Ragam Manfaat Baking Soda sebagai Pembersih

By SaungMaman

Tahukah Anda bahwa baking soda atau soda kue memiliki kemampuan membersihkan barang-barang rumah tangga dengan ampuh? Kalau belum, Anda bisa mencobanya dengan membaca terus artikel ini. 

Baking soda atau sodium bikarbonat adalah sejenis bahan pengembang yang umumnya digunakan untuk membuat adonan kue, biskuit, muffin, dan lain-lain. Namun ternyata baking soda memiliki khasiat lain yang belum banyak orang tahu. Apa sajakah itu? 

Ragam Manfaat Baking Soda sebagai Pembersih
Baking soda atau soda kue bisa digunakan untuk membersihkan barang-barang berikut ini:

1. Membersihkan Lantai dan dinding kamar mandi

Lantai dan dinding kamar mandi yang kotor dan sulit dibersihkan ternyata dapat diatasi dengan khasiat baking soda. Caranya, campurkan 1/4 cangkir baking soda dengan 1 sendok deterjen cair lalu tambahkan cuka. Campuran bahan tersebut akan membentuk pasta. Gunakan spon kasar untuk menggosok lantai dan dinding kamar mandi dengan campuran bahan baking soda tadi, maka kamar mandipun akan bersih cemerlang. 

2. Melancarkan sumbatan pada bak cuci

Bak cuci atau saluran pembuangan air tersumbat? Jangan khawatir karena soda kue yang memiliki sifat abrasif ringan dapat meluruhkannya. Tuangkan 1 cangkir soda kue ke bak cucian piring lalu tambahkan 2 sendok cuka. Kandungan alkalin dalam soda kue akan bereaksi dengan cuka yang asam hingga membentuk buih-buih berwarna putih. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. 


3. Menghilangkan noda teh pada cangkir

Noda teh biasanya menempel pada dasar atau dinding cangkir. Hal ini bisa diatasi dengan menaburkan soda kue diatas spin kasar lalu gosokan pada cangkir selama 5-10 menit dan membersihkannya dengan air. 

4. Membersihkan residu pada wajan

Wajan dan peralatan dapur lain bisa dibersihkan dengan soda kue. Caranya cukup mencampurkan soda kue dengan air hangat dan gosokan cairan tadi pada wajan yang kotor. Diamkan 20 menit dan cairan soda kue akan meluruhkan residu pada wajan yang sudah mengerak sekalipun. 

5. Membersihkan karpet

Baking soda juga efektif membersihkan karpet yang kotor. Caranya taburkan soda kue pada bagian karpet yang kotor lalu diamkan kurang lebih 30 menit, lebih lama lebih baik. Setelah itu bersihkan karpet dengan vacuum cleaner

6. Membersihkan sisir atau sikat gigi

Benda benda yang bersela sempit seperti sisir dan sikat gigi cukup sulit bila hendak dibersihkan. Nah, dengan baking soda masalah itu bisa diatasi. Caranya rendam sisir atau sikat gigi dalam campuran 1 sendok makan baking soda dan 1 cangkir air lalu diamkan semalaman. Setelah itu bilas sisir dan sikat gigi dengan air bersih. 

7. Mencerahkan pakaian putih

Pakaian putih yang kusam bisa diatasi dengan  campuran 1 cangkir baking soda dengan sabun cair saat merendam pakaian. Rendam pakaian kurang lebih 1 jam maka pakaian kusampun akan kembali putih seperti baru. 

Itulah Ragam Manfaat Baking Soda sebagai Pembersih yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat. 

Sumber: klasika.kompas.id


Ragam Manfaat Baking Soda sebagai Pembersih

You Might Also Like:

Protected by Copyscape