Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Karpet Badminton

By SaungMaman

Tak banyak orang yang tahu kalau karpet badminton terdiri dari berbagai bahan dengan kualitas dan kegunaan yang berbeda-beda. Selama ini orang mengira kalau karpet badminton terbuat dari bahan yang sama yaitu karpet biasa. 

Pada pertandingan badminton atau biasa juga disebut bulutangkis, jenis karpet lapangan mempunyai andil yang cukup besar bagi pemain. Karpet badminton dengan kualitas yang baik, memungkinkan pemain untuk tampil maksimal dalam setiap pertandingan tanpa khawatir akan terpeleset atau jatuh saat melakukan gerakan yang atraktif. 

Olahraga badminton adalah jenis olahraga yang banyak melakukan gerakan kaki dan tangan dengan cepat. Oleh karenanya pemilihan jenis karpet yang sesuai standar mutu mutlak dilakukan. 

Nah, pada kesempatan kali ini SaungMaman akan berbagi info tentang jenis-jenis karpet yang digunakan di lapangan saat pertandingan badminton berlangsung. Selain itu jangan lewatkan juga informasi mengenai hal-hal penting lainnya seputar karpet badminton. 

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Karpet Badminton
Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Karpet Badminton
Sebelum lanjut ke pokok pembahasan soal karpet badminton, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu asal muasal olahraga  badminton. Olahraga yang digemari baik kaum muda dan dewasa ini berkembang begitu pesat di seluruh belahan dunia. 

Negara kita sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pemain bintang di cabang olahraga badminton, oleh karenanya sudah sepantasnya kalau kita mengetahui sejarah olahraga badminton sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang berprestasi di cabang olahraga badminton yang telah mengharumkan nama bangsa di dunia internasional. 

Sejarah Badminton

Hingga saat ini, asal mula olahraga badminton belum diketahui secara pasti. Namun di catatan sejarah India kuno, Yunani dan Cina hampir 2000 tahun lalu pernah ada jenis olahraga yang melibatkan alat pemukul sejenis raket dan kok. Ini bisa diartikan bahwa olahraga badminton berasal dari ketiga negara tersebut. 

Di abad pertengahan, di Eropa ada juga jenis olahraga seperti badminton dengan nama battledore dan shuttlecock. Selain itu ada juga permainan Jeu de Volant yang mirip badminton yang dimainkan bangsawan Eropa pada abad 17.

Olahraga asal zaman dulu tersebut baru berkembang di India dan diakui secara global. Hal ini bermula saat tentara Inggris menjajal permainan tersebut saat bertugas di sana pada tahun 1860-an.

Seperti kita ketahui bersama bahwa olahraga badminton ini merupakan salah satu jenis olahraga kebanggaan bangsa. Deretan nama-nama besar seperti Rudy Hartono, Liem Swie King, Christian Hadinata, Susi Susanti, dan lain-lain adalah para pahlawan olahraga badminton yang telah berjasa menyumbangkan seluruh energinya untuk kemajuan bulutangkis di tanah air. 

Yang juga masih hangat dalam ingatan kita adalah ganda putri kita Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang sukses meraih medali emas Olimpiade Tokyo belum lama ini. Semua berkat olahraga badminton, sehingga bangsa kita disegani di seluruh dunia. 

Alat dan sarana olahraga badminton

Olahraga badminton menggunakan peralatan utama yang terdiri dari:

1. Kok (shuttlecock)

Kok yang digunakan terdiri dari dua bagian yaitu bagian kepala dan bulu. Bahan kepala terbuat dari gabus setengah lingkaran, sedangkan bulunya terbuat dari bulu unggas. 

2. Raket

Raket digunakan untuk memukul kok dan memiliki berat kurang dari 150 gram. Bahan pembuatan raket umumnya terbuat dari kayu, aluminium, arang dan fiberglass. 

3. Jaring atau net

Jaring dalam permainan badminton digunakan untuk pembatas area antara dua pemain atau tim. Panjang jaring adalah 610 cm dan lebar 76 cm. 

4. Lapangan

Untuk sarana lapangan yang resmi, menurut International Badminton Federation (IBF) panjang lapangan adalah 13,40 meter dan berlaku untuk tunggal maupun ganda. Sedangkan lebarnya untuk ganda 6,10 dan tunggal 5,18 meter. 

Berbicara soal lapangan badminton, hal yang juga perlu diperhatikan adalah soal karpet atau alas lapangan. Penting sekali untuk memilih jenis karpet badminton yang sesuai dengan ketentuan. Pemilihan karpet badminton yang sembarangan akan berpengaruh buruk terhadap performa pemain di lapangan. 

Jenis-jenis karpet badminton

Ada beberapa jenis karpet badminton yang bisa digunakan tergantung anggaran dan tujuan instalasi. Pemilihan jenis karpet perlu pertimbangan, mengingat harga karpet badminton sangat bervariasi tergantung jenis dan bahannya. 

Berikut ini adalah beberapa jenis karpet badminton yang sering digunakan:

Lantai Vinyl, karpet jenis ini terbuat dari bahan PVC atau Poly Vinyl Chloride. Memiliki tekstur lembut serta elastis dan tersedia dalam bentuk lembaran atau gulungan. Kelebihan dari jenis karpet ini adalah memiliki sifat kelenturan yang tinggi namun tetap kuat sehingga membuat nyaman para pemain saat berlaga di lapangan. 

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Karpet Badminton
Merek Karpet Badminton


Selain bahan PVC sintetis, ada juga jenis bahan lainnya seperti papan kayu atau parket, karpet PU silikon, PP Interlocking dan PP Modular Interlock. Ketebalan karpet mengikuti standar WBF yaitu 4,5 mm. Untuk penggunaan secara profesional sebaiknya Anda melakukan pengukuran ketebalannya untuk memastikan dan yakin akan ukuran yang sesuai dengan standar internasional. 

Sedangkan untuk merek, ada banyak  pilihan yang bisa digunakan, seperti Flypower, Lining, Hi Qua, Haokang, Enlio, Alito dan lain-lain. 

Untuk pemasangan karpet badminton, ada beberapa tips yang layak diperhatikan berikut ini:

Untuk pemasangan di luar ruangan, pilihlah jenis karpet yang kuat dan tahan lama, tahan panas dan tahan hujan (cepat menyerap air). Sedangkan untuk pemasangan dalam gedung, pilihlah bahan yang lebih lembut namun memiliki daya rekat yang kuat. 

Demikian informasi jenis-jenis karpet badminton yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang karpet badminton. 


Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Karpet Badminton

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Protected by Copyscape