Cara Memilih Niche Blog Yang Banyak Dicari

Niche blog merupakan inti atau isi pokok pembahasan dalam sebuah blog. Sebuah blog dengan niche tertentu biasanya fokus membahas sebuah topik dalam keseluruhan artikelnya. Seperti blog ini yang pada awalnya membahas topik tentang Motivasi.

Pembahasan tentang motivasi memang banyak yang mencari, hanya saja bila untuk disandingkan dengan google adsense menurut saya agak sulit menemukan kesesuaian kaitannya antara iklan dengan topik tentang motivasi, sehingga saya perlu berubah haluan dalam rangka pengajuan GA.

Selain itu, seiring dengan tuntutan pembaca yang menurut pengamatan saya, tidak saja membutuhkan informasi tentang motivasi, tapi juga mencari info tentang tutorial blog yang memang tetap menarik untuk dibahas. Pada umumnya blogger-blogger baru mencari info tentang tips dan trik dalam membuat blog. Maka admin memutuskan untuk menentukan tema blog ini menjadi blog tutorial yang membahas tentang seluk-beluk blog dan segala hal yang biasanya harus diperhatikan para blogger yang ingin berhasil menjalankan hobi ngeblognya.

                               



Atas pertimbangan tersebut diatas, maka mulai beberapa waktu belakangan ini, pembahasan dalam blog ini mulai beralih membahas tentang tutorial blog dan segala  materi yang terkait didalamnya. Blog dengan tema tutorial masih banyak dicari, terlebih dengan makin banyaknya blogger-blogger baru yang bermunculan dan haus akan informasi tentang cara membuat blog, cara mendatangkan pengunjung, atau untuk mengetahui  Penyebab Alexa Rank Menurun dan lain-lain.

Seperti kita ketahui, pada umumnya kebanyakan blog yang ada sekarang ini berisi banyak pokok pembahasan dan tidak terikat hanya pada satu topik saja, biasanya blog ini disebut blog gado-gado karena isinya berisi segala macam artikel yang satu artikel dengan artikel lainnya tidak saling berkaitan. Blog tanpa niche atau tema tertentu sah-sah saja dibuat selama artikel yang disajikan bermanfaat bagi pembaca, tetap bisa mendatangkan pengunjung.

Saat membuat sebuah blog, tidak ada keharusan untuk menentukan tema atau niche blog. Kita bisa saja membuat blog dengan tema bebas alias campuran. Blog bertema bebas banyak disukai para blogger karena tidak terikat pada satu pembahasan saja, dengan blog campuran, topik apa saja bisa dibuat pembahasannya asalkan materi yang disajikan memang kita kuasai.

Tema atau niche blog biasanya dibuat hanya untuk mempermudah kita dalam membuat artikel agar bisa fokus pada satu pembahasan saja. Tema yang jelas membuat blogger jadi lebih fokus dan dapat lebih maksimal dalam menyajikan informasi kepada para pembaca.

Dengan menentukan tema tertentu, kita akan dimudahkan dalam membuat artikel karena tidak terpecah dalam menentukan topik. Misalnya kita fokus membahas tentang dunia kesehatan, maka akan dengan mudah membuat postingan dengan tema kesehatan. Begitu pula bila kita menentukan tema blog dengan niche tentang tutorial blog misalnya, maka akan lebih mudah bagi kita membuat artikel dengan pokok pembahasan tentang dunia blog dan semua yang berkaitan dengannya.

Sebelum kita menentukan tema atau niche untuk blog, ada baiknya kita memahami kemampuan atau kapasitas kita dalam membuat sebuah blog. Apa tema yang kita kuasai, seberapa besar pengetahuan kita tentang topik yang kita bahas dalam blog dan seberapa sering kita mampu mengupdate artikel, jangan sampai kita kehilangan momen dalam mengupdate postingan blog karena kurangnya kemampuan dan waktu yang kita miliki.

Berikut ini akan saya share beberapa tema atau niche blog yang bisa sobat pilih dalam membangun sebuah blog, semoga salah satunya bisa dijadikan tema blog sobat. 

1. Blog Bertema Agama Islam
Pengunjung blog bertema agama Islam tergolong blog yang cukup banyak dicari pengunjung. Apabila sobat memiliki skill dan kapasitas dalam mengelola blog bertema agama Islam, bisa memilihnya. Kemampuan dasar tentang agama mutlak diperlukan jika ingin blog sobat bisa bersaing dengan blog dengan tema lain. Berikan informasi seakurat mungkin dan mendetail, karena pada umumnya pembaca blog jenis ini mencari informasi yang benar-benar bisa dipertanggung-jawabkan baik dari segi konten, isi atau materi dan sumber yang didapat dari artikel yang disuguhkan.

2. Blog Tentang Kesehatan
Begitu pentingnya kesehatan maka begitu banyak pembaca mencari informasi tentang dunia kesehatan mencari informasinya lewat media blog. Dari sisi pendidikan informasi tentang dunia kesehatan sangat membantu pembaca dalam menemuklan pengetahuan yang dicari. Sementara itu dilihat dari segi peluang bisnis, blog jenis ini juga merupakan salah satu blog terbanyak dalam jumlah pemasang iklan setelah blog jenis game.

Persaingan diseputar dunia kesehatan memang tergolong cukup ketat, namun bila sobat memiliki ilmu yang cukup dalam mengelolanya, tidak ada salahnya untuk memilih blog dengan tema ini. Jangan takut untuk berlomba dengan blogger lain yang sudah ada dalam memberikan info kepada para pembaca karena selalu ada peluang disetiap persaingan.

3. Blog Bertajuk Berita
Salah satu blog yang paling banyak duburu pembaca adalah blog bertajuk berita. Kita bisa merlihat hampir setiap hari orang mencari informasi melalui blog bertema ini. Hal yang harus diperhatikan adalah untuk blog jenis ini mengharuskan adminnya mengupdate artikel secara konsisten dan selalu up to date. Setiap ada informasi terbaru harus diposting, agar pembaca tidak ketinggalan berita. Sekali kita lalai mengupdate berita, pengunjung yang merasa kecewa akan meninggalkan blog kita dan beralih ke blog lain yang selalu update dengan berita terbaru dan masih hangat dibicarakan.

4. Blog Tentang Komik
Para penggemar buku komik pada saat ini banyak menghab
iskan waktu luangnya dengan membuka situs web komik. Bahkan ada sebuah blog bertema komik ini yang UV-nya bisa mencapai 6000 lebih perhari dan yang online bisa ratusan. Ini sungguh luar biasa tentunya. Dan bila sobat menguasainya bisa dijadikan salah satu pilihan dalam menentukan niche blog yang memang banyak dicari pengunjung.
 
5. Blog Tentang Game Online
Salah satu blog yang juga bisa mendatangkan pengunjung yang banyak adalah blog dengan tema game online. Banyak para gamers yang berkunjung ke blog dengan tema ini sekedar untuk bersenang-senang atau berinteraksi dengan sesama penggemar game lainnya. Hanya saja dibutuhkan keseriusan dalam mengelolanya. selain memerlukan bandwidht yang besar karena kapasitas yang digunakan cukup besar juga memilki skill yang mumpuni agar pengunjung tidak kecewa karena penanganan yang tidak profesional.

Sebenarnya masih banyak tema  atau niche blog yang lain yang bisa kita eksplorasi dengan mencarinya di internet, kita tinggal mengembangkannya saja sesuai keinginan dan kemampuan yang kita miliki. Namun semoga dari ke-5 contoh niche blog diatas, ada beberapa diantaranya yang bisa sobat tentukan untuk dijadikan pilihan.

Demikian sekilas artikel Cara Memilih Niche Blog Yang Banyak Dicari, semoga bisa menjadi pelajaran buat pembaca. Jika ada tambahan silahkan berbagi, karena ilmu yang dibagikan akan makin membuat ilmu kita bertambah.


Cara Memilih Niche Blog Yang Banyak Dicari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman

Post a Comment