Kenali Country Idiom Dalam Percakapan Bahasa Inggris, Agar Tidak Salah Arti!

By SaungMaman

Selain mengungkapkan perasaan dengan warna, dalam bahasa Inggris kita juga mengenal idiom yang ditunjukkan dengan nama sebuah negara tertentu. Pada umumnya nama negara ini digunakan untuk menyebut sebuah kebiasaan yang khas pada negara tersebut. Tetapi ada kalanya penggunaan nama negara dalam sebuah idiom Inggris disesuaikan dengan cara pandang orang barat khususnya USA dalam melihat masyarakat yang nama negaranya digunakan dalam idiom. Agar lebih mudah dalam mempelajarinya, berikut ini adalah contoh-contoh idiom bahasa Inggris yang menggunakan nama negara atau country idiom:

• Greek (Yunani).
Negara ini digunakan mungkin karena memiliki bahasa latin dan sejarah yang kompleks sehingga mengartikan rasa “ketidaktahuan” akan sesuatu.

“Please speak slowly, it’s Greek for me and my husband”

• Go Dutch ( Belanda).
Salah satu kebiasaan orang Belanda adalah patungan untuk membayar bill, contoh kalimatnya “How about we eat together after this? We can go Dutch this time”

• Dutch courage.
Menggambarkan keberanian yang didapatkan dari efek meminum minuman keras.

“With some Dutch courage, he goes to her home to say sorry”

• French (perancis).
Country idiom ini sering dipakai ketika seseorang memilih menggunakan kata-kata kasar.

“Pardon my French, but he deserved it”

• Chinese whispers.
Menggambarkan berita-berita gossip yang belum tentu benar namun sudah beredar di masyarakat.

“Maybe it’s just Chinese whispers but I need to talk about our new neighbors”

Kenali Country Idiom Dalam Percakapan Bahasa Inggris, Agar Tidak Salah Arti!

Selain contoh country idioms dan artinya di atas, masih ada beberapa country idioms lainnya dan bisa juga akan terus bertambah seiring dengan perkembangan percakapan informal masyarakat barat. Contoh lainnya adalah “Mexican Standoff” yang menggambarkan kondisi dimana ada pihak-pihak yang tidak bisa mencapai kesepakatan. Selain itu juga ada “Indian Summer” yang artinya sebuah kegembiraan yang terlambat datang.


Agar Anda tidak ketinggalan dengan kosakata idiom terbaru, jangan ragu untuk ikut kursus percakapan di EF Adults yang bisa Anda lakukan secara offline maupun online. EF Adult dapat membantu Anda untuk memperlancar bahasa Inggris baik percakapan sehari-hari maupun bahasa Inggris bisnis sesuai dengan kelas yang Anda pilih.

Kenali Country Idiom Dalam Percakapan Bahasa Inggris, Agar Tidak Salah Arti!

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: