Mengenal Jenis Website Menurut Fungsinya

Mengenal Jenis Website Menurut Fungsinya.
Walaupun hampir setiap hari kita bergelut dengan yang namanya website, mungkin masih banyak dari Anda yang belum sepenuhnya mengetahui apa itu website atau mengganggap bahwa semua website itu sama. Tapi tahukah Anda bahwa website itu memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsinya?

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan website apa yang anda butuhkan, mari kita kelompokkan jenis-jenis website yang ada berdasarkan fungsi atau tujuan utamanya saja. Sedangkan fungsi lainnya dapat kita anggap sebagai fitur tambahan.


Website


Dari beberapa jenis website yang ada, Anda bisa memilih beberapa jenis website untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Tips Mengelola Banyak Blog Di Tengah Keterbatasan Waktu

Berikut ini beberapa jenis website yang bisa kita kelompokan
berdasarkan fungsinya:

1. Brochure Sites

Brochure sites adalah salah satu contoh website yang paling sederhana dan biasa dikenal dengan sebutan company profile. Biasanya, konten website jenis ini terdiri dari basic content (about us,contact form, products and services, dll.) Contoh: http://www.designersupnorth.com

2. E-Commerce Sites

Situs E-Commerce merupakan salah satu tipe situs/website yang cukup kompleks di mana termasuk di dalamnya ada fitur untuk transaksi menggunakan kartu kredit, mail management, product gallery, dan masih banyak lagi.
Contoh: http://matarimall.com/, http://bukalapak.com/

3. Entertainment Sites

Jika Anda mencari website yang berhubungan dengan dunia hiburan atau entertainment, maka yang harus Anda kunjungi adalah website promosi, website game online, website film, dan lain-lain.
Contoh: http://theverge.com/

4. News Sites

News Sites adalah sebuah portal berita yang ditangani dan secara rutin diupdate oleh sebuah tim pencari berita.
Contoh: http://detik.com/, http://kompas.com/

5. Blogs

Blog sendiri bisa diartikan sebagai sebuah wadah online sebagai situs web yang terdiri dari halaman-halaman yang memuat berbagai tulisan dalam format teks yang bisa disisipi gambar, video dan yang lainnya ditampilkan dengan aplikasi web berupa sistem manajemen konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan sebagai bentuk informasi. Contoh: http://blogger.com/, http://wordpress.com/

6. Community Sites

Pengertian situs komunitas adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin bersosialisasi melalui media online. Pembentukan sebuah komunitas biasanya diprakarsai oleh seseorang atau sekumpulan orang yang mempunyai hobi atau minat yang sama.

Setiap user dapat saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk saling bertukar informasi dan saling bersosialisasi. Biasanya kita sering mendengarnya dengan istilah forum. Contoh: http://kaskus.co.id/

7. Educational Sites

Website pendidikan adalah sebuah sarana personalisasi hubungan antara pengajar/embiimbing dan komunitas pendidikan (murid/mahasiswa) agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi berkaitan dengan masalah pendidikan secara luas. Contoh: http://student.ubm.ac.id/

8. Applications Sites

Applications Sites adalah sebuah situs yang memuat berbagai aplikasi yang bisa diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan internet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi.
Contoh: http://www.mobango.com/

9. Hybrid Sites

Pada kenyataannya setiap project dalam bentuk website yang di buat akan digabungkan dengan semua tipe-tipe website yang sudah dijabarkan sebelumnya. Ini disebut Hygrid Site.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Mengenal Jenis Website Menurut Fungsinya. Bila ada yang ingin menambahkan silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar.
Advertisement
Mengenal Jenis Website Menurut Fungsinya

You Might Also Like: