Mengenal Digital Marketing dan Keunggulannya untuk Bisnis

By SaungMaman

Jaman sekarang ini, siapa sih yang tidak kenal internet? Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah menyentuh internet, tidak hanya yang berada di kota-kota besar saja. Internet sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat modern dan sedikit banyak mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan.

Salah satunya adalah kegiatan pemasaran yang turut memanfaatkan teknologi internet, dikenal dengan sebutan digital marketing. Lalu, apa sebenarnya konsep digital marketing dan apa saja keunggulannya? Temukan jawabannya di bawah ini, ya!

Pengertian Digital Marketing

Sesuai dengan namanya, digital marketing merupakan praktik pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital atau internet. Strategi marketing ini memanfaatkan berbagai tools dan platform digital yang efektif untuk tujuan bisnis. Tujuan bisnis pun bisa beragam, mulai dari membangun brand awareness, meningkatkan penjualan, sampai membangun loyalitas konsumen.

Digital Marketing untuk Bisnis
Jika Anda masih kurang familiar dengan digital marketing, Anda bisa mengecek internet dan platform digital yang sering digunakan. Ketika Anda melihat ada banner promosi yang terpasang di website kesayangan Anda, itu adalah bagian dari strategi digital. Begitu juga ketika Anda melihat postingan bersponsor di media sosial, yang juga termasuk strategi digital.

Baca juga: 5 Tren Konten Marketing di Tahun 2022

Ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk menjalankan strategi digital. Beberapa diantaranya seperti yang disebutkan di atas, melalui pemasangan iklan di website dan media sosial. Namun digital marketing tak hanya sebatas itu, dan penerapannya bisa disesuaikan tergantung dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan Digital Marketing

Setelah memahami tentang konsep digital marketing, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja keunggulan dari praktik pemasaran yang satu ini. Digital marketing memiliki manfaat yang luas dan bisa berbeda-beda tergantung bagaimana penerapan serta kebutuhan brand.

Namun secara general, digital marketing dapat memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai berikut.

Lebih Efektif dan Efisien

Penggunaan digital marketing sebagai strategi pemasaran terbilang lebih efektif dan efisien, terutama dibandingkan pemasaran tradisional. Digital marketing yang mudah implementasi serta pengukurannya membuat teknik pemasaran satu ini lebih efektif untuk bisnis Anda. Sementara jika hanya mengandalkan pemasaran tradisional, Anda sulit mengukur apakah strategi yang dilakukan memberi hasil yang diinginkan atau tidak.

Hemat Waktu dan Biaya

Menggunakan strategi digital marketing dapat membantu Anda menghemat waktu sekaligus biaya. Praktik digital marketing yang terbilang cukup mudah akan membuat proses pemasaran menjadi makin ringkas. Anda bahkan dapat menerapkan strategi pemasaran digital ini dari mana saja, selama ada koneksi internet.

Baca juga: Pentingnya Mikro Influencer dalam Pemasaran Produk

Hal ini turut mempengaruhi terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Memasang iklan online di internet akan lebih rendah biayanya dibanding dengan pemasangan iklan offline. Begitu juga dengan strategi lainnya secara keseluruhan, yang akan lebih menghemat budget pemasaran Anda.

Penyebaran yang Cepat dan Tidak Terbatas

Menggunakan digital marketing berarti Anda akan menyebarkan materi promosi dan pemasaran dengan cepat. Teknologi internet dapat bergerak dalam hitungan detik saja, lalu materi pemasaran Anda sudah bisa menjangkau banyak orang. Bahkan dengan teknik yang jitu, materi promosi Anda bisa tersebar hingga ranah internasional.

Hal ini menunjukkan bahwa digital marketing dapat menjangkau audience tanpa batas, baik batas wilayah maupun waktu. Anda bisa menjangkau audience yang berada di belahan bumi lain, dengan mudah dan cepat. Keunggulan ini akan lebih efektif dengan strategi yang tepat dan tentunya cocok bagi Anda yang ingin terus mengembangkan bisnis.

Analisis dan Evaluasi Lebih Mudah

Keunggulan digital marketing yang tak kalah pentingnya adalah proses analisis data dan evaluasi yang lebih mudah. Seperti yang telah diulas sebelumnya, strategi digital marketing lebih terukur dengan jelas. Anda bisa melihat apakah sebuah strategi yang dijalankan sudah mencapai target tertentu, atau belum.

Dari data tersebut, Anda dapat melakukan analisis mengapa strategi tersebut belum bisa mencapai target. Atau kalau sudah, faktor apa yang membuatnya bisa mencapai target dan dapat dijadikan acuan untuk strategi selanjutnya.


Digital Marketing
Analisis dan evaluasi ini akan lebih baik jika dilakukan oleh jasa digital marketing agency Jakarta yang kredibel. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyerahkan implementasi strategi digital secara keseluruhan pada profesional yang sudah ahli. Dengan begitu, Anda pun dapat mencapai target dan tujuan bisnis yang diharapkan melalui pemasaran digital.


Mengenal Digital Marketing dan Keunggulannya untuk Bisnis

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: