Menata Ulang Rencana untuk Masa Depan

SaungMaman - Menata Ulang Rencana untuk Masa Depan

Rencana adalah sebuah program yang dibuat untuk dilaksanakan. Apalah arti sebuah rencana bila tidak ada upaya untuk mewujudkannya. Sebuah rencana yang di buat mempunyai 2 kemungkinan:
 
1. Rencana bisa di wujudkan
2. Rencana gagal berantakan

Dua kemungkinan tersebut bisa menimpa siapapun dan dari latar belakang apapun. Menyusun sebuah rencana membutuhkan komitmen dan konsistensi agar bisa tercapai, bila tidak makan apapun yang direncanakan tidak akan berarti apa-apa. 

Kenapa sebuah rencana bisa diwujudkan sementara rencana yang lainnya gagal? Ada banyak faktor yang menentukan kenapa sebuah rencana bisa di wujudkan atau tidak. 

Planning | Sumber gambar: Freepik

Faktor utama penentu berhasil atau tidaknya sebuah rencana adalah realistis atau tidak rencana tersebut? Apabila sebuah rencana bisa di terima akal sehat, maka itu berarti rencana tersebut realistis. Bila bisa di wujudkan akan membuat hidup lebih bermakna. Namun bila rencana yang di buat adalah sesuatu yang mustahil bisa diwujudkan, itu namanya tidak realistis. 

Dalam menyusun sebuah rencana, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengukur kemampuan diri. Tidak memaksakan sesuatu yang kira-kira diluar kemampuan kita. Buatlah rencana yang memang sanggup kita wujudkan dengan melihat segenap potensi yang ada dalam diri kita. 

Rencana yang terlalu berlebihan dan diluar kemampuan kita hendaknya tidak kita lakukan, karena percuma saja, rencana yang terlalu tinggi hanya akan membuat beban pikiran dan membuat upaya apapun yang kita lakukan akan sia-sia saja. 

Momen pergantian tahun menjadi waktu yang tepat untuk Menata Ulang Rencana untuk Masa Depan yang sudah kita buat beberapa waktu yang lalu. Koreksi setiap poin yang sudah kita susun, perhatikan dengan seksama bagian-bagian mana saja dari rencana yang telah kita buat tersebut yang harus kita tata ulang atau kita ganti dengan rencana lain yang lebih realistis. 


Setelah menemukan apa yang harus kita perbaiki, saatnya menyusun kembali atau menata ulang tahap demi tahap dari rencana tersebut untuk kita jadikan rencana yang lebih matang dan terukur. Dengan perencanaan yang matang, realistis dan terukur, niscaya rencana-rencana untuk masa depan yang lebih baik bisa dengan mudah kita wujudkan. 

Pastikan Anda punya komitmen untuk mewujudkan setiap rencana yang telah di buat. Jangan berhenti hanya pada satu pencapaian saja. Sukses itu bukan sebuah tujuan akhir, namun proses menuju sukses itulah yang harus kita nikmati.

Perjalanan menuju kesuksesan memang bukan pekerjaan mudah, namun bila sukses berhasil kita raih, nikmat terindah adalah bukan saat kita berada di puncak, namun saat kita merasakan bagaimana beratnya perjuangan hingga bisa berada di tangga kesuksesan tersebut. Itulah sukses yang sesungguhnya. Semakin berat tantangan yang kita hadapi, semakin indah untuk di ceritakan nanti. Semuanya akan terbayar apabila kita berhasil mewujudkan cita-cita melalui usaha da kerja keras tanpa kenal lelah. 

Akhir kata, semoga  di tahun baru 2021 nanti, kita bisa mewujudkan setiap rencana yang telah kita buat. Jangan kecewa dengan kegagalan, tapi sebaliknya jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk memicu semangat yang lebih tinggi dalam meraih cita-cita. 
Menata Ulang Rencana untuk Masa Depan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape