Panduan Pemberian MPASI Sesuai Usia

By SaungMaman

MPASI merupakan salah satu hal penting yang wajib di perhatikan. Asupan nutrisi pada saat masa petumbuhan anak perlu menjadi perhatian khusus. Saat usia Anak memasuki 6 hingga 24 bulan sudah sepatutnya mendapatkan asupan pendamping Asi. Pasalanya selain memperhatian kebutuhan gizinya Anda juga harus menyesuaikan dengan usia nya. Berikut panduannya yang bisa Anda ikuti.

Mengenal Pemberian MPASI untuk Masa Pertumbuhan

Kondisi pertumbuhan balita selain memerlukan asi juga membutuhkan nutrisi tambahan lain. Pemberianya sendiri ini bisa di mulai pada usia memasuki 6 bulan. Pentingnya untuk mengetahui peranan dari pemberian nutrisi saat masa pertumbuhan harus di ketahui oleh ibu hebat.

Panduan Pemberian MPASI | Image: Cookpad.com

Nah, pemberianya ini terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pasalnya selain untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi saat proses tumbuh kembang buah hati, kegiatan MPASI ini juga dapat melatih stimulasi mengunyah dan menelan makanan lembut.

Tips Pemberian Nutrisi Pendamping ASI dengan Benar

Saat melakukan pemberian MPASI terdapat beberpa tips yang harus Anda ikuti. Salah satunya hal krusial yang harus Anda cermati adalah usia balita. Pemberian terlalu dini maupun terlambat sama-sama memiliki resiko bagi tumbuh kembang anak.

Biasanya untuk amannya pemberian pendamping Asi ini bisa Anda konsultasikan ke bidan saat berlangsungnya posyandu. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya maka Anda bisa memperoleh saran yang benar.

Pemberian makanan pendamping Asi juga harus memperhatikan menu dan nutrisi yang d butuhkan. Nah, saran kebutuhan nutrisi ini sebaiknya yang tidak bisa terpenuhi oleh Asi. Beberapa nutrisi yang membantu meliputi protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan mikronutrien.

Tekstur yang diberikan juga harus di perhatikan dengan benar. Pastikan pemberian tekstur makanan mulai dari paling lembut dan meningkat berdasarkan usia balita. Jangan lupa untuk memastikan makanan pendamping tersebut aman dan terjaga higienitasnya.

Agar tidak mengalami kontaminasi Anda bisa memanfaatkan kulkas sebagai media penyimpanannya. Pastikan suhu kulkas Anda setting pada rentang kurang dari 5 derajat celcius. Jangan lupa untuk menyimpannya di wadah dngan tutup rapat.

Keberhasilan MPASI juga tidak terlepas dari konsistensi pemberiannya. Anda bisa menerapkan sifat responsive ketika memberikannya kepada buah hati. Dengan begitu program pendampingan nutrisi ASI ini bisa berjalan dengan optimal.

Panduan Pemberian Asupan Menurut Usia

Anak yang siap menerima asupan makananan bisanya memiliki tanda-tanda. Ketertarikan terhadap makanan di sekitarnta dan bisa duduk sendiri menjadi pertanda anak siap menerima MPASI. Anak yang mengalami rewel dan gelisah meskipun sudah di beri ASi juga menjadi tanda yang kerap di alami oleh beberapa balita.

Berkaitan dengan tekstur yang sesuai untuk balita menurut usianya. Alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa tingkatkan menu MPASI yang cocok untuk kesayangan. Saat memasuki awal pemberian makanan Anda bisa memberikan menu jenis pure. Makanan ini di halsukan hingga menyerupai bubur kental.

Jenis makanan dengan tekstur pure ini dapat di berikan untuk balita berusia 6 hingga 8 bulan. Anda bisa menyajikan menu berbentuk pure ini dari kentang, wortel, bubur beras dengan kaldu daging maupun bubur dari pisang.

Tahapan pemberian tekstur berikutnya bisa di tingkatkan menjadi mashed. Makanan ini di lumatkan hingga halus. Pemberiannya bisa di terapkan jika Anda sudah bisa menelan makanan bertekstur pure. Selanjutnya memasuki usia 9 hingga 12 bulan Anda sudah bisa meningkatkan ke tahapann makanan cincang.

Menu yang bisa menjadi inspirasi Anda bisa dengan sop dengan daging cincang, nasi tim semur dengan tahu dan ayam hingga makroni karbonara. Selain mempertimbangkan tekstur Anda juga harus memperhatian porsi pemberiannya. 

Porsi yang dapat Anda berikan bisa di mulai dari 3 sendok makan dan berangsur meningkat hingga seukuran 250 ml. Ketika usia buah hati telah mencapai 12 bulan lebih, maka di sarankan untuk memberikan nutrisi pelengkap seperti Pediasure selain menu MPASI.

Kandungan lengkap vitamin dan mineral dalam pediasure ini bisa mempercepat tumbuh kembang anak dan melatih kemampuan berpikir secara optimal. Tidak hanya itu saja Pediasure juga memiliki kandungan omega, sinbiotik, DHA dan kolin yang bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Panduan Pemberian MPASI Sesuai Usia

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: