Apa Itu Bitcoin Cash? BCH vs Bitcoin

Saungmaman.com - Apa Itu Bitcoin Cash? BCH vs Bitcoin

Apa itu Bitcoin Cash? 

Bitcoin Cash muncul sebagai alternatif untuk Bitcoin, dan saat ini antara cryptocurrency paling berharga ketiga dan kedua di dunia dengan kapitalisasi pasar, setelah Bitcoin dan Ethereum. Pendiri Bitcoin Cash menciptakan cryptocurrency alternatif pada 1 Agustus 2017 untuk memerangi kenaikan waktu tunggu transaksi dan biaya pada jaringan Bitcoin asli. Bitcoin Cash meningkatkan jumlah transaksi yang dapat diproses per blok.


Dalam panduan “Apa itu Bitcoin Cash” ini, kita akan membahas sejarah Bitcoin Cash, situasi saat ini, dan bagaimana membandingkannya dengan Bitcoin asli.



Masalahnya: Mengapa Membuat Bitcoin Cash? 

Bukan rahasia bahwa Bitcoin memiliki masalah skalabilitas. Karena mata uang semakin populer, begitu juga jumlah transaksi yang terjadi di jaringan, dan Bitcoin saat ini mendorong batas-batas perangkat lunaknya.

Masalah utamanya adalah Bitcoin memberlakukan batas keras pada ukuran blok, tempat di mana informasi transaksi disimpan. Saat ini, blokir pada blockchain Bitcoin terbatas hingga 1 MB.


Mengapa Bitcoin membatasi jumlah transaksi yang dapat diproses jaringan?

Karena Bitcoin menggunakan buku besar terdistribusi, setiap pengguna di jaringan perlu mengunduh dan menyimpan salinan dari seluruh sejarah transaksi Bitcoin. Membiarkan transaksi tidak terbatas berarti buku besar akan tumbuh menjadi ukuran besar, dan pengguna biasa tidak akan memiliki penyimpanan atau bandwidth komputasi untuk menggunakan jaringan.

Jika transaksi tidak terbatas diizinkan, Bitcoin akan menjadi domain dari beberapa organisasi terpusat dengan kekuatan pemrosesan yang cukup untuk menangani puluhan ribu transaksi baru per detik.

Karena Bitcoin dibuat untuk menghindari institusi terpusat, ini bukan opsi yang menarik.

Batas 1 MB pada ukuran blok yang saat ini ada berarti buku besar transaksi tidak tumbuh terlalu besar terlalu cepat. Pengguna baru dapat dengan mudah mengunduh riwayat transaksi dan bergabung dengan Bitcoin. Namun, batas blok ini juga berarti bahwa ada lebih banyak permintaan untuk transaksi daripada ada ruang di blok untuk menyesuaikan semuanya.

Akibatnya, penambang Bitcoin memungut biaya agar transaksi Anda diprioritaskan dan disertakan lebih cepat. Jika Anda memutuskan untuk tidak membayar biaya, mulai November 2017, transaksi Anda membutuhkan waktu rata-rata sedikit lebih dari 2 jam untuk mendapatkan konfirmasi.


Biaya dan waktu konfirmasi ini juga tampaknya bertolak belakang dengan misi mendemokrasikan pembayaran Bitcoin. Dengan transfer fiat, Anda membayar biaya ke bank. Untuk Bitcoin, membayar biaya kepada penambang tampaknya tidak jauh berbeda, meskipun biayanya bervariasi dan biasanya kurang dari transfer bank.

Pendiri dan komunitas Bitcoin Cash percaya bahwa ukuran blok memang membutuhkan batas, tetapi batas 1 MB adalah arbitrer. Sebaliknya, mereka mengusulkan sistem dengan ukuran blok 8MB, masih masuk akal bagi pengguna baru untuk mengunduh tetapi cukup besar bahwa sistem baru dapat mengakomodasi berkali-kali jumlah transaksi per detik sebagai blockchain Bitcoin asli! Hard Fork: Alternatif Bitcoin dan Komunitas Terbagi

Sebelum memutuskan untuk membuat mata uang baru, orang-orang di balik Bitcoin Cash mengimbau komunitas Bitcoin asli untuk peningkatan ukuran blok. Mereka yang mendukung peningkatan itu mengatakan aksesibilitas yang lebih besar dan ruang untuk tumbuh bagi basis pengguna Bitcoin yang sedang berkembang. 

Namun, ada banyak yang menentang peningkatan, termasuk penambang yang akan kehilangan biaya untuk transaksi, yang mengarah ke penurunan penambangan secara keseluruhan pada blockchain dan menurunkan keamanan sebagai hasilnya. Lawan juga percaya bahwa peningkatan kapasitas jaringan seperti itu akan tetap mengarah pada penyimpanan, bandwidth, dan persyaratan komputasi di luar jangkauan pengguna biasa. 

Sementara kedua kubu mencapai kompromi kecil dalam bentuk BIP 91 dan Segregated Witness, peningkatan yang ditargetkan untuk mengurangi jumlah informasi yang dibutuhkan di dalam blok, argumen tentang peningkatan ukuran blok berlarut-larut selama lebih dari dua tahun.

Akhirnya kedua kubu memutuskan untuk berpisah dalam bentuk garpu yang keras di jaringan Bitcoin. Bitcoin asli akan terus ada dengan batas blok 1 MB. Selain itu, alternatif Bitcoin baru, alias Bitcoin Cash, akan dibuat dengan batas blok 8 MB. Sebuah garpu keras berarti bahwa Bitcoin Cash menyimpan sejarah transaksi yang sama dengan Bitcoin hingga saat pertigaan. Jika Anda memiliki Bitcoin sebelum hard fork, Anda terus memiliki Bitcoin itu, tetapi Anda sekarang menerima jumlah token Bitcoin Cash yang setara dengan garpu baru.

Meskipun secara teknis hampir identik, kedua jaringan tersebut tidak dapat dipertukarkan. Bitcoin Cash baru menerapkan perlindungan replay dan tindakan lain untuk menciptakan dinding keras antara garpu Bitcoin Cash dan Bitcoin,

Bitcoin Cash yang baru menerapkan perlindungan replay dan tindakan lain untuk menciptakan dinding keras antara garpu Bitcoin Cash dan Bitcoin, yang berarti transaksi hanya dapat dilakukan di dalam fork dan bukan di seluruh jaringan. Kedua mata uang berbagi sejarah umum hingga 1 Agustus 2017, tetapi setelah itu mereka benar-benar terpisah.

Akibatnya, Bitcoin Cash memiliki nilai tukar yang berbeda dari Bitcoin, dan tidak semua dompet dan bursa mendukung Bitcoin Cash saat peluncurannya. Namun, pada akhir hari pada tanggal 1 Agustus, Bitcoin Cash adalah mata uang ketiga yang paling berharga di dunia, dalam hal kapitalisasi pasar, dan terus memegang posisi itu pada 13 November 2017 (meskipun sebentar berlalu Ethereum sebagai cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar).

Uang Bitcoin Untuk awal kehidupannya, Bitcoin Cash sebagian besar memperoleh nilainya dari spekulasi bahwa akan mewarisi tahta sebagai raja crypto jika dan ketika krisis skalabilitas Bitcoin menyebabkan mata uang tidak lagi layak. Pendukung paling keras dari Bitcoin Cash percaya itu hanya akan menjadi, "Bitcoin," dan Bitcoin asli akan memudar sebagai Bitcoin Legacy.

Penipuan Bitcoin Cash, di sisi lain, melihat proyek sebagai perpecahan yang tidak perlu bagi komunitas, membagi kelompok inti yang sudah kecil dari orang-orang yang mencintai dan memahami teknologi blockchain menjadi faksi-faksi. Para Penambang: Siapa yang Benar-benar Berpikir

Pada akhirnya, diskusi di forum dan media sosial tentang masa depan Bitcoin dan Bitcoin Cash kurang penting untuk keberhasilan proyek daripada keputusan yang dibuat penambang tentang mata uang baru. Karena Bitcoin Cash hampir identik dengan Bitcoin, selain dari ukuran blok, dua garpu sekarang akan bersaing untuk mendapatkan kekuatan penambangan.

Penambang punya pilihan: mengambil kesempatan pada usaha baru, mungkin menguntungkan dengan risiko yang lebih besar atau tetap dengan model yang dicoba dan diuji di jaringan penambangan Bitcoin asli.

Pada awalnya, Bitcoin Cash mengalami kesulitan karena tingkat kesulitannya masih dikalibrasi dengan kekuatan penambangan jaringan Bitcoin asli. Dengan penurunan mendadak dalam daya komputasi untuk penambangan, butuh waktu hingga 10 jam untuk blok Bitcoin Cash yang akan ditambang sejak dini.

Namun, perangkat lunak Bitcoin (dan, karenanya, Bitcoin Cash) ditulis untuk menyesuaikan kesulitan menambang setiap 2.016 blok. Jika lebih banyak penambang bergabung dengan jaringan, kesulitan akan meningkat sehingga waktu blok tetap kurang lebih sama (~ 10 menit untuk Bitcoin dan Bitcoin Cash). Jika ada penambang lebih sedikit di jaringan, kesulitan akan berkurang.

Masalahnya adalah Bitcoin Cash tidak punya waktu untuk menunggu 2.016 blok untuk pergi sebelum penyesuaian kesulitan. Sebaliknya, mereka menerapkan Penyesuaian Kesulitan Darurat (EDA) yang secara otomatis mengubah kesulitan jika penambangan hashrate (hashrate adalah kekuatan komputasi dari semua komputer penambangan di jaringan) adalah persentase kecil dari apa yang diharapkan.

Selama beberapa minggu pertama Bitcoin Cash, kesulitan blok menurun dengan cepat berkat EDA. Akibatnya, penambangan Bitcoin Cash menjadi lebih menguntungkan, dan penambang mulai bermigrasi dari penambangan Bitcoin ke Bitcoin Cash.

Beberapa penambang ini adalah idealis, yang didedikasikan untuk gagasan solusi skalabilitas Bitcoin Cash. Namun, yang lain tertarik untuk mengakuisisi Bitcoin Cash sebagai kendaraan investasi, dengan harga yang diperkirakan akan naik. Akhirnya, untuk beberapa penambangan Bitcoin Cash adalah peluang bisnis, dan mereka beralih antara penambangan Bitcoin dan Bitcoin Cash, tergantung pada mana yang paling menguntungkan pada saat itu.

SegWit2x dan Negara Kas Bitcoin Saat Ini 

Setelah peluncuran awal dan pompa nilainya, nilai Bitcoin Cash stabil sekitar $ 400 / BCH.


Namun, dalam beberapa minggu terakhir Bitcoin Cash telah meningkat, dan berita dari 9 November tentang kemunduran dalam perencanaan skalabilitas Bitcoin hanya memicu permintaan untuk Bitcoin Cash.

Bitcoin Cash adalah salah satu jawaban untuk masalah skalabilitas Bitcoin, tetapi komunitas Bitcoin bekerja keras memikirkan cara lain untuk meningkatkan skalabilitas.

Yang pertama datang dengan pelaksanaan Segregated Witness (SegWit), struktur blok baru yang memisahkan tanda verifikasi dari informasi transaksi yang terkandung dalam blok, mengurangi ruang yang dibutuhkan per transaksi dan meningkatkan transaksi per blok. SegWit diimplementasikan sebagai pembaruan opsional yang digerakkan oleh pengguna. Ini berarti bahwa penambang dapat memilih apakah akan menambang blok tradisional atau Segwit. Setelah adopsi mencapai 95%, SegWit akan dianggap sepenuhnya diadopsi. Saat ini, adopsi SegWit sekitar 12%.

Setelah SegWit ditayangkan, langkah berikutnya dalam meningkatkan skalabilitas Bitcoin adalah meningkatkan ukuran blok, bukan menjadi 8 MB seperti Bitcoin Cash, tetapi menjadi 2 MB, secara efektif menggandakan ukuran blok.

Penggandaan ini dikenal sebagai SegWit2x, dan itu secara luas dianggap sebagai jalan ke depan untuk Bitcoin, dengan pengguna mempersiapkan garpu keras untuk memperkenalkan teknologi pada bulan November. Namun, sekelompok bisnis dan penambangan menarik dukungan untuk SegWit2x, pada dasarnya menutup harapan untuk adopsi.

This article by Bennett Garner was originally published at CoinCentral.com

Advertisement
Apa Itu Bitcoin Cash? BCH vs Bitcoin

You Might Also Like:

Buka Komentar
Loading...