Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog Dengan Cepat

Traffic bagi seorang blogger adalah merupakan hal terpenting bagi keberlangsungan sebuah blog. Tanpa traffic yang memadai sebuah blog tidak akan ada artinya. Blog yang ramai pengunjung akan memiliki banyak keuntungan bila ditujukan untuk tujuan bisnis, dengan menjadi seorang publisher misalnya.
                                                
                                       

Begitu pentingnya jumlah traffic bagi sebuah blog, makanya sebagai seorang blogger harus mampu melakukan berbagai trik dan cara  untuk Meningkatkan Traffic Blog Dengan Cepat agar blog bisa tampil maksimal ditengah maraknya persaingan dengan blogger-blogger lain baik yang sudah lama eksis maupun yang baru muncul.

Kali ini kita akan membahas tips dan trik jitu untuk meningkatkan traffic suatu blog agar sesuai dengan yang kita harapkan. Begitu banyak langkah yang bisa kita ambil untuk mengoptimalkan jumlah pengunjung blog, namun tidak semua bisa diterapkan pada sebuah blog, karena tiap-tiap blog mempunyai kriteria dan karakteristik sendiri-sendiri. Namun secara garis besar tips-tips  yang akan kita bahas disini bisa kita terapkan pada semua blog secara umum. Untuk lebih optimal kita bisa mengembangkannya lebih lanjut sesuai kemampuan kita.

Ada beberapa cara strategis yang dapat kita ambil dalam meningkatkan jumlah traffic suatu blog. Beberapa diantaranya bisa disimak berikut ini:

Meningkatkan Trafik Blog atau Website Secara Gratis

Kita bisa meningkatkan pengunjung blog atau website dengan banyak cara, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Cara berbayar tentu lebih efektif namun tentu saja kita harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkannya. Sedangkan untuk yang gratis, hasilnya juga bisa maksimal asalkan kita rajin dan konsisten terus melakukannya. Untuk mendapatkan pengunjung secara gratis bisa dilakukan diantaranya melalui:
 
1. Berkunjung ke Blog Sahabat atau dikenal dengan istilah Blog Walking
Sudah menjadi kebiasaan bagi seorang blogger adalah saling mengunjungi antar sesama blogger, meninggalkan komentar atau saling bertukar link. Ini lumayan efektif untuk menambah jumlah pengunjung selain juga dapat menjalin silaturahmi. Kegiatan ini sebaiknya rutin dilakukan agar blog kita makin dikenal di kalangan sahabat. Namun ingat jangan melakukan Spam, meninggalkan link aktif maupun non aktif karena hal ini tidak disukai oleh kalangan blogger. 
Selain itu dalam berkomentar sebaiknya sesuai dengan topik yang dibahas dalam artikel, ini akan meningkatkan citra kita sebagai orang yang menghargai hasil karya orang lain. Berkomentar juga sebaiknya dilakukan dengan sopan dan menghormati pemilik blog, kesan baik yang kita tinggalkan akan berdampak cukup baik untuk mereka mau berkunjung balik ke blog kita.

2. Situs Social Bookmarking
Pada awalnya situs social bookmarking digunakan untuk menyimpan alamat-alamat situs social agar lebih mudah dikunjungi. Pada perkembangannya situs social bookmarking bisa menjadi lahan yang cukup efektif untuk dijadikan tempat mempromosikan blog. Dengan mendaftarkan situs kita di social bookmarking, kita berharap akan mendapatkan banyak kunjungan dari pengguna lain yang tentunya sangat baik dalam meningkatkan jumlah visitor. Hal Ini cukup potensial dan jangan disia-siakan keberadaanya, manfaatkanlah sebaik-baiknya. 

3. Situs Sosial Media (Medsos)
Banyaknya situs sosial media saat ini juga menjadi lahan yang cukup sayang untuk kita lewatkan dalam mempromosikan blog kita agar lebih bisa dikenal luas. Kita semua tentu sudah memilki akun di setiap media sosial yang ada. Siapa yang tak kenal Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIne, GooglePlus, YouTube, Pinterest dan masih banyak lagi yang lain-lainnya. Manfaatkanlah keberadaan situs medsos ini untuk meningkatkan traffic blog.

Para pebisnis online internet terkenal juga banyak memanfaatkan  situs jejaring sosial ini dan hasilnya memang cukup efektif, mereka melakukannya secara konsisten dan berkesinambungan.

4. Situs Forum
Banyak situs forum yang memperbolehkan memuat link di dalamnya, ini juga bisa kita manfaatkan tentu saja tetap mengikuti aturan yang ada didalamnya. Jangan membuat thread yang keluar dari jalur yang telah disepakati dan jagalah nama baik. Baca dengan seksama peraturan yang ada, jangan sampai melakukan hal yang membuat reputasi kita jatuh. Manfatkan semua fasilitas yang ada selama tidak melanggar TOS yang telah ditetapkan.

Beberapa forum yang bisa kita ikuti: bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dll. Manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi sebaiknya fokus pada beberapa forum saja yang memang dirasa cukup potensial dan sesuai dengan niche blog kita.

5. Menjadi Penulis Tamu di Blog Orang Lain
Ada blog yang memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin menjadi penulis tamu di blognya. Disana kita bisa menampilkan profil Author kita yang mengarah ke blog milik kita tentunya. Buatlah tulisan yang bermutu sehingga bagi pembaca yang tertarik akan penasaran dengan kita dan mencari tahu siapa penulis artikel tersebut. Ini juga merupakan sebuah cara alternatif yang cukup baik untuk meningkatkan jumlah pengunjung/traffic blog.

Dengan melakukan kelima langkah tersebut di atas (walaupun gratis) sebenarnya sudah cukup efektif dalam meningkatkan traffic. Namun tentu saja alangkah lebih baik lagi apabila kita juga memperhatikan SEO yang baik, hal ini memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, terutama dari Google. 

Baca juga:
Cara Terbaik Optimasi SEO Onpage Blog  

Meningkatkan Trafik Blog/ Website Dengan Cara Berbayar

Bagi sobat yang malas untuk melakukan promosi secara gratis karena berbagai hal, bisa memilih untuk melakukannya dengan cara berbayar. Bagi yang berkecukupan dalam soal keuangan hal ini tentu bukan menjadi masalah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dengan cara berbayar: 

1. Beriklan Di Situs Media Sosial Terkenal
Salah satu medsos yang cukup efektif dalam mempromosikan suatu produk termasuk juga promosi blog adalah Facebook, karena konversi iklan di media ini cukup baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target pengguna yang paling sesuai dengan kategori yang kita harapkan, inilah yang mempengaruhi efektivitas suatu iklan yang kita pasang. 


2. Memasang Iklan PPC
Salah satu iklan PPC yang terkenal adalah Google Adword. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki begitu banyak jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, juga di Indonesia. Salah satu keunggulan dari Google Adwords adalah setiap iklan yang muncul di situs publisher adalah iklan yang paling sesuai dengan artikel.

Beberapa testimoni dari pengguna Google Adwords mengungkapkan bahwa mereka cukup puas dengan memasang iklan disana. Bila sobat punya dan yang bisa dinggarkan untuk iklan, tak ada salahnya mencoba Google Adwords.

3. Memasang Iklan Baris Online
Memasang iklan baris berbayar bisa juga menjadi pilihan dalam meningkatkan jumlah traffic, iklan baris berbayar tentu saja lebih baik dari yang gratisan karena biasanya iklan tampil di halaman teratas atau paling depan dari suatu halaman situs pengiklan, ini bisa juga kita coba.

Kesimpulan:
Dalam upaya meningkatkan traffic blog atau website, kita bisa memilih yang gratis atau berbayar. Namun yang terpenting semua harus dilakukan dengan maksimal dan tetap memperhatikan aturan agar tidak melanggar setiap kebijakan. Ini harus kita perhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang buruk pada blog kita. Niatnya ingin meningkatkan jumlah traffik, karena kurang memperhatikan aturan yang berlaku malah yang terjadi sebaliknya, itu sangat tidak kita harapkan.

Kiranya cukup sekian pembahasan tentang Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog Dengan Cepat semoga bermanfaat.

Cara Jitu Meningkatkan Traffic Blog Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment