4 Tips Meningkatkan Performa Blog dengan Cepat

By SaungMaman

Pandemi Covid-19 masih belum selesai, segala sesuatunya berjalan melambat dan beralih ke era digital yang serba online. Begitupun urusan bisnis, suka tidak suka untuk bisa terus berkembang, maka membutuhkan sarana yang tepat di ranah maya untuk menjadi tempat menjalankan berbagai jenis usaha. 

Berada di rumah untuk jangka waktu cukup lama, adalah saat yang paling memungkinkan untuk menjalankan usaha dengan memanfaatkan sarana internet. Memiliki sebuah blog atau website, selayaknya sudah menjadi suatu keharusan bila kamu ingin bisa tetap eksis dalam usaha yang kamu jalankan.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang cara menghasilkan uang dari blog, ada baiknya membca postingan berikut ini:


4 Tips Meningkatkan Performa Blog dengan Cepat
Namun, tidak semua orang yang bergelut dalam bisnis secara online mengerti tentang bagaimana cara meningkatkan performa blog atau websitenya agar bisa bersaing. Bagi kamu yang sedang mencari cara meningkatkan performa blog dengan cepat, di artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya. Untuk itu, tetap lanjutkan membaca, ya... 

Untuk meningkatkan performa situs web/blog dengan cepat, setidaknya ada 5 hal penting yang harus kamu lakukan. Berikut uraian selengkapnya:

#1. Perbaiki struktur blog

Cara yang relatif cepat untuk meningkatkan performa blog adalah dengan memperbaiki struktur tautan internal. Jika blog yang kamu kelola memiliki struktur tautan internal yang relevan dan mudah dipahami, maka besar kemungkinan akan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari. Struktur tautan internal yang baik akan memudahkan Google memahami blog kamu dan mudah menemukan halaman mana yang paling menonjol. 

Cara yang tepat untuk melakukan hal ini, tergantung pada jenis atau tema blog. Misalnya blog yang membahas tentang tutorial blogging, maka perbanyak artikel jenis ini dengan memaksimalkan link tautan internal ke semua artikel yang membahas tentang tutorial blogging. 

#2. Maksimalkan halaman terpenting dalam blog kamu

Artikel berkualitas tetap menjadi kebutuhan yang utama. Jadi berusahalah memaksimalkan halaman atau konten unggulan yang ada di blog kamu. Bila memiliki waktu luang, pahami dan temukan topik apa yang paling sering dicari oleh pembaca, lalu lengkapi data-data yang ada dengan menambahkan referensi dari sumber yang bisa dipercaya. 

Cara paling cepat untuk memaksimalkan halaman unggulan adalah dengan melihat ikhtisar postingan yang paling banyak dibaca. Dengan mengamati konten unggulan kamu bisa mengetahui bahwa konten tersebut memiliki jumlah pembaca yang cukup banyak dan layak untuk dioptimalkan. 

Baca juga:


 

#3. Tingkatkan kecepatan situs blog kamu

Kecepatan situs (loading) saat membuka halaman memainkan peranan yang cukup penting dalam SEO. Maka bila kamu ingin meningkatkan kualitas blog, kecepatan blog merupakan salah satu aspek yang harus menjadi prioritas utama. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loading blog diantaranya: Menginstal plugin,  misalnya. Kamu bisa memanfaatkan plugin gratis maupun berbayar. Plugin ini bisa mempercepat loading blog secara signifikan. Meminimalisir penggunaan gambar dengan resolusi yang lebih rendah, kamu bisa mencoba layanan jpeg.io untuk mengecilkan gambar. 

#4. Tambahkan beberapa data terstruktur

Data yang terstruktur dengan baik dan rapi, memudahkan mesin pencari saat merayapi situs blog kamu. Apalagi bila data terstruktur kamu mendapatkan hadiah dari Google dengan menambahkan 'sitelink' di mesin pencari, tentunya ini merupakan salah satu nilai tambah yang akan membutuhkan performa blog kamu lebih diperhitungkan. 

Demikian pembahasan mengenai 4 Tips Meningkatkan Performa Blog dengan Cepat kali ini, semoga bermanfaat. 


4 Tips Meningkatkan Performa Blog dengan Cepat

You Might Also Like:

Tidak ada komentar:

Postingan Terbaru