Niat Puasa Ramadan yang Benar

Saungmaman.com - Niat Puasa Ramadan yang Benar

Besok, Kamis 17 Mei 2017 Umat Islam akan memasuki bulan Ramadan. Untuk menentukan kapan awal puasa Ramadan, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Agama akan melakukan pengumuman penetapan.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Mastuki menuturkan sidang isbat akan dimulai pukul 16.00 Wib, termasuk pelaporan hasil pemantauan hilal dari seluruh tanah air. Jika sudah ditetapkan kapan dimulau, maka umat Islam segera bersiap, satu diantaranya yang penting sebelum puasa adalah niat.

Adapun niat dan doa puasa Ramadhan  sebagai berikut:

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa"

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala.

Pertanyaanya, apakah bisa niat puasa dilakukan sekaligus pada awal bulan?

Ramadan
Niat Puasa Ramadan
Puasa Ramadan dan puasa wajib lainnya terbilang istimewa dibanding ibadah lain. Kalau niat ibadah lainnya berbarengan dengan awal praktik ibadahnya itu sendiri. Niat puasa Ramadan dan puasa wajib lainnya harus dilakukan di malam hari. Karena puasa Ramadan ini tidak hanya sehari, tetapi sebulan penuh, lalu bagaimana dengan niatnya?
Baca juga: Puasa Momen Tepat Mengurangi Aktifitas Medsos
Syahwat Tinggi Jangan lakukan Ini di Bulan Puasa
Ramadan Adalah...
Ada orang mengatakan bahwa niat puasa Ramadhan bisa dilakukan sekaligus di awal Ramadan. Dengan niat sebulan penuh itu, ia mungkin berharap tidak perlu berniat setiap malam sebelum puasa di keesokan siangnya.

Perihal ini Syekh Taqiyyuddin Abu Bakar bin Muhammad Al-Hishni dalam Kifayatul Akhyar menerangkan sebagai berikut.

ولا يصح الصوم إلا بالنية للخبر. ومحلها القلب, ولايشترط النطق بها بلا خلاف, وتجب النية لكل ليلة لان كل يوم عبادة مستقلة , ألا ترى أنه لا يفسد بقية الأيام بفساد يوم منه. فلو نوى الشهر كله, صح له اليوم الأول على المذهب.

Artinya, “Puasa tidak sah tanpa niat. Keharusan niat didasarkan pada hadits. Tempat niat itu di hati. Karenanya, niat tidak disyaratkan secara lisan. Ketentuan ini disepakati bulat ulama tanpa perbedaan pendapat. Niat puasa wajib dipasang setiap malam. Karena, puasa dari hari ke hari sepanjang Ramadan merupakan ibadah terpisah

Coba perhatikan, bukankan puasa Ramadan sebulan tidak menjadi rusak hanya karena batal sehari? Kalau ada seseorang memasang niat puasa sebulan penuh di awal Ramadan, maka puasanya hanya sah di hari pertama. Demikian pendapat ini madzhab (Madzhab Syafi’i),” (Lihat Taqiyuddin Abu Bakar Al-Hishni,Kifayatul Akhyar)

Adapun niat puasa sekaligus sebulan penuh adalah pandangan dari Madzhab Hanafi. Menurut Madzhab Hanafi, puasa seseorang dengan niat sebulan penuh di awal Ramadan dinilai sah meskipun ia tidak menetapkan niat puasa setiap malam.

Kendati demikian, mereka juga tetap menganjurkan orang yang telah melakukan niat puasa wajib sebulan penuh di awal Ramadan untuk mengulang niat puasa di setiap malam Ramadan.

Karenanya, melihat keistimewaan puasa Ramadan itu, seseorang wajib memasang niat setiap malam. Untuk menghindari lupa niat, ada baiknya ia mengikuti tarawih berjamaah.

Di samping mendapat pahala sembahyang tarawih dan silaturahmi yang berlipat ganda itu, ia tidak akan luput dari niat puasa yang lazim dipimpin imam sebelum tarawih selesai dilaksanakan.
Niat Puasa Ramadan yang Benar

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: