Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Saungmaman.com - Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Ada anggapan bahwa mengkonsumsi coklat bisa menyebabkan kerusakan gigi dan juga menyebabkan kegemukan. Sebenarnya yang menyebabkan kegemukan dan kerusakan gigi bukanlah karena coklatnya, melainkan karena kandungan gula yang ada pada coklat tersebut.

Coklat mengandung zat alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis yang baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini sering dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut para ilmuwan, coklat yang dikonsumsi dalam jumlah normal dan dalam tempo yang teratur dapat menurunkan tekanan darah. Coklat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan penilaian bagus karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh menjadi alasan utama.
Baca juga:
Resep Awet Muda Tanpa Obat Paling Mujarab
PYNOCARE White (Suplemen Pemutih Badan & Melasma/Flek Hitam)

Nah, lalu apa sebenarnya manfaat coklat bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa diantaranya yang berhasil Saung Maman kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Mengandung antioksidan
Berdasarkan hasil penelitian ternyata coklat  mengandung flavanol, sejenis flavanoid yang ditemukan pada coklat. Flavanoid adalah senyawa yang terbentuk secara alamiah dalam makanan nabati dan bertindak sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

2. Mencegah penyakit jantung
Sebuah coklat bar dapat membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular Anda berjalan lancar. Terutama dark chocolate/coklat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%. Jadi bukan sebuah masalah mengkonsumsi sebuah bar atau sepotong coklat sehari-hari!

3. Mengurangi defresi
Hasil penelitian juga menemukan bahwa Coklat mengandung serotonin, alami anti-depresan. Dengan memakan coklat juga bisa  merangsang tubuh untuk memproduksi enzim endorfin, yang berperan menciptakan perasaan senang dan bahagia. Sebuah studi menemukan bahwa pencairan coklat di mulut menghasilkan perasaan senang lebih lama. Jadi ketika anda merasa dalam keadaan stress atau tertekan sempatkan waktu untuk menikmati coklat.

Coklat
Coklat Image Source: Pixabay

4. Membuat panjang umur
Hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa dark coklat dan milk chocolate, usianya lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit. Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa coklat  mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.

5. Mengurangi resiko kanker
Kakao, atau coklat, mengandung antioksidan yang menghentikan pertumbuhan kanker, dengan menyebabkan protein tertentu dalam tubuh untuk menonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor. Jadi jangan takut makan coklat!

6. Mampu melembabkan kulit
Zat besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E adalah beberapa kandungan  nutrisi baik yang bisa ditemukan dalam coklat hitam. Rajin mengkonsumsi coklat hitam mampu membuat kulit lebih lembab karena sel-sel kulit mati cepat terangkat.

7. Mengurangi keriput pada kulit
Kenikmatan yang dirasakan ketika makan coklat hitam mampu menurunkan tingkat stres seseorang. Hormon cortisol penyebab stres pun ikut menurun, sehingga semakin sedikit kolagen yang rusak dan kecantikan kulit tetap terjaga. Rajhin mengkonsumsi coklat maka ulit juga akan terhindar dari keriput dan garis halus.

8. Mampu menyuburkan rambut
Kandungan tembaga, seng, dan zat besi adalah beberapa mineral dalam coklat hitam yang mampu merangsang pertumbuhan rambut. Jadi makan coklat hitam setiap hari secara tak langsung akan melancarkan peredaran darah yang menuju ke kulit kepala.

Demikianlah artikel Saung Maman mengenai Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh yang bisa saya share kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

You Might Also Like: