Tips Menggunakan Masker yang Tepat untuk Mencegah Corona

Saung Maman - Tips Menggunakan Masker yang Tepat untuk Mencegah Corona

Salah satu langkah pencegahan untuk tidak terinfeksi virus corona adalah dengan menggunakan masker. Dimana alat ini merupakan salah satu pelindung yang bisa digunakan untuk dapat menghindari menjadi salah satu orang yang terjangkiti virus ini. Hal ini merupakan salah satu cara yang penting selain dengan langkah pencegahan lainnya seperti mencuci tangan, tidak keluar rumah, menghindari tempat yang ramai, dan juga menjaga kesehatan sehingga tidak mudah tertular virus covid-19. Ketika akan memilih masker yang digunakan untuk mencegah penularan covid-19 sendiri membutuhkan tips yang dapat untuk memilih masker yang tepat. Dimana beberapa tips mudah tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Memilih jenis masker yang tepat

Tips pertama yang bisa digunakan adalah dengan memilih jenis masker yang tepat. Dimana untuk jenis masker yang tepat untuk mencegah penyebaran virus covid-19 sendiri ada dua jenis yaitu masker bedah dan juga masker N95. Dua jenis masker ini akan sangat efektif karena dapat untuk mencegah penularan virus covid-19 lebih baik dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Masker N95 dan juga masker bedah merupakan jenis masker yang mempunyai kerapatan paling baik sehingga mencegah masuknya partikel ke dalam hidung dan mulut penggunanya. Sehingga apabila menggunakan masker ini akan dapat meminimalisir penularan covid-19 lebih baik.

Masker | Sumber: Pixabay
Akan tetapi karena wabah corona yang sangat luas sekarang ini juga membuat banyak yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan jenis masker yang tepat. Selain itu Anda juga sebaiknya tidak memborong atau membeli masker ini secara berlebihan karena akan sangat menyulitkan orang lain terutama pada petugas medis yang juga mulai kekurangan masker jenis yang ampuh untuk mencegah penyebaran covid-19. Padahal petugas medis merupakan kelompok yang paling membutuhkan masker ini agar tidak terjangkiti virus ini karena merawat pasien secara langsung. Oleh karena itulah apabila tidak bisa mendapatkan masker bedah dan masker N95 juga bisa untuk menggunakan masker kain. Dimana masker kain mempunyai keunggulan dapat mencegah partikel dan virus masuk ke dalam tubuh hingga 70 persen lebih baik.

2. Menggunakan masker ketika keluar

Tips selanjutnya bisa diperhatikan agar masker tersebut dapat untuk mencegah penyebaran virus covid-19 adalah dengan menggunakannya selama Anda keluar dari rumah. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa berbagai jenis masker akan mempunyai keunggulan untuk mencegah penyebaran virus dapat masuk ke tubuh lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali. Oleh karena itulah ketika Anda harus keluar seperti misalnya ke supermarket ataupun ke SPBU bisa untuk menggunakan masker.

3. Waktu penggunaan masker

Menggunakan masker juga harus memperhatikan waktu penggunaannya. Dimana batas maksimal untuk menggunakan masker yang baik adalah tidak lebih dari 4 jam. Sehingga Anda harus menggunakan masker tersebut tidak terlalu lama karena akan membuat masker menjadi kotor. Oleh karena itulah ketika akan keluar dengan waktu yang lama bisa untuk memperhatikan untuk menyiapkan masker lainnya. Karena pemakaian masker yang baik adalah maksimal selama 4 jam.

4. Mencuci masker

Tips penggunaan masker yang tepat terakhir adalah dengan mencuci masker. Setelah menggunakan masker tersebut ketika keluar rumah, maka setelah sampai juga harus dicuci hingga bersih. Anda bisa untuk mencuci masker tersebut dengan sabun sehingga dapat untuk menghindari penularan virus. Setelah itu baru bisa dikeringkan dan bisa digunakan kembali untuk dapat menghindari penularan virus corona. Untuk cara pencegahan penularan yang lainnya sendiri dapat Anda lihat di Halodoc.

Advertisement
Tips Menggunakan Masker yang Tepat untuk Mencegah Corona

You Might Also Like:

Buka Komentar