Kenali 5 Post Covid Syndrome yang Paling Sering Dirasakan

By SaungMaman

Post Covid Syndrome adalah kondisi fisik atau gejala yang dirasakan setelah pasien dinyatakan bebas dari virus Covid-19. Banyak dari sekian penderita yang telah dinyatakan sembuh dari Covid mengalami Post Covid Syndrome. 

Post Covid Syndrome
Kenali 5 Post Covid Syndrome yang Paling Sering Dirasakan | Pixabay
Dilansir dari Kompas.com, berikut ini adalah 5 gejala post Covid yang paling sering dirasakan oleh penyintas Covid:

1. Fatigue atau merasakan kelelahan. Dialami oleh sekitar 58% pasien dibanding gejala lainnya. 

2. Sakit kepala, meliputi 44% pada Meta-analisis

3. Gangguan atensi atau kehilangan fokus, di alami oleh sekitar 27% pasien. 

4. Hair lose atau mengalami kerontokan rambut sekitar 25%.

5. Dyspnea atau gangguan sesak nafas menunjukkan angka 24%.

Gejala rambut rontok banyak di alami meskipun berada di urutan paling bawah. Tidak hanya pada kaum perempuan namun banyak juga kaum laki-laki yang mengeluhkan kerontokan rambut setelah sembuh dari Covid-19. 

Disamping gejala klinis berupa Post Covid Syndrome, ada juga yang mengalami gejala laboratoris yang ditandai dengan hasil rontgen sinar X yang masih belum normal walaupun sudah dinyatakan negatif Covid-19. 

Terkait dengan gangguan pernafasan, biasanya ditandai dengan batuk, nyeri dada dan penurunan kapasitas paru-paru. Kondisi ini bisa di lihat dari kemampuan seseorang dalam beraktifitas sebelum terkena Covid. Misalnya kalau sebelum terpapar virus Covid mampu menaiki 5 anak tangga, namun setelah sembuh dari Covid hanya sanggup menaiki 2 anak tangga saja. 

Pada sistem kardiovaskular juga ada gangguan pada irama jantung atau peregangan pada otot jantung. 

Selain itu pada beberapa pasien Post Covid ada juga yang mengalami demensia atau gangguan memori, depresi, anxietas dan obsesif. 

Sekedar informasi bahwa data Post Covid Syndrome dirangkum dan dipublikasi oleh Meta-analisis. Meta-analisis merupakan gabungan dari beberapa penelitian-penelitian kecil. 

Kenali 5 Post Covid Syndrome yang Paling Sering Dirasakan

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: