logo blog

Pentingnya List Building dalam Bisnis Online

Pentingnya List Building dalam Bisnis Online. 

Email List Building

Ketika kita bergelut dalam dunia bisnis online, tentu kita sering mendengar istilah List Building. Apa Itu List Building?
List berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang berarti "daftar". Namun dalam kontek bisnis internet marketing, list memiliki makna yang jauh lebih luas dari sekadar kata daftar.
 

Pengertiannya bisa dijelaskan seperti ini, bahwa list dapat diartikan sebagai daftar para pelanggan/subscriber website yang Anda dapatkan melalui cara-cara tertentu. Biasanya list ini dibangun dengan cara menawarkan produk gratis ataupun hal-hal lain yang bisa membuat orang lain bersedia memberikan identitasnya (umumnya berupa alamat email) pada Anda.

Identitas atau data diri inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menawarkan produk-produk Anda di lain kesempatan. Pengunjung yang memberikan identitas ini seringkali dikenal dengan istilah "prospek".
 

Mereka inilah yang akan menentukan keberlangsungan bisnis Anda di masa depan. Semakin banyak prospek yang Anda miliki, maka semakin besar pula kesempatan bisnis Anda untuk berkembang, yang secara otomatis semakin besar pula uang yang mengalir ke rekening Anda.

Baca juga: 4 Jenis Bisnis Online Untuk Pemula 

Untuk itu, tidak ada alasan lain selain membangun list prospek yang benar-benar potensial untuk kemajuan bisnis apapun yang Anda jalankan.

Oke sampai sejauh ini sudah mulai kita pahami, tetapi bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan secara sederhana tentang Pentingnya List Building dalam Bisnis Online:

1. Memahami konsep dasar list building.


Konsep dasar list building adalah bagaimana cara mendapatkan daftar kontak seperti nama dan alamat email calon prospek sebanyak-banyaknya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh data kontak tersebut misalnya dengan mengarahkan mereka untuk memasukan alamat emailnya pada produk gratis yang  bisa kita bagikan secara cuma-cuma melalui blog.


2. Mendekatkan kita kepada subscriber.

Setelah pengunjung mau memberikan nama dan alamat emailnya, maka langkah selanjutnya adalah kirimkan email yang berisi postingan artikel terbaru atau dinamakan newsletter yang berupa judul dan link artikel penuh manfaat yang telah kita tulis.
 

Dengan secara rutin mengirimkan pemberitahuan tentang artikel yang bermanfaat kepada mereka, ini akan memberi kesan bahwa kita peduli pada mereka. Kepedulian inilah yang membuat mereka merasa bersimpati dan menimbulkan kepercayaan terhadap kita. Dasar kepercayaan ini jugalah yang nantinya akan membentuk rasa kedekatan emosional antara kita dan mereka.

3. Agar pelanggan mendatangkan profit buat kita.

Selain menggunakan email untuk memberitahukan tentang artikel terbaru pada blog kita, list data para subscriber yang kita miliki bisa juga kita gunakan untuk mempromosikan produk-produk atau peluang bisnis terbaru yang kita punya. Dengan demikian setiap kali ada produk terbaru yang ingin kita pasarkan bisa dengan mudah kita sampaikan informasinya pada mereka.




List Building


Perlu Anda ingat bahwa dalam menjalankan promosi melalui list building, kita bebas mengaturnya sesuai keinginan. Hal ini bisa disesuaikan dengan melakukannya secara acak/random sesuai strategi marketing yang ingin dibangun, misalnya :

Hari pertama  : Newsletter atau artikel terbaru
Hari kedua     : Promosi bisnis online terbaru yang Anda jalani
Hari ketiga     : Testimonial para member di bisnis Anda
Hari keempat : Download software gratis
Hari kelima    : Kembali ke Newsletter, dst...

Dengan melakukan pengiriman secara rutin dan terukur seperti itu, maka kita bisa mendekatkan diri kepada para pelanggan sekaligus melakukan promosi. 


Bila semuanya dilakukan dengan sungguh-sungguh, niscaya bisnis apapun yang sedang dan akan Anda jalankan akan mendapat kemudahan dalam memasarkannya. Namun hal terpenting dari semuanya itu adalah Anda harus konsisten dan berkomitmen untuk terus menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh mitra yang tergabung dalam list yang sudah Anda bangun tersebut.

Itulah beberapa manfaat tentang Pentingnya List Building dalam Bisnis Online atau membangun daftar kontak dalam bisnis online ini, semoga bermanfaat.




Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger