Ketahui Lebih Lengkap Mengenai Desa Wisata di Indonesia

By SaungMaman

Sebagai masyarakat Indonesia, tentu Anda sudah sering menemukan sebuah desa yang disebut sebagai desa wisata. Belakangan desa tersebut mulai banyak ditemukan dan dibuka sebagai tempat belajar, berwisata, sekaligus sebagai media mengenalkan berbagai budaya tradisional yang masih dimiliki masyarakat. Inilah beberapa rincian dan informasi lengkap mengenai desa tersebut.

Tentang Desa Wisata di Indonesia

1. Pengertian Desa Wisata

Secara umum, desa ini merupakan sebuah tempat terbatas dimana komunitas tinggal, biasanya merupakan penduduk atau masyarakat yang saling berkomunikasi. Komunikasi dan interaksi yang dilakukan oleh masyarakat dikelola dengan baik dengan tingkat kepedulian yang tinggi, sehingga setiap keterampilan individu masyarakat bisa dikembangkan.

Desa Wisata Indonesia

Umumnya desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat yang tinggal di dalamnya, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dan peduli dengan potensi alam atau budaya yang ada di desanya. Nantinya desa tersebut akan menjadi tempat wisata menarik yang memiliki daya tarik untuk memikat pelancong.

2. Tujuan Adanya Desa Wisata

Tujuan berdirinya desa dengan konsep wisata bukan tanpa alasan, pembentukanya dimaksudkan untuk meningkatkan posisi dan peran masyarakat. Sehingga mereka memiliki peran aktif dalam mengembangkan kebudayaan serta sektor pariwisata yang terletak di dalamnya.

Dengan sinergi antara masyarakat yang aktif dan pengelolaan yang baik, maka kualitas desa, pariwisata, dan pembangunannya akan berjalan secara maksimal. Ia juga menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan dukungan positif masyarakat sebagai pemilik desa untuk mewujudkan nilai pesona budaya yang baik agar ditiru oleh pengunjung yang datang melihat.

3. Fungsi Didirikannya Desa Wisata

Meski terkesan sederhana, namun fungsi desa wisata cukup vital, dimana ia memiliki peran langsung sebagai wadah untuk mengelola potensi yang dimiliki desa dan masyarakat yang ada di dalamnya. Dengan pengelolaan yang baik, terutama pihak muda yang lebih memiliki inisiatif, maka desa bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Selain itu, fungsi dari adanya desa ini adalah mengelola dan meningkatkan potensi wisata yang dimiliki oleh desa tersebut, sehingga menjadi destinasi wisata bagi masyarakat luar desa. Potensi wisata tidak hanya berupa lokasi alam, panorama yang indah ataupun destinasi wisata buatan saja, namun juga kultural masyarakat desa yang tradisional dan berbudaya.


4. Tiga Komponen Penting pada Desa Wisata

Terdapat tiga buah komponen penting yang harus ada dan ditemukan dalam desa ini, diantara ketiga komponen tersebut adalah:

• Kondisi

Pihak desa harus mengerti betul kondisi desa yang mereka tinggali, apakah memang terdapat basis data yang cukup mengenai lahan, lokasi hingga ekosistem yang dimiliki. Sehingga masyarakat luar desa merasa tertarik untuk berkunjung ke desa tersebut.

• Keadaan Masyarakat

Hal penting lain dalam desa wisata adalah masyarakat yang tinggal di dalamnya, mereka harus berperan aktif untuk mengurus desa setelah ia memiliki label sebagai tempat wisata. Sehingga desa tersebut masih akan terawat dengan baik dalam rentang waktu yang lama.

• Konsep Desa

Agar menjadi tujuan wisata, tentunya Anda sebagai pengelola atau warga desa harus mengetahui konsep unik yang dimiliki oleh desa tersebut, sehingga terlihat berbeda dengan desa lainnya. Pembentukan konsep bisa dilakukan dengan cara musyawarah bersama masyarakat.

Itulah berbagai informasi penting mengenai desa wisata yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk membuat desa yang Anda tinggal memiliki panggilan ‘wisata’, ada baiknya Anda sudah menyiapkan tiga komponen yang telah disebutkan sebelumnya.

Advertisement
Ketahui Lebih Lengkap Mengenai Desa Wisata di Indonesia

You Might Also Like: