Pengertian Sanitasi Adalah dan Manfaatnya

By SaungMaman

Sanitasi adalah pengawasan faktor lingkungan yang akan memberikan dampak langsung pada manusia. Baik itu fisik, kesehatan, dan juga kelangsungan hidup yang dipunyai oleh manusia akan berdampak dan merupakan faktor yang diawasi dari sanitasi. Sehingga dengan mempunyai sanitasi yang sehat tentunya akan memberikan dampak yang bagus untuk lingkungan dan kesehatan manusia pada umumnya. Hal tersebut juga akan berbalik sebaliknya yang akan memberikan dampak kurang baik apabila sanitasi tidak diurus dengan baik.

Pengertian Sanitasi Adalah | Sumber gambar: Pixabay.com
Ada banyak hal yang termasuk ke dalam sanitasi yang mempunyai dampak langsung pada kehidupan manusia. Seperti faktor lingkungan, air, udara, tanah, rumah, dan juga benda mati. Selain itu juga ada jenis sanitasi lainnya seperti toilet, selokan, sungai, air limbah, dan lainnya. Sehingga apabila diurus i dengan baik maka juga akan memberikan dampak yang baik bagi manusia maupun lingkungan.

Adapun ketika berhasil untuk menjaga sanitasi dengan baik akan memberikan dampak atau manfaat yang baik seperti berikut ini:
  • Apabila mempunyai sanitasi yang baik akan membantu untuk mencegah penularan penyakit. Hal ini penting sekali karena sanitasi yang buruk juga bisa membuat kesehatan terganggu.
  • Dengan sanitasi yang baik akan mengurangi dan bahkan mencegah mengalami malnutrisi.
  • Dengan sanitasi yang baik dapat untuk menghndari bau yang tidak sedap dapat timbul di lingkungan.
  • Dengan sanitasi yang baik dapat untuk menghindari adanya pencemaran yang berbahaya.
  • Dengan sanitasi yang baik dapt mengurangi presentase orang yang jatuh sakit.
  • Dapat membuat lingkungan menjadi lebih sehat, bersih, dan juga nyaman.
  • Dapat untuk dimanfaatkan untuk energi terbarukan dari limbah yang dipunya.
  • Dapat untuk mencegah adanya kelanganan air akibat pencemaran terjadi.

Agar sanitasi tetap terjaga dengan baik bagi lingkungan, usaha tentunya perlu untuk mempraktikkan hal tersebut. Sehingga dengan B20 Indonesia 2022 yang merupakan penghargaan pada bisnis dan UMKM dari Indonesia Sustainability yang memperhatikan masalah lingkungan dapat menjaga lingkungan. Terdapat kategori “Improving Access to Clean Water” yang diberikan untuk bisnis yang memperhatikan mengenai air dengan sanitasi yang baik. Info selengkapnya mengenai award dan kategori tersebut bisa dilihat di https://indonesiasustainability.com/.

Pengertian Sanitasi Adalah dan Manfaatnya

You Might Also Like:

Tidak ada komentar: