Bagaimana Cara Meningkatkan CTR (Click-through Rate) di Blog?

By SaungMaman

Jika Anda selama ini telah melakukan teknik SEO, mungkin sudah mengetahui tentang berbagai faktor yang mempengaruhi peringkat blog. Namun, seringkali, ahli SEO memberikan tips lainnya yang menarik minat Anda. Mengingat ini adalah profesi yang telah kita jalani sebagai blogger, maka yang terbaik adalah mengikuti saran para ahli.

Tetapi apakah Anda memperhatikan bahwa banyak blogger mencari informasi untuk meningkatkan CTR (Click-through-Rate) atau Rasio Klik-tayang (RKT) untuk blog mereka?

Bagaimana Cara Meningkatkan CTR (Click-through Rate) di Blog?

Apa itu CTR/RKT?


CTR adalah singkatan dari Click-through Rate. Ini adalah metrik yang biasanya mengukur jumlah klik yang diterima pada halaman atau postingan dibagi dengan jumlah tayangan yang dihasilkan.

Mari kita bahas ini dengan sebuah contoh. Misalkan iklan ditampilkan 1000 kali kepada orang-orang, dan menerima sepuluh klik. Jadi, rasio klik-tayang ini sebesar satu persen. Jika rasio klik-tayang lebih tinggi, itu berarti Anda akan memperoleh lebih banyak pendapatan iklan.

RKT juga mengacu pada persentase total pengguna yang mengeklik tombol ajakan bertindak di iklan Anda. Itu dapat mengarahkan mereka ke iklan eksternal atau ke halaman arahan situs web Anda di mana Anda menghasilkan penjualan untuk bisnis Anda.

Apa itu RKT yang Baik?

Hal ini sepenuhnya tergantung pada niche blog dan jenis bisnis yang Anda jalankan? Apa jenis bisnis yang Anda miliki? Itu juga tergantung pada tujuan Anda, dan banyak faktor lainnya. Namun, pada tahap awal, ada beberapa alat gratis yang tersedia, yang akan membantu Anda mempelajari apakah Rasio Klik Tayang – RKT di blog Anda berada di atas atau di bawah rata-rata.

Jadi sekarang, berapa RKT rata-rata? Setiap kali Anda mencari RKT yang ideal, ingatlah bahwa perlu waktu untuk menentukannya. Ini tidak pernah sama untuk semua orang, dan rentang rata-ratanya bergantung pada faktor-faktor seperti kata kunci yang Anda gunakan, dan seberapa banyak persaingan yang mereka miliki.

Dari data sebelumnya, disimpulkan bahwa rata-rata CTR untuk semua industri sekitar 1,91% di jaringan pencarian, sedangkan CTR rata-rata untuk iklan bergambar sekitar 0,35%.

Tidak diragukan lagi, dalam hal ini, kebaikan selalu lebih baik daripada rata-rata. Jadi apa yang Anda cari untuk meningkatkan nilai RKT ini?

Bagaimana Cara Meningkatkan CTR


Apakah Anda mencari cara untuk meningkatkan rasio klik-tayang di blog? Baca postingan ini dari atas ke bawah untuk mempelajari teknik untuk meningkatkan rasio klik-tayang pada blog yang Anda kelola. 

CTR Click Thought Rate

Konten Berkualitas Tinggi


Jika Anda mencoba meningkatkan rasio klik-tayang di blog, pastikan bahwa apa pun yang Anda tulis, itu mendapat lebih banyak lalu lintas. Buatlah konten unggulan dan banyak dicari pembaca. 

Untuk itu, Anda perlu fokus membuat blog yang menarik dan bermanfaat. Konten bagus yang bermanfaat bagi pembacanya selalu mendapat lebih banyak pencarian. Jadi, tulis dan posting sesuatu yang dapat dengan mudah melibatkan banyak orang.

Meningkatkan RKT juga membutuhkan postingan secara rutin. Oleh karena itu, publikasikan hanya konten berkualitas dan sertakan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Ini akan membantu peringkat blog Anda di hasil teratas di mesin pencari. Sebuah blog yang memiliki tingkat keterbacaan yang sangat baik adalah konten yang bagus. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan RKT.

Tombol Call-to-Actions di Blog Anda


Memiliki tombol Call-to-Actions (tombol ajakan bertindak) di semua posting blog Anda mendorong pembaca untuk mengkliknya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang niche tersebut. Setiap kali menambahkan tombol tersebut usahakan berwarna cerah, dan berisi teks atau grafik yang menarik.

Anda pasti berpikir, posisi mana yang terbaik untuk meletakkan tombol?

Idealnya harus berada di atas opsi gulir ke bawah, juga dikenal sebagai "Scrolling." Saat melakukan ini, Anda akan dapat menarik lebih banyak orang untuk mengkliknya.

Tombol yang dimaksud bisa berupa link internal yang mengarah ke artikel lain di blog yang relevan. Link teks berwarna adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan klik. Membuat tombol dengan cara ini akan membuatnya menonjol di halaman, dan memudahkan pengguna untuk mengenalinya di postingan Anda.

Gunakan hanya postingan yang Relevan

Berikan informasi melalui blog yang relevan dengan audiens target pembaca. Ini sangat membantu untuk meningkatkan rasio klik-tayang. Oleh karena itu, jika Anda menambahkan tombol ajakan klik yang terkait dengan niche blog, kemungkinan besar orang akan mengkliknya.

Artikel terkait:




Selain itu, Anda dapat menambahkan kata kunci utama di judul blog. Kapan pun Anda ingin menambahkan iklan dan elemen lain yang diperlukan di blog, pastikan Anda hanya fokus pada topik tertentu.

Presentasikan Blog Anda dengan Cara yang Lebih Baik

Satu hal lagi yang dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang di blog  adalah cara mempresentasikan postingan kepada target pembaca. Postingan yang menarik dan bermanfaat, mengundang orang betah berlama-lama berada di blog Anda. 

Tata letak blog juga memainkan peran penting dalam menarik orang untuk datang ke blog Anda, mengkliknya, dan membacanya dari atas sampai bawah. Aturlah Tata letak blog sebaik mungkin. 

Selain itu, cara memposisikan iklan di blog adalah aspek penting lainnya dari semuanya. Jika Anda menempatkan iklan langsung di atas konten posting di beranda, itu membuat banyak perbedaan dalam tingkat keberhasilan.

Jika Anda ingin mempelajari lokasi terbaik untuk menempatkan iklan, silahkan pelajari Pengoptimal AdSense Google. 

Apa itu Dwell Time?

Dwell time adalah durasi antara masuk dan keluarnya pengguna yang memasuki halaman web tertentu dari hasil penelusuran organik. 

Pakar SEO terus memperdebatkan topik yang kontroversial, dan kali ini tentang Rasio Klik-Tayang dan Dwell Time. 

Diskusi tentang CTR dan Dwell Time sebagai faktor peringkat penting telah ada sejak lama. Berkali-kali, Google membantah mengatakan bahwa ini bukan faktor peringkat (setidaknya, untuk saat ini).

Barry Schwartz dan Rand Fishkin, dua pakar di bidang SEO, tidak diragukan lagi integritas mereka sebagai pemimpin pemikiran SEO teratas. Mereka memiliki dua pandangan yang berbeda tentang topik khusus ini, dan selalu baik untuk memiliki perspektif yang berbeda sampai Google menghilangkan anggapan bahwa CTR dan Dwell Time bukan merupakan penentu faktor peringkat. 

Haruskah Anda Khawatir Tentang RKT dan Dwell Time? 

Meningkatkan CTR dan Dwell time berakar pada penerapan SEO on-page yang tepat, ditambah dengan penyediaan konten dan pengalaman pengguna berkualitas tinggi. Google menganggap faktor SEO pada halaman dan keunikan konten sebagai salah satu faktor peringkat utama serta pengalaman pengguna secara keseluruhan. 

Bahkan jika Anda mengabaikan CTR dan Dwell Time sebagai faktor peringkat Google, untuk muncul di atas SERP, blog Anda tetap akan memiliki nilai yang bagus. Syaratnya adalah, menerapkan SEO pada halaman, memiliki konten berkualitas dengan kata kunci target, dan pengalaman pengguna yang sangat baik.

Kesimpulan

Sebaiknya berfokus pada penambahan lebih banyak nilai pencarian ke halaman Anda daripada berkonsentrasi pada faktor peringkat. Konten berkualitas dengan nilai pencarian cukup tinggi, lebih baik dalam upaya mendapatkan kunjungan dari pembaca. 
Bagaimana Cara Meningkatkan CTR (Click-through Rate) di Blog?

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru