logo blog

Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik

Saungmaman.com - Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik

Ketika sebuah artikel blog pada platform blogspot dibuat, maka secara otomatis akan membuat permalink (permanen link) sesuai judul yang dibuat. Namun terkadang permalink yang dibuat oleh blogspot tidak sesuai dengan keinginan kita sebagai blogger. Untuk itu blogspot menyediakan custom permalink khusus yang bisa kita gunakan untuk membuat permalink sesuai keinginan kita.

Custom permalink hanya bisa kita buat jika artikel kita sama sekali belum dipublish, bila sudah maka kita tidak bisa mengganti alamat permalink khusus tersebut sampai kapanpun. Namun bila karena satu dan lain hal misalnya kita ingin merubah permalink sebuah postingan, ada Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik.

Mungkin sobat berpikir, ah, gampang saja koq mengganti permalink mah, tinggal buat postingan baru lalu sesuaikan permalink-nya, copy-kan postingan yang ingin kita ganti permalink-nya kemudian publish dan hapus artikel lama, selesai.

Namun ternyata tidak segampang itu. Isi postingan boleh sama, namun permalink-nya ternyata berbeda. Itu sama saja dengan artikel baru di mata mesin pencari, dan akibatnya karena artikel lama Anda hapus, maka akan terdapat banyak sekali broken link atau page not found 404, yang tentu saja akan menurunkan reputasi blog anda di mata pengunjung dan akan berakibat menurunnya trafik blog.

Ada pengalaman yang cukup membuat admin ketar-ketir ketika suatu waktu secara sengaja menghapus sebuah artikel yang sebelumnya banyak dikunjungi namun mendapat peringatan dari Google karena dianggap melanggar kebijakan. Alih-alih untuk memperbaiki kualitas blog dan menghindari keadaan yang lebih buruk, tindakan menghapus artikel yang banyak dibaca ternyata berdampak jauh lebih buruk karena hal tersebut justru membuat banyak broken link atau sampah di blog.

Untuk mengatasinya, akhirnya artikel tersebut sebisa mungkin saya kembalikan. Dengan mengikuti tutorial yang saya cari di Google Alhamdulillah artikel tersebut bisa saya temukan dan bisa tayang kembali. Namun ternyata ada satu hal yang tidak bisa saya rubah yaitu permalink-nya. Ada perbedaan pada tanggal dan bulan. Lagi-lagi dengan bantuan si mbah yang baik hati, saya menemukan cara jitu untuk mengembalikan permlink yang hilang dengan cara yang cukup sederhana.

Nah, tentunya sobat penasaran bagaimana cara mengatasinya? baiklah ini dia caranya:

Pada kasus di blog saya permalink pada artikel lama yang dihapus tertulis: http://www.saungmaman.com/2017/01/daftar-faucet-bitcoin-lengkap-dalam.html
Sedangkan pada artikel yang berhasil saya kembalikan tertulis sbb.: http://www.saungmaman.com/2017/07/daftar-faucet-bitcoin-lengkap-dalam.html

Disini terlihat perbedaan terdapat pada bulan yang tidak sama, sehingga ketika pembaca mengunjungi link blog saya dengan permalink yang lama tidak dapat menemukan artikel di blog ini alias page not found 404. Nah ternyata cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan cara meredirect url postingan lama ke url postingan baru. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Catat di notepad permalink artikel lama yang akan kita ganti
2. Buatlah artikel baru dengan cara mengcopy paste artikel lama dan publish, simpan artikel lama sebagai draft agar tidak terjadi duplikat konten.
3. Catat juga permalink artikel baru di notepad.
4. Masuk ke pengaturan dashboard blogger, setelan > preferensi penelusuran

Pada pengalihan khusus, silahkan sobat edit permalink-nya seperti terlihat pada gambar:

Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik

5. Pada pengaturan pengalihan, silahkan tekan Pengalihan Baru:

Dari: /2017/01/daftar-faucet-bitcoin-lengkap-dalam.html 
Kepada: /2017/07/daftar-faucet-bitcoin-lengkap-dalam.html
Permanen: Ceklis Ya

Ingat hanya masukan mulai dari /2017/01... (yang berwarna merah) seperti yang terlihat pada contoh di atas.
Kemudian simpan pengaturan Anda.

Dengan melakukan cara di atas, maka setiap artikel lama yang sudah dikenal luas oleh mesin pencari dan banyak mendapatkan pengunjung organik, akan dialihkan ke artikel baru yang baru saja Anda buat. Dengan demikian perubahan permalink yang dilakukan tidak akan mengurangi trafik bahkan akan lebih meningkat lagi.

Demikian pembahasan tentang Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik  kali ini, semoga bermanfaat.

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger