Mengatasi Masalah Tanpa Marah-Marah

Mengatasi Masalah Tanpa Marah-Marah.
Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah punya masalah, baik masalah kecil maupun masalah besar. Namun setiap individu memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyikapi sebuah masalah. Ada yang menghadapinya dengan santai, dengan senyum, dengan biasa-biasa saja, namun ada juga yang terbawa emosi dan marah-marah sehingga cara menghadapinya bisa dibilang bukannya mengatasi malah bertambah rumit masalahnya.

Setiap masalah punya kapasitas dan nilai berbeda bagi setiap orang. Pendekatan yang dilakukan dengan penuh ketenangan tentu saja membuat seseorang bisa tetap dengan tenang menghadapi setiap permasalahan yang menjeratnya seberat apapun itu. Beda halnya dengan orang yang cenderung menghadapi masalah dengan penuh emosional, sering marah-marah tentu lain lagi ceritanya. Bisa jadi masalah yang sebenarnya sepele, karena salah cara menyikapinya makin berkembang menjadi masalah yang jauh lebih besar dan makin memperuncing keadaan.


Thing


Hidup harus dipenuhi rasa syukur, jangan melihat sesuatu hanya dari sisi negatifnya saja. Masalah yang kita hadapi bisa jadi membuat perasaan sakit dan membuat patah semangat. Namun harus selalu diingat, bahwa tak akan ada masalah tanpa ada jalan keluarnya.

Baca juga: Hidup dengan Penuh Rasa Syukur

Banyak orang yang menganggap masalah sebagai beban, sehingga banyak yang menghindarinya. Namun bila kita menganggap masalah sebagai tantangan, sikap yang kita ambil adalah menghadapinya. Masalah bisa menjadi suatu anugerah atau hadiah bagi jiwa yang mampu mengendalikannya. Menghadapi masalah dengan sikap bijak dan tetap dalam kendali diri, akan melihat sebuah "nilai lebih" yang akan menjadikan kita lebih kuat, lebih tahan banting karena di balik setiap masalah pasti akan ada suatu kebaikan.

Masalah ibarat anak tangga menuju puncak kesuksesan, maka hadapilah setiap masalah dengan penuh rasa tanggung jawab. Tuhan tidak akan membebani kita dengan suatu masalah di luar batas kemampuan yang kita miliki.

Hidup tanpa masalah, bukanlah hidup. Tanpa masalah kita tak layak memasuki jalur keberhasilan. Bahkan hidup inipun adalah masalah, karena itu nikmatilah proses dari setiap masalah dan terimalah sebagai hadiah.

Pernahkah kita memikirkan bagaimana tentang seekor induk elang yang dengan setia memberikan makan pagi buat anak-anaknya. Lalu memberikan kehangatan saat tidur di malam hari? Itu bukanlah hadiah terbesar yang diberikan sang induk kepada anak-anaknya. Hadiah terbesar yang diberikannya adalah ketika sang induk dengan begitu beraninya melempar anak-anak itu dari tebing yang tinggi.

Pada detik-detik pertama si anak elang itu mungkin akan menganggap kalau induk mereka sungguh keterlaluan, menjerit ketakutan, dan mungkin akan menganggap induk mereka jahat, lalu membenci induknya! Namun lihatlah, sesaat kemudian, bukan kematian yang diterima si anak elang, namun kesejatian diri sebagai elang, yaitu terbang! Anak elangpun berterimakasih pada induknya.

Itulah makna hidup. Adanya setiap masalah bukan untuk menghentikan langkah, namun untuk dihadapi dengan keberanian. Hadirnya masalah akan mampu menjadikan kita manusia yang sesungguhnya, manusia sejati yang makin kokoh dan tak mudah goyah di terpa berbagai problema hidup.


Strong

Nah, sobat-sobat sekalian, setelah membaca ini, bagaimana sekarang apakah masih mau menghadapi masalah dengan marah-marah? Renungkanlah kisah si anak elang tadi!

Kiranya itu saja pembahasan tentang Mengatasi Masalah Tanpa Marah-Marah kali ini, semoga catatan kecil ini bisa menjadi sebuah renungan untuk kita semua, demi menjadikan kita sebagai manusia sejati yang tahan banting dan tak mudah menyerah saat di timpa masalah.

Salam Super!
 

Advertisement
Mengatasi Masalah Tanpa Marah-Marah

You Might Also Like: