Tips Memilih Layanan Belajar Online Terbaik

By SaungMaman

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022, para orangtua kembali disibukkan dengan urusan pendaftaran sekolah putra-putrinya. Mengingat masa pandemi belum berakhir, maka proses pendaftaran sekolah dilakukan secara online dan sebisa mungkin menghindari tatap muka. 

Proses pendaftaran sekolah baru melalui sistem PPDB online sendiri boleh dibilang cukup lancar. Walaupun disana-sini masih terdapat beberapa kelemahan, namun secara umum, para orang tua sudah mulai memahami alur pendaftaran dan tata cara dalam mendaftarkan calon siswa ke sekolah favorit mereka. Yang perlu dibenahi mungkin hanya dari segi kesiapan server penyelenggara, yang sempat mengalami kendala sulit diakses, karena saking banyaknya calon siswa yang mendaftar. 

Proses memilih sekolah yang sesuai dengan keinginan siswa dilakukan melalui beberapa jalur atau tahapan. Diantaranya: Jalur prestasi, jalur afirmasi dan terakhir jalur zonasi. Semua tahapan harus dilalui oleh calon siswa untuk dapat di terima di sekolah impian. 


Layanan belajar online
Tips Memilih Layanan Belajar Online Terbaik

Setelah tahapan pendaftaran sekolah baru berhasil dilalui, saatnya menyusun strategi tentang cara belajar yang efektif dalam suasana yang masih dalam masa pandemi. Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) tentu masih jadi pilihan utama dalam menyiasati sulitnya mengakses mata pelajaran. Jalan terbaik untuk meningkatkan kualitas belajar siswa adalah dengan menambah wawasan ilmu pengetahuan melalui layanan belajar online. 

Memilih layanan belajar online

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan memilih layanan belajar online terbaik. Kami merekomendasikan ruangbelajar dari Ruangguru sebagai satu-satunya tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. 

Ruangguru merupakan pilihan tepat bagi orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya guna mengantisipasi kurangnya pemahaman dalam menangkap mata pelajaran melalui sistem pembelajaran jarak jauh. 

Pilihan paket belajar
Pilihan paket belajar

Berbeda dengan pembelajaran tatap muka, belajar melalui sistem online tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan hal-hal tertentu agar dalam memilih layanan belajar online benar-benar sesuai dengan kebutuhan siswa. 

Tips memilih layanan belajar online

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih layanan belajar online terbaik:
  • Pilihlah layanan belajar online yang bisa menjadikan siswa lebih baik dari segi nilai dan karakter
  • Temukan tempat belajar yang bisa membantu siswa mendapatkan kampus impian
  • Belajar online ditempat dimana terdapat guru-guru terbaik
  • Belajar di Ruangguru adalah pilihan paling tepat bagi orang tua yang peduli tentang masa depan putra-putrinya

Menyiapkan ruangbelajar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan para orang tua dalam mempersiapkan pendidikan yang baik buat putra-putrinya adalah sebagai berikut:
  • Menyiapkan ruangbelajar yang nyaman
  • Memahami keunggulan ruangbelajar dari kompetitornya baik dari segi fitur, harga maupun layanan
  • Memahami pentingnya Ruangguru dengan ruangbelajar nya yang mampu memutus jarak, ruang dan waktu saat PJJ, untuk mendapatkan pengetahuan yang jauh lebih baik dalam memahami berbagai mata pelajaran
  • Ruangguru mampu mendekatkan tingkat kedekatan emosi  antara orang tua dan anak saat kesulitan dalam proses PJJ. 
  • Ruangguru mampu mengubah perspektif masyarakat Indonesia terhadap ruangbelajar yang merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan dan perkembangan teknologi belajar

Fitur unggulan

Banyak fitur unggulan yang terdapat di ruangbelajar, beberapa diantaranya adalah:

- ruangguru PET
- ruangguru adventure
- jadwal belajar
- asah otak
- adapto (rilis Juli) 
- bank soal
- laporan belajar
- fitur baru yang akan rilis pada bulan Juli

Dalam fitur baru yang akan rilis Juli nanti, akan ada penambahan beberapa materi, diantaranya:

Adapto

Adapto merupakan materi pembahasan mengambil manfaat dari nilai kuis dalam format video. Diharapkan siswa lebih interaktif dalam memberikan jawaban saat pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian para siswa dapat memilih materi belajar sesuai keinginannya. 

Adapun tujuan adanya fitur baru tersebut antara lain:
  • Hasil belajar siswa diharapkan dapat ditingkatkan sesuai dengan kecepatan belajar mereka sendiri
  • Diharapkan setiap siswa memiliki kemampuan belajar lebih banyak dalam satu sesi pembelajaran dengan lebih lancar dan berkelanjutan

Rencana belajar (Playlist Belajar) 

Fitur ini memudahkan user saat menonton video pembelajaran atau materi lainnya. Siswa seringkali terganggu dan harus keluar dari aplikasi Ruangguru dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal. 

Tujuan fitur

  • Menciptakan kebiasaan dan displin bagi siswa, tentang materi pelajaran apa saja yang mereka pelajari setiap minggu
  • Memberikan rencana pembelajaran kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan dan atau agenda sekolah
  • Memberikan kemudahan bagi siswa untuk menyimpan dan membuka kembali materi belajar kapan dibutuhkan
Itulah beberapa tambahan fitur baru yang akan rilis pada bulan Juli nanti di ruangbelajar by Ruangguru. Masih banyak tambahan fitur baru lainnya yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa secara lebih komprehensif. 

Demikian informasi yang bisa admin bagikan mengenai Tips Memilih Layanan Belajar Online Terbaik kali ini, semoga bermanfaat. 



Tips Memilih Layanan Belajar Online Terbaik

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: