logo blog

6 Manfaat Menulis di Blog yang Perlu Kita Ketahui

6 Manfaat Menulis di Blog yang Perlu Kita Ketahui. 
Memiliki sebuah blog pribadi bagi sebagian orang merupakan keasyikan tersendiri. Ada yang sekedar menyalurkan hobi, atau menjadi tempat curhat, berbagi cerita atau pengalaman, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai tempat mencari uang.

Tidak sedikit dari para penggiat dalam dunia blogging mampu memiliki penghasilan yang bisa dibilang "wah" tak kalah dari mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran atau pengusaha.

Peluang besar yang bisa didapatkan dengan menggeluti dunia tulis menulis ini tak heran mampu menyita begitu banyak orang untuk mencari tahu tentang apa dan bagaimana cara menghasilkan profit luar biasa melalui blog ini. Maka dalam dunia blogging kita bisa menemukan begitu banyaknya blogger-blogger baru bermunculan, yang mencoba peruntungannya dengan membuat sebuah blog yang memang sangat mudah untuk dipelajari.


Menulis Blog

Pada awalnya mereka sekedar mencoba, lalu menemukan passion atau ketertarikan yang luar biasa pada fase-fase berikutnya, lalu kemudian berlanjut untuk menjadikan blog sebagai wadah yang tepat untuk mendapatkan profit dengan berbagai alternatif cara yang bisa dipilih sampai menemukan apa yang mereka ingin dapatkan dari kegiatannya menulis tersebut.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh para penyedia layanan blogging gratisan seperti blogger.com, wordpress.com, blogdetik dll, membuat makin banyaknya blogger-blogger muda bermunculan dengan berbagai macam karakter dan ciri serta kekhasan masing-masing. Hal ini tentu saja makin menambah ramainya khasanah dunia perbloggeran tanah air.

Nah, lalu apa sebenarnya manfaat positif dari kegiatan ngeblog ini? Berikut adalah ulasan singkat yang saya rangkum dari berbagai sumber ini, semoga ada manfaat yang bisa diambil:

1. Meningkatkan kemampuan menulis

Menulis di blog adalah sebuah cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang pada dasarnya memang memiliki hobi atau ketertarikan dalam dunia tulis menulis. Walaupun ada juga sebagian kecil blogger yang sebenarnya kurang suka menulis tapi mau sekedar mencoba menjadi penulis blog.


Dengan seringnya menjalani aktifitas menulis di blog, besar kemungkinan yang awalnya tidak suka menulis lambat laun akan menyukai kegiatan tersebut atau mengalami kecanduan menulis.

Baca juga: Peluang Bisnis Dibalik Hobi Blogging


Hal-hal yang sebelumnya awam bagi sebagian pendatang baru dalam dunia blogging, lambat-laun menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, sehingga berlanjut menjadikan hobi barunya sebagai kegiatan rutin yang makin mengasah kemampuan menulisnya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

2. Merasakan indahnya berbagi

Ketika sebuah tulisan di blog mendapat apresiasi dari pembacanya, akan timbul perasaan senang yang luar biasa pada diri si penulis. Hal ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi dan memberi ruang yang cukup lebar bagi seseorang untuk meningkatkan daya kreatifitasnya untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik dan mampu menginspirasi banyak orang. Si penulis akan merasakan indahnya berbagi, yang belum pernah dirasakan sebelumnya.


3. Keberanian mengeluarkan pendapat

Menulis adalah sebuah proses kreatif yang berawal dari pemikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Bentuknya bisa berupa pendapat, rangkuman, atau kesimpulan yang kemudian di susun dalam sebuah bingkai terstruktur, dengan disertai beberapa referensi dari sumber-sumber yang bisa dipercaya.


Di sini kemampuan mengemukakan pendapat dari seorang penulis akan di uji, seberapa besar kemampuannya dalam menuangkan sebuah ide atau gagasan disertai data-data yang dikumpulkan ke dalam sebua karya tulis sampai layak untuk dipublikasikan.

4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Seringnya berinteraksi dengan para pengunjung yang berkomentar di blog, baik sekedar basa-basi atau menjawab setiap komentar dalam bentuk pertanyaan, membuat penulis blog akan makin terasah kemampuannya dalam berkomunikasi. Ini karena adanya kebiasaan yang di lakukan secara rutin.


5. Meningkatkan daya ingat

Menulis juga mampu membuat seseorang makin meningkat daya ingatnya. Setiap informasi yang dituangkan dalam tulisan secara otomatis terekam dalam ingatan yang boleh jadi menjadi sebuah ilmu yang tak akan mudah dilupakan.


6. Bisa menghasilkan uang

Jika blog sudah terkenal dan merebut simpati banyak orang sehingga mempunyai posisi yang bagus di mesin pencarian, saatnya memetik hasil dari kegiatan ngeblog ini.


Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, bisa di monetisasi dengan memasang iklan didalamnya. Salah satu program periklanan yang paling banyak di buru oleh para blogger adalah program Google AdSense (GA) milik Google, yang hingga saat ini merupakan salah satu penyedia layanan periklanan terbaik yang bisa memberikan penghasilan cukup besar bagi para membernya.

Baca juga: Cara Daftar AdSense Agar Cepat Diterima


Untuk bisa diterima sebagai seorang publisher GA, tentu saja syaratnya tidak mudah. Anda harus benar-benar memahami syarat serta kebijakan yang di tentukan oleh pihak Google, sampai blog Anda benar-benar layak untuk menyandang predikat sebagai seorang publisher Google AdSense.

Namun jangan khawatir, di internet banyak sekali blog-blog yang membahas tentang hal ini, bisa dicari dan dipelajari ilmunya, sampai Anda benar-benar menguasainya.

Demikianlah pembahasan tentang 6 Manfaat Menulis di Blog yang Perlu Kita Ketahui ini, semoga bermanfaat.

Selamat berjuang!


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger