Cara Mengatasi Printer HP Tidak Mencetak

By SaungMaman

Printer tidak mencetak adalah masalah umum bagi pengguna printer HP. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari masalah konektivitas hingga konfigurasi atau driver yang salah. Jika Anda kesulitan menemukan cara mengatasinya, Anda dapat mencoba metode berikut ini.

1.      Lakukan Troubleshooting

Jika mengutip dari blog EzTekno Anda dapat melakukan troubleshooting pada awalnya ketika Anda mengalami printer HP Anda berhenti bekerja. Anda harus memeriksa status koneksi antara printer dan komputer Anda. Pastikan perangkat Anda terhubung dengan benar satu sama lain, dan jaringan atau kabel yang Anda gunakan untuk menghubungkan perangkat dengan normal.

Anda juga dapat mencoba me-restart printer HP Anda. Matikan sepenuhnya dan cabut kabel daya, biarkan selama beberapa menit, lalu sambungkan kembali kabel dan hidupkan printer. Lihat apakah printer Anda dapat mencetak seperti biasa seperti sebelumnya.

2.      Atur printer Anda sebagai default

Saat Anda mencoba mencetak sesuatu, komputer Anda akan secara otomatis menetapkan tugas pencetakan ini ke printer default kecuali Anda sengaja memilih yang lain. Jadi printer HP Anda tidak akan melakukan tugasnya jika Anda tidak menetapkannya sebagai printer default atau memilihnya sebagai printer untuk dicetak.

Baca juga: Selain Mendapatkan Printer Evolis, Inilah Layanan yang Diberikan Produsennya

Perangkat Lunak untuk Warnet Cyber, Hotspot

3.      Batalkan semua antrean cetak

Kemungkinan penyebab lain dari printer HP Anda tidak mencetak masalah adalah antrian cetak yang macet. Antrean cetak yang berisi pekerjaan cetak yang gagal dapat berhenti berfungsi secara normal dan menyebabkan printer tidak mencetak masalah. Anda dapat menghapus semua pekerjaan cetak agar printer HP Anda kembali normal.

4.      Periksa status printer

Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas dan printer HP Anda masih tidak dapat mencetak, Anda mungkin perlu memeriksa apakah ada masalah perangkat keras pada printer Anda.

Anda perlu memastikan printer HP Anda memiliki cukup kertas, tinta, atau toner, dan tidak tersangkut pada kertas macet. Juga, periksa status kartrid printer Anda dan coba ganti dengan yang baru jika tidak cukup baik. Dalam beberapa kasus, printer HP Anda berhenti mencetak setelah Anda mengganti komponennya. Jika ini terjadi, Anda harus menginstal yang asli kembali dan melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Akhir Kata

Itulah beberapa solusi dalam mengatasi printer HP yang tidak mau mencetak. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil mengatasi masalah ini.


Cara Mengatasi Printer HP Tidak Mencetak

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru