10 Cara Agar Anak Betah di Sekolah yang Baru

Saungmaman.com - 10 Cara Agar Anak Betah di Sekolah yang Baru

Saat hari-hari yang menyenangkan setelah liburan, sebagian besar anak-anak mulai bersemangat untuk kembali ke sekolah. Jika anak Anda akan menghadiri sekolah baru tahun ini, ia mungkin merasa sedikit cemas. Membahas hal-hal ini dengan anak Anda dapat membantu meringankan transisi ke sekolah baru. Berikut adalah 10 hal yang orang tua harus rencanakan ketika datang untuk mengurangi kecemasan anak-anak mereka kembali ke sekolah:

1. Kesan pertama yang baik

Kita semua tahu pepatah lama, "Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk membuat kesan pertama." Jelaskan ini kepada anak Anda, dan diskusikan jenis kesan seperti apa yang ingin ia buat, tidak hanya dengan teman sekelas, tetapi juga dengan gurunya. Ingatkan dia untuk bersikap ramah, membuat kontak mata dan mendengarkan ketika orang lain berbicara, dan memperhatikan di kelas. Merasa nyaman dengan cara orang lain melihatnya akan membantu anak Anda merasa lebih baik tentang situasi baru ini.

2. Berteman

Ingatkan anak Anda tentang cara memperkenalkan dirinya dan berbicara tentang cara berteman, seperti:

Ajukan pertanyaan tentang orang lain.
Ceritakan sesuatu yang menarik tentang diri Anda.
Bicara tentang hobi Anda, dan temukan minat yang sama.
Undang orang lain untuk bermain atau duduk dengan Anda.
Tersenyum.
Bergantian.
Baca juga: Orang Tua Bijak Memahami Kondisi Anak
Seorang pakar pendidikan, Erika Acklin, menawarkan pengingat ini: "Anda harus menjadi teman yang baik untuk mendapatkan teman baru." Ingatkan anak Anda untuk berbicara dengan orang yang berbeda, bukan hanya satu kelompok anak-anak, untuk bertemu dengan sebanyak mungkin orang, dan selalu berusaha bersikap baik kepada semua orang.

3. Pulang ke rumah

Diskusikan bagaimana anak Anda akan pulang pada akhir hari, kemudian lakukan latihan lari. Berkendara melewati lingkaran mobil dan tunjukkan di mana Anda akan menjemputnya, atau berjalan rute dari sekolah atau halte transport bersama.

4. Ikut terlibat

Diskusikan tim atau klub apa yang mungkin ingin diikuti oleh anak Anda. Terlibat dalam kegiatan sekolah adalah cara yang bagus untuk berteman dan merasakan rasa memiliki. Beberapa kelompok mulai bertemu atau berlatih pada waktu tertentu. Pastikan untuk mencari tahu seberapa cepat anak Anda dapat bergabung sehingga dia tidak ketinggalan, dan dapat segera mulai bertemu orang-orang.

5. Apa yang diharapkan

Bicarakan dengan anak Anda tentang apa yang diharapkan di sekolah baru. Jika dia memasuki sekolah menengah untuk pertama kalinya, bicaralah tentang perbedaan yang akan dia temukan, seperti mengubah kelas, memiliki loker, berganti pakaian dan mandi selama olahraga, dan memilih beberapa programnya. Semakin sedikit kejutan yang ditemukan anak Anda di hari pertama sekolah, semakin baik. Jika ada teman atau tetangga yang menghadiri sekolah yang sama, cobalah mengatur waktu agar anak-anak berkumpul dan berbicara.

New School
Image: Pixabay


6. Memulai awal yang baik

Bahas hal-hal apa yang dirasakan anak Anda akan membantunya memulai awal yang baik pada hari pertama sekolah. Beberapa ide untuk menenangkan saraf di hari-hari terakhir musim panas mungkin termasuk: tur sekolah, menemukan ruang kelas, menemukan lokernya, dan bertemu dengan master. Ide untuk hari besar mungkin adalah sarapan favorit, bangun pagi untuk menghindari kesibukan, memilih pakaian sebelumnya, menyiapkan ranselnya, pergi cukup awal untuk bertemu dengan seorang teman sebelum kelas, atau memiliki waktu untuk mengunjungi anak-anak lain. di pemberhentian bis. Anak-anak yang lebih muda mungkin akan mengatakan mereka ingin Anda mengajak mereka ke kelas, jadi pertimbangkan untuk membuat penyesuaian dengan jadwal Anda jika memungkinkan.

7. Ketakutan atau kekhawatiran

Tanyakan apa yang anak Anda khawatirkan, dan temukan cara untuk menenangkan rasa takut ini. Apakah anak Anda khawatir tentang makan sendirian? Sarankan dia berbicara dengan beberapa orang di kelas tepat sebelum makan siang, lalu berjalan ke kantin bersama. Cemas tentang berdiri karena pakaian yang salah? Lihatlah melalui buku tahunan atau situs web sekolah untuk melihat apa yang anak-anak lain kenakan. Khawatir tentang tersesat? Tur sekolah atau pelajari peta sebelumnya. Takut tidak ada yang mau berbicara dengannya di kantin atau saat istirahat? Kemas beberapa batang granola ekstra atau kudapan sehat lainnya untuk dibagikan.

8. Rencana setelah sekolah

Cari tahu apa yang anak Anda ingin lakukan setelah sekolah pada hari pertama, dan buatlah rencana yang dapat Anda berdua nantikan sepanjang hari. Pastikan Anda melakukan sesuatu yang memungkinkan Anda berbicara tentang hari itu, dan beri tahu dia sebelumnya bahwa Anda ingin sekali mendengar semuanya!

9. Sekolah sebelumnya

Diskusikan hal-hal apa yang disukai anak Anda tentang sekolah lamanya. Lihat situs web sekolah baru, lihat buku tahunan lama di perpustakaan, atau bicaralah dengan siswa dan anggota staf untuk mencari tahu tentang peluang serupa. Ini akan membantu menghubungkan pengalaman positif dan kenangan ke sekolah baru.

10. Tujuan

Tanyakan apa yang diharapkan anak Anda untuk menyelesaikan tahun ajaran ini. Kemudian, bekerja bersama untuk menetapkan sasaran yang dapat dia capai dengan mudah untuk membangun pengalaman positif di sekolah baru. Tujuannya mungkin termasuk:

Mendapatkan 3 teman baru minggu ini.
Dapatkan nilai 100 pada ulangan matematika pertama.
Berpartisipasi dalam pameran sains.
Merasa nyaman di sekolah baru.
Advertisement
10 Cara Agar Anak Betah di Sekolah yang Baru

You Might Also Like: