Apa Itu AMP? | Solusi Mengatasi Website yang Lambat

By SaungMaman

Apakah pengunjung website Anda tidak bertahan lebih dari tiga detik karena loading-nya yang terlampau lambat? Jika ya, install AMP pada website Anda sekarang! Namun, apa itu AMP dan mengapa Anda harus me-install-nya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai AMP, bayangkan diri Anda mengunjungi sebuah website. Sebagai pengunjung, tentunya Anda mengharapkan website dengan desain grafis yang canggih, animasi, transisi, dan perpindahan halaman yang cepat. Semua serba cepat.

Sumber gambar: Pixabay

Kabar baiknya, teknologi perangkat, platform dan browser telah mendukung performa cepat ini. Kabar buruknya, tidak semua website bisa otomatis bekerja dengan cepat.

Banyak hal bisa menyebabkan masalah tersebut, mulai dari iklan, ukuran file gambar yang besar, video, animasi, hingga konten flash.

Maka, untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat me-install AMP pada website Anda. Anda pun dapat memberikan pengalaman yang ‘cepat’ kepada pengunjung Anda.

Apa itu AMP?

AMP singkatan dari Accelerated Mobile Page. AMP adalah sebuah frame work HTML berbasis open source yang bertujuan untuk mempercepat loading halaman website.

Masalah loading ini ternyata cukup serius. Dikutip dari Kiss Metrics, ternyata 73% pengguna Internet mobile berhadapan dengan website yang lambat setiap harinya. Dan 40% pengunjung website tidak akan menunggu halaman website terbuka lebih dari 3 detik.

Menambahkan AMP kedalam website Anda juga tidak sulit. Jika Anda menggunakan CMS seperti Wordpress, Anda tinggal me-install plugin AMP kedalam website Anda.

AMP pun dapat langsung berjalan. Tidak ada proses pemrograman yang diperlukan. AMP ini sangat cocok untuk website berita, artikel dan yang mengandung banyak iklan.

AMP telah terbukti mengoptimasi berbagai platform, mulai dari Google, Bing hingga Twitter.

Perlu dicatat pula, bahwa mesin pencarian Google memberikan peringkat atas terhadap website yang cepat dan mobile-friendly.


Mengapa Website Anda Memerlukan AMP?

Berikut beberapa alasan mengapa website Anda membutuhkan AMP:

AMP Mempercepat Kinerja Website dan Fitur Pencarian

Fungsi AMP adalah untuk meningkatkan kecepatan loading website. Hal ini, ternyata berdampak kebanyak hal.

Dengan loading yang cepat, Anda dapat menyuguhkan konten relevan lainnya dan pengunjung akan betah. Belum lagi jika website Anda dilengkapi dengan fitur pencarian. AMP sangat membantu pengunjung mendapatkan informasi dengan cepat di website Anda.

Website yang cepat juga akan di-cached oleh Google, dan jika pengunjung Anda suka berlama-lama di website Anda, tentu Google juga akan menilai hal tersebut.
Website yang cepat ternyata menghadirkan banyak keuntungan, bukan?

Website yang Cepat Mempertahankan Pengunjung dan Meningkatkan Traffic

Pengunjung menyukai website yang cepat. Dengan begitu, mereka juga dapat mengakses konten dengan cepat.

Semakin cepat, semakin banyak pula konten yang akan dinikmati oleh pengunjung. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan traffic website.

Sebagai pemilik website, Anda bisa terus menyuguhkan konten yang relevan untuk mempertahankan pengunjung. Pengunjung senang, Anda pun ikut senang.

AMP memungkinkan hal ini terjadi. Riset menunjukkan bahwa dengan adanya AMP, tingkat konversi pun meningkat sampai 20%. Pengguna pun bisa menghabiskan waktu 2,5 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan tanpa AMP.

Iklan Tetap Dapat Berjalan

Salah satu hal yang menyebabkan website lambat adalah iklan. Jika iklan membuat website Anda lambat, pengunjung hanya akan melakukan dua hal: pergi atau me-install Ad Blocker.

Seperti yang Anda tahu, dua-duanya bukanlah hal yang menguntungkan.
Sebagai pemilik website, iklan menjadi salah satu pendapatan komersial yang bisa Anda hasilkan. Masalah website yang lambat ini tentu akan merugikan Anda.

Maka, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan me-install plugin AMP. Website cepat, pengunjung pun bisa menikmati konten dan iklan yang relevan. Anda sebagai pemilik website, tentu akan lebih diuntungkan.

AMP dapat Dijalankan di Semua Platform dan Browser

AMP terus berkembang agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan platform dan browser. AMP dapat dijalankan pada versi desktop, mobile, tablet dan menyesuaikan tampilan default web browser.

AMP juga dapat dijalankan di semua browser. Mulai dari Chrome, Firefox, Edge, Safari, Opera dan UC Browser.

Install Plugin AMP di Wordpress

Sekarang, saatnya Anda mencoba langsung AMP dan membuktikan teorinya. Berikut langkah-langkah dalam me-install Plugin AMP di Wordpress.

1. Siapkan Dashboard Wordpress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan website berbasis Wordpress. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mendapatkannya di domainesia.com.

DomaiNesia menyediakan layanan Hosting Wordpress yang sudah memiliki fitur WordPress akselerator. Fitur ini sangat meringankan load database dan mempercepat akses website.

Selain itu, DomaiNesia juga menyediakan fitur Instant Deploy, yaitu fitur yang membuat website Anda bisa langsung digunakan tanpa instalasi terlebih dahulu.

Jadi, bagi Anda yang tidak bisa bahasa pemrograman web apa pun, membuat website kini bukan lagi masalah.

2. Install Plugin AMP

Oke, sekarangWordpress Anda telah siap. Selanjutnya, ikuti langkah cara install plugin wordpress berikut:

● Masuk ke akses dashboard Anda
● Lalu, pilih menu Plugins
● Klik tombol “Add New”
● Kemudian cari “AMP”
● Klik “Install Now” untuk menginstall plugin pada website
● Setelah instalasi selesai, aktifkan plugin dan AMP otomatis akan berjalan

3. Atur tampilan halaman AMP

Jika Anda ingin mengganti warna tulisan, background warna link dan tema, Anda bisa mengaturnya lewat menu Appearance > AMP. Jika tidak, biarkan setting-an tetap default.

Jadi, apa itu AMP dan seberapa pentingnya bagi website Anda? Jika Anda tidak ingin kehilangan pengunjung, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak me-install AMP. Install AMP sekarang dan rasakan manfaatnya!

Apa Itu AMP? | Solusi Mengatasi Website yang Lambat

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru