasi baru tentang otak manusia, penemuan ini juga nantinya diharapkan dapat membantu pengembangan ilmu di bidang lain. Para peneliti berharap temuan ini kedepannya dapat menjadi acuan untuk membuat komputer dengan desain yang lebih efisien, dengan menggunakan prinsip dari jaringan saraf dan proses belajar.

Semenjak populernya dunia internet dan teknologi yang berkaitan dengan gadget, kapasitas memori menjadi  hal yang sangat penting. Memori virtual biasa digunakan untuk menyimpan file foto, dokumen penting atau hal yang berformat digital lainnya. Semakin canggih teknologi, maka akan semakin besar pula jumlah memori yang dibutuhkan. Karena itu sekarang ini kapasitas memori seperti SD card, atau USB flash drive kian bertambah besar seiring dengan bertambahnya waktu. Namun, pernahkan terbesit di pikiran kita mengenai berapa kapasitas memori otak manusia? Bagaimana Anda mengingat memori masa kecil hingga dewasa seperti sekarang ini?

Menurut informasi yang dikutip dari Liputan6. com, penelitian baru mengemukaan bahwa kapasitas memori otak manusia mencapai hingga 10 juta GigaByte. Hasil penelitian tersebut itu melampaui 10 kali lipat perkiraan memori manusia di penelitian sebelumnya.

Demikian uraian singkat mengenai Mau Tahu Berapa Kapasitas Memori Otak Manusia? kali ini, semoga bermanfaat.

Referensi:
Tekno.Liputan6.com
Bisbul.com
Mau Tahu Berapa Kapasitas Memori Otak Manusia?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: