logo blog

Apa Arti PA dan DA pada Blog?

Saungmaman.com - Apa Arti PA dan DA pada Blog?

Pengertian Page Authority (PA)  dan Domain Authority (DA) secara umum menjadi bahan penilaian kualitas blog semenjak kabar yang menyebutkan bahwa google tidak lagi mengupdate PageRank.
Google pagerank yang awalnya cukup terkenal itu seakan tidak lagi ada, atau google sendiri sudah tidak lagi mengandalkan pagerank sebagai penentu kualitas website atau blog. Google pagerank memberi angka 10 sebagai pagerank yang paling tinggi, Untuk mendapatkan pagerank dari google hanya pihak dari google yang bisa menentukan kriterianya.
Setelah google PageRank tidak lagi terdengar update terbarunya, kini domain authority dan page authority menjadi alternative pengganti google PR.

Sebuah website atau blog mempunyai nilai kualitas yang bagus jika memiliki PA atau DA dengan nilai yang tinggi, untuk nilai PA dan DA sendiri mematok angka 100 sebagai angka tertinggi. Berbeda dengan penilaian Google PR yang hanya sampai angka 10 saja.

Arti PA dan DA pada Blog

Baca Juga: Cara Mudah Meningkatkan Peringkat Alexa Rank

Domain Authority dan Page Authority bisa kita lihat perkembanganya setiap bulan, berbeda dengan Google pagerank yang tidak jelas kapan waktu updatenya, kita bahkan bisa melihat peningkatan PA dan DA setiap saat, masalah cepat atau lambatnya laju peningkatan PA ataupun DA tergantung dengan kita sendiri. Bisa di simak untuk keterangan dan penjelasan lengkapnya di kelanjutan artikel ini.

Pengertian Domain Authority

Domain Authority biasa di sebut dengan Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata mesin pencarian (google,bing,yahoo,dll). Domain Athority bisa di dasarkan atas 3 faktor yaitu umur domain, popularitas, dan ukuran. Dengan memiliki 3 faktor tersebut web/blog akan mudah mendapatkan peringkat yang tinggi pada hasil pencarian.

1. Umur domain
Umur atau usia lamanya sebuah domain menjadi penentu dalam Tinggi atau rendahnya nilai DA, semakin lama domain itu aktif dan bertahan, maka akan semakin tinggi pula nilai DA-nya. Hal ini menunjukan bahwa pemilik domain tersebut sangat konsiten dan selalu up to date dengan domain yang di kelolanya.

2. Popularitas sebuah domain
Popularitas sebuah domain dinilai dari jumlah link yang masuk (Inbound link) dari situs yang berkualitas.  Inbound link dapat di artikan memberi rekomendasi terhadap situs anda sendiri (backlink) cara ini bisa di peroleh dengan ikut berkomentar pada blog lain (blogwalking), ataupun aktif dalam forum.  Hal ini terbukti ampuh untuk mendongkrak trafik pengunjung dan menguatkan SERP pada hasil pencarian (Search engine).

3. Ukuran sebuah domain
Ukuran sebuah domain di ukur dengan jumlah halaman posting yang ada pada suatu blog itu sendiri, semakin banyak jumlah posting atau artikel yang berkualitas, akan memperbanyak jumlah inbound link terhadap web/blog. Berbeda dengan blog baru yang masih minim dengan konten atau artikel.

Pengertian Page Authority

Page Authority atau sering di sebut Otoritas Halaman menggambarkan seberapa populernya halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan di mesin pencari. Page Authority yang lebih tinggi menggambarkan kemungkinan besar halaman situs/blog muncul di search engine.

Perhatikan bahwa otoritas halaman terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs itu sendiri. Situs/blog yang memiliki PA dengan nilai tinggi akan lebih bagus dibandingkan dengan situs yang memiliki PA kecil dan memenangkan persaingan dalam hasil pencarian. Itulah mengapa Page authority tergantung pada kita sendiri, semakin konsisten kita mengelola sebuah blog, maka akan semakin meningkat pula nilai PA dari blog kita.

Cara Meningkatkan Page Authority

Google selalu menuntut segala hal yang bersifat original, konten yang asli dan berkualitas di mata google adalah sebuah artikel yang fresh dan baru serta relevan. Anda bisa rutin meng-update artikel, membuat posting benar-benar baru, serta membuat artikel pilar untuk blog anda. Pentingnya sebuah artikel pilar membuat kedudukan blog anda semakin kuat di mata search engine.

Cara cek Domain Authority dan Page Authority

PA dan DA ditetapkan pada hitungan 0 – 100, semakin tinggi nilai PA dan DA, maka akan semakin berkualitas sebuah situs tersebut. Anda bisa gunakan salah satu alamat situs di bawah ini untuk mengetahui seberapa tinggi nilai PA dan DA blog anda.
Cukup masukkan URL blog anda untuk mengeceknya.
  • http://moz.com/researchtools/ose
  • http://moonsy.com/domain_authority
  • http://moonsy.com/page_authority
  • http://smallseotools.com/domain-authority-checker
Demikian info singkat tentang Apa Arti PA dan DA pada Blog? kali ini, semoga bermanfaat.


Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger