Istriku Pahlawan Keluargaku

By SaungMaman

Dibalik suami yang sukses, ada seorang istri yang selalu mendorong kesuksesannya. Teman-teman tentu sudah pernah atau sering mendengar kalimat ini. Ya, pada kenyataannya memang demikian, tidak sedikit suami-suami yang sukses dalam karier atau kehidupannya adalah karena adanya sosok seorang istri yang baik secara langsung atau tidak, memberikan dorongan serta motivasi yang menjadikan seorang suami meraih kesuksesan. 

Peran mulia seorang istri dalam rumah tangga


Peran seorang istri dalam rumah tangga memiliki posisi yang sangat mulia dan patut dibanggakan. Walaupun sering dipandang sebelah mata, namun bila dicermati ternyata peran istri memiliki kontribusi yang sangat besar dalam membangun sebuah rumah tangga. Bayangkan, setiap hari bangun paling pagi dan mulai bekerja dari urusan dapur, mengurus anak, mengurus suami, mengurus rumah dan lain-lainnya. Semua bisa dikerjakan dengan baik tanpa kenal lelah.

Namun sangat disayangkan, dibalik kegigihan dan pengorbanan besar seorang istri, masih saja ada "oknum suami" yang tega melakukan perbuatan tidak terpuji dengan menyakiti istrinya sendiri. Terakhir kita melihat berita di lini masa, bahwa ada seorang suami yang berbuat sangat tidak pantas terhadap istri dan anaknya sendiri, sungguh ironis. 

Di keluarga kecil kami, peran istri yang bernama Emi Kusmini bagi saya sebagai suami, dan ibu bagi ketiga anak-anak kami terasa begitu penting. Boleh dikatakan sedikitnya 80% urusan rumah tangga ditangani oleh istri. Sebagai kepala rumah tangga, saya lebih banyak menghabiskan waktu di luar untuk bekerja. Pengorbanan yang diberikan oleh istri selama ini sungguh membuat kami merasa sangat berterimakasih.

Emi Kusmini

Ketangguhan seorang istri dalam mengatasi kesulitan hidup


Banyak hal yang terjadi selama perjalanan mengarungi biduk rumah tangga kurang lebih 30 tahun ini. Kejadian demi kejadian yang cukup menguras energi dan pikiran telah berhasil dilewati. Dan itu berkat sosok seorang istri yang selalu hadir menjadi penyelamat dari setiap keadaan yang hampir membuat kami putus asa.




Berikut ini adalah beberapa kejadian yang sempat membuat kami "down":

1. Pengalaman terkena PHK

Saya masih ingat, bagaimana sulitnya keadaan saat saya mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), istri sayalah yang pontang-panting mencari nafkah sambil menunggu saya mendapatkan pekerjaan kembali. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, istri rela bekerja apa saja yang penting halal dan anak-anak tidak sampai kelaparan. Hampir 2 tahun saya menganggur, dan ajaibnya kami bisa bertahan hidup di kerasnya kota Jakarta, itu berkat ketangguhan seorang istri. 

2. Diusir pemilik kontrakan

Kejadian lainnya saat kami "diusir" dari rumah kontrakan oleh pemilik rumah karena telat bayar sewa selama 2 bulan. Atas keperkasaan istri jugalah kami bisa melewati masa-masa sulit tersebut dengan kegigihannya menutup biaya kontrakan dengan berbagai usaha yang dilakukannya.

3. Dikejar-kejar "Debt Collector"

Kejadian yang juga tak mungkin kami lupakan adalah saat dimana keluarga kecil kami mendapat "teror" dari penagih hutang. Waktu itu kondisi keuangan keluarga kami benar-benar dalam kondisi yang sulit. Untuk menutupi biaya hidup, saya dan istri berupaya dengan berbagai cara termasuk meminjam uang. Namun kami salah langkah dengan meminjam uang kepada rentenir. Kejadian ini sungguh sangat memilukan. Dikejar-kejar penagih hutang pagi, siang, bahkan malam hari merupakan pengalaman yang membayangkannya sajapun tidak pernah!

Namun, lagi-lagi berkat keuletan seorang istri, pada akhirnya semua permasalahan bisa diatasi. Berkaca dari kejadian ini, kami berkomitmen untuk tidak lagi-lagi meminjam uang kepada rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga yang mencekik leher. 

Begitu besarnya jasa seorang istri bagi keluarga, maka sudah selayaknya bila mereka di juluki "Pahlawan Keluarga". Pengorbanan dan ketulusan dalam mengabdi pada suami dan anak-anak, layak untuk mendapatkan kado istimewa, lebih tepatnya #KadoUntukPahlawan. Apresiasi yang begitu besar buat para istri tangguh. Sejak lama, saya sangat ingin rasanya memberikan "Kado Terindah" buat istriku. Semoga bisa menjadi kenyataan dan bisa menjadi penebus rasa lelah yang beliau rasakan selama ini. 

Kontes Blog Super Bercerita


Berbicara tentang Sosok Pahlawan, saya mengajak teman-teman untuk mengikuti Kontes Blog Super Bercerita bersama Aplikasi Super dengan tema #KadoUntukPahlawan. Ceritakan kisah kepahlawanan di lingkungan tempat tinggalmu, menangkan hadiah jutaan rupiah bagi penulis yang hasil karyanya terpilih.

Bukan itu saja, tokoh yang kamu angkat dalam kisah kepahlawananmu juga berkesempatan mendapatkan kado atau bantuan dari aplikasi super. Ya, semoga saja cerita kepahlawanan istri yang saya angkat dalam tulisan ini berpeluang mendapatkan kado dari super. Mengenai hadiahnya, saya serahkan kepada pihak penyelenggara untuk menentukannya. 

Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan akan diselenggarakan  mulai 4 April – 5 Juni 2022. Info lengkap silahkan kunjungi http://tinyurl.com/SUPERBERCERITA

Nah, buat teman-teman blogger yang ingin berpartisipasi dalam Kontes Blog Super Bercerita ini, segera kirimkan hasil karya terbaikmu, semoga beruntung! 


Istriku Pahlawan Keluargaku

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru