Sejarah Singkat Bitcoin Futures dan Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya

Saung Maman - Sejarah Singkat Bitcoin Futures dan Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya

Bitcoin futures adalah perkembangan yang relatif baru mengikuti persetujuan regulator pada akhir 2018. Mereka memungkinkan perdagangan melawan nilai Bitcoin masa depan tetapi tanpa menggunakan pertukaran. Pengenalan bitcoin futures telah memberikan beberapa perkembangan menarik selama tahun ini. Di sini, kami membawa Anda melalui sejarah singkat dari bitcoin futures sejak perkenalan mereka dan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya.


Apakah Bitcoin Futures?

Pertama, untuk kepentingan siapa saja yang mungkin berkaca pada istilah keuangan, apa masa depan bitcoin?

Dalam kontrak berjangka, dua pihak setuju untuk memperdagangkan suatu komoditas dengan harga yang disepakati pada tanggal yang akan datang. Jadi misalnya, pikirkan seorang petani yang menjual tanaman gandum di awal musim tanam. Jika harga gandum turun antara sekarang dan ketika dia panen, dia kehabisan uang.

Para pembeli gandum berada di posisi yang sama tetapi di sisi lain dari persamaan. Jika harga gandum naik, mereka bisa menemukan produk mereka mengalami kerugian.

Futures adalah cara melindungi terhadap fluktuasi ini. Pembeli dan penjual setuju untuk membuat perdagangan tertentu dengan harga dan tanggal tetap yang disepakati di masa mendatang. Perjanjian adalah kontrak yang mengikat secara hukum di mana para pihak harus menyimpulkan pembelian tanpa menghiraukan pemenang atau pecundang.

Pedagang keuangan menggunakan sistem berjangka sebagai cara berspekulasi tentang harga masa depan suatu aset. Jika mereka yakin harga akan naik, maka membeli aset dengan harga masa depan yang tetap memungkinkan seorang pedagang untuk menjual aset-aset itu, atau kontrak berjangka itu sendiri, dengan harga yang lebih tinggi ketika harga pasar naik. Ini adalah bisnis yang berisiko dan menghasilkan laba bergantung pada pemahaman mendalam tentang fluktuasi pasar.

Bitcoin futures berfungsi dengan cara yang sama. Dengan membeli dan menjual kontrak berjangka bitcoin, investor dapat berspekulasi tentang nilai masa depan bitcoin tanpa harus benar-benar memiliki aset.

Sejarah Singkat Bitcoin Futures

Bitcoin futures telah ada untuk sementara sebelum 2018 tetapi hanya ditukar dengan pertukaran crypto sebagai aset yang tidak diatur. Bitcoin berjangka yang teregulasi diperkenalkan pada akhir tahun 2017. Dalam satu minggu di bulan Desember, dua bursa berjangka terkemuka, Chicago Board Options Exchange (Cboe) dan Chicago Mercantile Exchange (CME), keduanya memulai perdagangan berjangka berdasarkan bitcoin.

Komunitas keuangan yang lebih luas menyambut pengenalan bitcoin berjangka. Ini adalah kesempatan pertama untuk terlibat dalam perdagangan bitcoin tanpa harus benar-benar memiliki. Ini juga menawarkan keamanan pelindung dan legitimasi regulasi.

Selain itu, perdagangan berjangka bitcoin memiliki manfaat bagi investor di negara-negara yang telah melarang perdagangan bitcoin. Ini karena perdagangan berjangka tidak berarti perdagangan bitcoin itu sendiri.

Komunitas crypto juga memiliki lonjakan kegembiraan awal pada pengenalan bitcoin futures. Diperkirakan bahwa pasar bisa melihat peningkatan likuiditas dari masuknya investasi baru.
Baca juga: Bagaimana Protokol Sentinel Dapat Melindungi Anda dari Penipuan Crypto
Harga bitcoin terus meningkat sebelum acara ini, situs web Cboe jatuh pada hari yang sama dengan saat perdagangan bitcoin futures dibuka, dan harga bitcoin meningkat 10 persen.

Ketika CME membuka perdagangan berjangka bitcoin seminggu kemudian, bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang waktu lebih dari $ 20k USD. Meskipun, seperti yang kita semua ketahui, ini tidak bertahan lama.

Kemudian ketika harga bitcoin merosot terus selama beberapa bulan pertama 2018, banyak berita mulai berspekulasi tentang apakah pengenalan berjangka bitcoin telah melakukan lebih banyak kerugian daripada yang baik. WSJ merilis sebuah analisis pada bulan Januari yang menunjukkan sementara investor yang lebih kecil pada harga bitcoin, investor institusi perdagangan di bitcoin berjangka mendorong harga turun.

Pada bulan Mei, Federal Reserve Bank of San Francisco merilis sebuah surat yang menunjukkan bahwa inflasi bitcoin yang cepat telah didorong oleh investor optimis yang yakin pasar bisa terus tumbuh. Surat itu melanjutkan dengan menunjukkan bahwa pengenalan bitcoin futures telah memberikan investor pesimis dengan cara memendekkan pasar untuk bitcoin. Cara menyingkat seperti itu sebelumnya tidak ada.

Meskipun sangat mungkin bahwa pengenalan berjangka bitcoin yang diatur menyebabkan penurunan harga pasar, volume perdagangan tidak harus bergantung pada teori ini. CME Group tweeted pada bulan Juli bahwa statistik perdagangan kuartal kedua mereka menunjukkan peningkatan volume harian rata-rata 93 persen selama kuartal pertama.

Kuartal pertama 2018 jelas lebih tidak stabil untuk Bitcoin daripada yang kedua.

Jika teori Fed benar, peningkatan tajam dalam perdagangan berjangka bitcoin seharusnya berdampak nilai Bitcoin lebih signifikan pada kuartal kedua 2018 daripada yang pertama. Khususnya jika korslet adalah tren. Namun, grafik harga Bitcoin untuk 2018 jelas menunjukkan fluktuasi pasar paling curam selama kuartal pertama.

Selain itu, volume perdagangan bitcoin futures secara keseluruhan telah dilihat sebagai lamban, bahkan sejak awal peluncurannya pada bulan Desember. Ini adalah lompatan besar untuk menganggap volume transaksi yang rendah dapat mendorong penurunan harga yang signifikan.

Masa Depan untuk Bitcoin Futures: Pemukiman Fisik Mengaktifkan ETF Bitcoin?

CME dan Cboe memperkenalkan futures bitcoin cash-setted berdasarkan harga bitcoin pada pertukaran crypto. Namun, pertukaran kripto tetap tidak diatur. Perkembangan besar berikutnya dalam perjalanan berjangka bitcoin adalah pengenalan kontrak berjangka yang diatur secara fisik dan diselesaikan secara fisik.

The Intercontinental Exchange (ICE) yang memiliki NYSE, telah membentuk startup bernama Bakkt, yang akan meluncurkan futures yang menetap dengan bitcoin yang sebenarnya. Ini adalah evolusi lebih lanjut dalam bitcoin futures yang lebih baik memenuhi persyaratan regulator. Bakkt telah mengumumkan akan meluncurkan penawaran berjangka bitcoin pada bulan Desember tahun ini.

Dengan sendirinya, ini bisa menjadi langkah yang menarik investasi institusional lebih lanjut ke pasar bitcoin. Namun, ada spekulasi bahwa pengenalan berjangka yang diselesaikan secara fisik dapat membantu SEC AS menyetujui ETF Bitcoin. Selama penolakan sebelumnya, SEC menyebutkan ketergantungan crypto pada pertukaran yang tidak diatur dan ukuran keseluruhan pasar bitcoin sebagai alasan untuk menolak ETF bitcoin. Masa depan yang terselesaikan secara fisik juga dapat menyuntikkan likuiditas ke pasar, yang berarti bahwa Bakkt meruntuhkan hambatan untuk persetujuan SEC.

Penutup

2018 telah menjadi tahun pertama dari bitcoin berjangka yang diatur, dan ceritanya masih jauh dari selesai. Pengenalan bitcoin futures bisa menjadi awal dari cerita sejarah yang menarik. Di tahun-tahun mendatang, evolusi mereka dapat menggambarkan bagaimana bitcoin dan mata uang digital lainnya pada akhirnya dianut oleh pasar keuangan mainstream.

Featured image courtesy of Pixabay. 

This article by Sarah Rothrie was originally published at CoinCentral
Advertisement
Sejarah Singkat Bitcoin Futures dan Apa yang Akan Terjadi Selanjutnya

You Might Also Like:

Buka Komentar