Tips Menulis Artikel Berkualitas

Menjadi seorang blogger pekerjaannya adalah menulis. Apa yang ditulisnya? Apa saja terserah yang punya blog, weeekk.. :D. Namun ada kalanya seorang blogger menemui jalan buntu saat hendak menulis artikel, mentok kehabisan ide, nah lho! Sobat juga sering ngalamin 'kan?

Membaca blog seorang teman saya menemukan kalimat begini: Jika anda dapat berpidato dengan lancar, itu karena isi atau materi yang akan anda sampaikan telah tersusun dengan rapi dan telah dipersiapkan dengan matang. Begitu pula dengan menulis.

Menulis adalah sebuah aktivitas yang disengaja. meskipun bisa saja lahirnya dari kondisi yang tidak disengaja. Misalnya mempunyai pacar baru (lalu timbul ide untuk menulis puisi cinta, cieeeee...) atau habis naik gaji atau jabatan, lalu posting di blog biar keliatan kereeeennn....(pamer!) atau bisa juga dapat ide untuk pengembangan kualitas konten blog dan lain-lain. Menulis adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan niat dan kemauan, karena segala sesuatu yang dilakukan dengan rasa suka dan dibarengi dengan niat yang tulus tentunya akan menghasilkan karya yang bagus.

Jadi apa point-nya? Menulis tidak akan berefek apa-apa bila kita melakukannya tanpa persiapan yang matang. Jadinya hanya lurus, gak memiliki greget dan biasa-biasa saja, ibaratnya seperti sayur tanpa garam, alias hambar. Lama-lama bosan sendiri dan akhirnya gak jadi menulis, sayang 'kan?

Kembali ke soal kehabisan ide. Mungkin mungkin maksudnya adalah ketika menulis, sedikit sekali yang bisa dituangkan, sehingga yang tertulis pun sedikit karena mentok, tidak tahu lagi apa yang harus dituliskan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal, diantaranya: belum matangnya poin-poin yang hendak disampaikan, kurangnya informasi dan jenuh. Jenuh? Iya, otak yang sudah jenuh tidak bisa bekerja maksimal bila terus dipaksakan.

Lalu apa dong solusinya biar bisa menulis dengan baik dan berkualitas? Ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan agar kualitas tulisan kita menjadi lebih baik, diantaranya:

1. Lakukan persiapan secara matang, baik materi maupun pokok masalah yang ingin sobat tuangkan. Materi tulisan bisa berasal dari pertanyaan: "Apa  ya, yang dicari para pembaca blog?" atau "Informasi apa ya, yang sedang trend saat ini dan ingin diketahui oleh para pembaca?"

2. Ide menulis paling banyak berasal dari pengalaman pribadi. Maka setiap kejadian yang kita alami, tuliskanlah dalam secarik kertas sebagai bahan pengingat. Yang ringan-ringan saja, hindari menulis hal-hal yang sekiranya memberatkan dan tidak kita pahami

3. Lakukan research atau pendalaman materi  tentang  topik yang ingin kita bahas untuk memperluas wawasan dari berbagai sudut pandang. Bahkan ketika tidak  sedang menulispun biasakan mempelajari topik-topik yang disukai melalui berbagai media. Membaca merupakan poin penting yang dapat memperkaya pengetahuan. Orang yang suka menulis pasti suka membaca.

4. Kumpulkan ide-ide yang berceceran, buat catatan-coretan kecil, rangkum menjadi satu-kesatuan setelah sesuai keinginan, lakukan persiapan terakhir mulai dari kelengkapan alat tulis, secangkir kopi bila perlu dan jangan lupa siapkan fisik dan mental, haha..kayak mau perang aja!

5. Dengan melakukan pokok-pokok bahasan diatas, tibalah kita melakukan langkah terakhir, Mulai menulis. Tanyakan pada diri sendiri, apakah pokok-pokok pembahasan tadi sudah ada jawabannya? Apakah para pembaca akan tertarik untuk membacanya? Apakah artikel yang kita tulis ini bermanfaat? Bila sudah menemukan jawabannya dapat dipastikan pembaca tidak ingin melewatkannya karena informasi yang kita berikan sangat ingin mereka ketahui dan dapat memberi manfaat.

6. Setelah semuanya oke, mulailah menulis. Setelah memaparkan berbagai permasalahan dan menemukan jawaban-jawabannya, maka sobat tidak perlu berpikir terlalu berat, santai saja. Hanya mengingat, merancang dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Setelah selesai lakukan cek and ricek. Bilamana ada yang dirasa tidak terlalu penting maka edit atau hilangkanlah.

7. Jika saat menulis sobat menemui jalan buntu, berhentilah sejenak, tinggalkan laptop, berjalanlah keluar sebentar, hirup udara segar, tarik napas pelan-pelan dan rileks. Rasakan perbedaanya, anda akan kembali segar dan ide-ide akan segera muncul dengan derasnya.

8. Poin terakhir, ini yang tidak kalah penting yatu cheking. Apakah tulisan sudah siap untuk diterbitkan? Apakah masih ada yang kurang? Jangan terburu-buru. Apabila ada yang terlewatkan, jangan publish dulu. Saatnya melakukan review. Apakah sobat puas membacanya? Jangan ragu untuk menilai karya sendiri, setelah itu serahkan kepada pembaca untuk menilainya.

Saya rasa sekian saja tulisan saya kali ini. Tidak heran jika ada ungkapan, a blogger is an author... Seorang blogger adalah seorang penulis (seseorang yg memiliki otoritas). Sungguh aneh bukan jika mengaku blogger, tapi gak punya tulisan alias mengandalkan tulisan orang lain?

Sobat sudah siap? Mulailah menulis, menulis dengan ide dan kreatifitas sendiri itu lebih mulia daripada sekedar copy paste dari hasil karya orang lain.

Salam.
Tips Menulis Artikel Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Maman Achman
Mangadul Ganteng said...

bener mas ceking penting banget. saya yang jarang cek pas waktunya di cek tapi udah terbit waduh. jadi males benerin. :D

Iman Lukman NulHakim said...

Tipsnya sangat bermanfaat sekali nih, soalnya saya lagi belajar membuat artikel yang berkualitas :)
Saya setuju tuh mas dengan nomer 8 ...

Maman Achman said...

yup.. great mang adul, cheking itu point penting juga loh, sebelum publish

Maman Achman said...

Iya Kang Lukman, penting bgt tuh no. 8

Dwi Sugiarto said...

Tulisan berkualitas merupakan hasil latihan menulis terus menerus jadi yang penting jangan takut untuk menulis karena semakin sering menulis tulisan akan semakin baik jangan lupa PEDE

Maman Achman said...

Ya mas Dwi, semakin sering kita rajin menulis semakin terlatih ya, trims sudah berkenan mampir kesini..

TABUH GONG said...

Ya yang namanya manusia itu kadang memang muncul rasa bosan lalu frustrasi karena sulit kobsen untuk bikin pos, lumrah tapi kalo kita maksa otak kita untuk berpikir keras itu nasnti ug askan menghadilkan banyak ide.
Dalam keadaan kerpepet biasanya muncul ide cemerlang !!

Maman Achman said...

betul jug pendapat mas, saya juga pernah ngalamin hal seperti itu

Defi Purnama said...

Tipsnya perlu saya terapin nih mas. Kadang ide buat menulis itu hilang muncul hilang muncul hehe

Maman Achman said...

iya mas Defi silahkan di coba, saya aja nulis blog ini mulai jam 4 pagi begitu ada ide langsung sikaaat, hehe..

Kang Nurul Iman said...

Hmm gimana ya kang kan kalau artikel saya tidak pernah saya alami hampir semua itu apakah masuk ke artikel yang berkualitas tapi saya baru tau loh tipsnya terima kasih kang muantappp sekali tipsnya.

Maman Achman said...

Itu tergantung tema-nya Kang Nurul, tidak semua artikel berdasarkan pengalaman, sejauh pengamatan saya blog Kang Nurul sudah cukup bagus, koq..

Dedy Akas said...

Yang nomor 7 Mas...
Dijamin berhasil... saya sering coba soalnya...
Dan selalu happy blogging...
Salam,

Maman Achman said...

Mantabs Kang Dedy, itu juga sering saya lakukan dan lumayan meanjur buat ngilangin rasa jenuh saat menulis, mksh kang kunjungannya.

Diar Nurhakim said...

Tips menulisnya berbeda dengan yang sudah-sudah pernah saya baca juga, dan ini jadi menambah referensi juga nih kang,,, bagus nih,,, setuju dengan semua poin-poinnya, dan khusus untuk yang nomor 3, pendalaman materi itu ide yang sangat bagus tuh Kanggg,,,, siiiipppp :)

Maman Achman said...

hello Kang Diar, syukurlah kalau ada sedikit saja dari tulisan saya ini yang bisa "dicomot", untuk dijadikan bahan referensi, semoga bermanfaat.

IGTKI Kembangan said...

Nah ini dia nie kang yang ampe sekarang masih jadi kendala buat saya, terkadang begitu banyak ide yang ingin saya jadikan bahan postingan cuma kadang suka kebingungan sendiri bagaimana cara menuangkan ke dalam bentuk tulisan.

IGTKI Kembangan said...

sepertinya untuk dapat menulis artikel berkualitas harus rajin-rajin berlatih secara konsisten kali yah kang, tapi sekarang ini saya lebih ingin mengikuti sarannya Mang Lembu, jangan terlalu kaku dalam membuat sebuah tulisan yang pada akhirnya membuat saya kesulitan sendiri, seharusnya mengalir aja seperti air. Ketika ada ide mungkin alangkah baiknya jika langsung dituangkan ke dalam postingan

IGTKI Kembangan said...

iya bener kang, mungkin mulai dari sekarang saya juga harus sering-sering berlatih menulis nie

Maman Achman said...

Ide Mang Lembu/ desacilembu.com boleh juga, kang, memang betul ada banyak cara untuk menulis, tergantung kebutuhan dan kemampuan si penulis masing-masing, tulisan saya hanya sebagian kecil saja yang bisa saya share sebagai bahan referensi

Maman Achman said...

Kalau saya, setelah data2 dan bahan referensi yang saya kumpulkan sudah lengkap semua, langsung saya kerjakan, kapanpun itu selagi saya sempat.

Maman Achman said...

ayo kang.. sama2 berlomba menulis, siapa tahu nanti dapat "hadiah" dari mbah google, bila tulisan kita bagus, hehe..

hendri hendriyana said...

saya juga lagi menggiatkan untuk menulis yang lebih baik, tapi saya percaya tulisan yang baik mampu membuat pikiran pembaca masuk ke dalam pembahasan kita. namun cukup sulit juga sih mas, yaang intinya seperti point 3 kita harus lebih memperdalam materi dan harus terus belajar. terimakasih artikelnya

Maman Achman said...

Iya Mas Hendri, menggiatkan untuk menulis yang lebih baik, saya suka kalimat ini, mari kita terus belajar. trims ya masukannya.

Cilembu thea said...

waduh sebegitu banyaknya aturan main untukdapat menulis artikel yang berkualitas teh ya, makanya saya mah males kualitas-kualitasan mah ah...mendingan nulis seenak udel saya ajah,yang penting udelnya enak...eh...dollarnya banyak...titik.
hehehe...

Effendi Nurdiaman said...

tipsnya sangat berguna untuk saya yg baru belajar

Yuniar HMS. Islamiyati said...

Makasihn banyak ya kak, tipsnya bermanfaat banget. Apalagi point nomor dua, hihi baper gitu.

Wong Crewchild said...

langkah yang sangat baik untuk menulis artikel, saya biasanya sulit banget meluangkan waktu menulis, jadi seringnya sekena aja

Maman Achman said...

wah kalau ci mamang mah jangan tanya soal menulis, udah jagonya, hehe..

oya mang mksh sarannya, saya juga merasa risih dgn iklan popup yang saya pasang, dan sdh saya remove dari minggu kemarin, tapi tetep muncul, gmn dong mang? ada cara jitu gak buat ngilanginnya?

Maman Achman said...

Sama2 Mas Effendi, semoga bermanfaat ya

Maman Achman said...

Hello Mbak Yuniar, terimakasih kembali, take action yaa, semoga blognya makin ramai pengunjung :)

Maman Achman said...

Hello Mas Wong Crewchild, pa kbr? saya juga kadang2 begitu, hihihi...

danar miswari said...

makasi informasinya mas, jadi makin terinspirasi dalam menulis artikel dan makin mendapat wawasan luas :)

Maman Achman said...

masama mas Danar, terus menulis ya, jangan bosan, hehe..

Mangadul Ganteng said...

makasih mas udah di ingetin

Mangadul Ganteng said...

poin 7 penting juga mas. biar g stess

Bloggerpedia ID said...

ini lengkap penjelasannya mas :)

Maman Achman said...

Iya mas, tinggal menerapkan aja sesuai keinginan kita

Maman Achman said...

Siiip MangAdul.. Ayo sekolah, eh ayoo menulis, hehe..

Maman Achman said...

betul MangAdul, ngopi dulu.. ngopi.... :D

Willova said...

Wah bener banget tuh.. kadang dalam menulis artikel suka kehabisan ide buat bahan. Tapi semuanya tergantung dari cara penyampaian sih menurut aku pribadi. Walaupun topiknya ringan tapi kalau dikemas dengan apik dan asyik pasti bakalan bikin pembacanya betah

Rahayu Wiandra said...

Suka bangettt sama penyampaian kata-katamu mas, mas maman jago nulis puisi atau kata manis juga nih sepertinya.
yup, byk membaca memperkaya pengetahuan.
Thanks mas tips-tipsnya patut dicoba nih.

Rahayu Wiandra said...

eh, btw template kita sama ya mas. hehe
cuma widget nya aja yg beda. perdana juga nongol disini. salam kenal mas :)
Salam dari Riau, salam ngeblogg. Salam semangatttt :)

Maman Achman said...

Mksh Non Rahayu, aduh.. saya jadi ge-er nih, hehe.. biasa aja koq, kebetulan, saya memang suka menulis sejak lama..
iya, templetnya sama, ya.. toss dulu dong, ahh..
Salam semangat juga..

Cilembu thea said...

udah nyaman dan makin betah deh nih si saya yang keren (banyak pisan) ini nongkrong disini, bisa ngopi sambil ngadaweung ningali gadis tetangga yang jidatnya licin-licin tea euy...sekarang mah

sip lah

Cilembu thea said...

tebang bilang makasih doang...idiih nggak ada malunya mang adul mah ih...segala ngaku ganteng pulak..huh

Maman Achman said...

iyah mang, berkat saran dari mamang, subuh2 saya cari tah si POPUP-teh dan ketemu dideket "body" langsung saya usir mang, hatur nuhun ah...

Maman Achman said...

Hello Willova, terimakasih attensinya. Memang setiap penulis punya gaya sendiri-sendiri, ada yang suka gaya dangdut, atau keroncong, dll tergantung kesukaannya, hehe....

Irham Sya'roni said...

Serius, saya harus belajar banyak dari artikel di atas agar tulisan-tulisan saya semakin berkualitas. Makasih banyak, ya, Mas. *Langsung mraktekin ah... :)

Maman Achman said...

yupz, mari mas Irham.. kita sama-sama belajar, biar pintarnya sama-sama juga, hehe... mksh sudah mampir.

Indra DP said...

siip tipsnya mas, coba aku praktekan biar lebih profesional lagi dalam menulis artikel

i Jeverson said...

ide memang awal dari segalanya. kalau sudah punya, ide, tinggal dikembangkan dengan gaya sendiri. dan jangan lupa melakukan research sebagai bahan masukan, biar semakin oke tulisannya. hohoho

Debe dilacious said...

harus preview dulu ya mas biar gak ada typo,hehe

Maman Achman said...

Hello Mas Indra, silahkan dicoba yah, biar blog Kang Indra yang sudah bagus jadi tambah kereeenn... :)

Maman Achman said...

Hello I Jeverson, terimakasih masukannya dan salam kenal yah, research sebagai bahan masukan memang sangat penting dalam penulisan sebuah artikel.

Maman Achman said...

Iya Mbak Debe, itu yang terkadang kita lupa, melakukan preview sebelum publish.

Anisayu Nastutik said...

Ceking
Itu penting
Agar yang salah tak terposting

:)

Anisayu Nastutik said...

Artikelku hanya puisi
Menjalankan hobi
Namun tipsmu menginspirasi
Dapatkan ide terus bersemi...

Maman Achman said...

yang ganteng cuma mang lembu kan?

*duduk manis nunggu kiriman ubi... wkwkwwkaa

Non Anis, betul non, repot kan kalau salah posting..

Maman Achman said...

Bagus itu non, kumpulkan menjadi sebuah buku, siapa tahu ada penerbit yang berminat menerbitkannya :)

Indra Kusuma Sejati said...

Menulis tanpa ide yang dikembangkan dari sudut unik dan kreatif juga enak ko kang, namun inti dari kesemuanya itu bagi blogger mungkin satu sih, jangan pernah takut salah, karena semakin banyak kita buat kesalahan bukan berarti membuat diri kita bodoh.

Dan yang terpenting bukanlah menjadi pintar, namun yang paling sulit kita mengetahui seberapa anyaknya elemahan-kelemahan kita dalam menerapkannya.

Itu sih kata bapake nyong kang.... ha,,,, ha,, ha,,

Maman Achman said...

hahahaha... mantap Kang Indra, saya terimah masukannya dengan senang hati, karena tanpa anda-anda semua sayah bukanlah siapa-siapa.. XD

yanto cungkup said...

wah saya malah suka nulis sesuka udel nih mas, jarang melakukan hal2 diatas padahal sangat diperlukan didalam mengurus blog ya.

setelah ini akan coba saya perhatikan point2 diatas mas

yanto cungkup said...

ini saya sekarang juga lg nulis lo mas.
beneran

yanto cungkup said...

makanya bayar

yanto cungkup said...

eh ada mbak anis.

saya kangen nih

Adhy Suryadi said...

Betul kang, saya juga suka blank kalau udah tidak ada ide menulis. Sebenarnya ide di internet banyak tapi sayang banyak yang tidak saya kuasai hehehe...

Maman Achman said...

saya gak dikangenin mas, hiks...

Maman Achman said...

ini juga bayar mas, bayar kuota haahaa..

Maman Achman said...

wah kalau mas yanto sih gak usah pake tips2 ini juga tulisannya sudah pasti okeh, udah top markotop deh, ih..

Maman Achman said...

saya gak nanya qiqiqi...

Maman Achman said...

Hello Mas Adhy.. kata mas yanto: makanya bayar, haha..

*becanda, mas, intinya kita terus belajar ya.. lama-lama jadi terbiasa dan mengalir begitu saja, trims udah mampir sini.

Maman Achman said...

Suatu kehormatan buat saya kedatangan seorang blogger keren seperti Mas Adhy Suryadi. Terimaksaih ya mas, sudah sudi mampir ke blog saya yang sangat sederhana ini :)

Djangkaru Bumi said...

Jadi malu sendiri membaca artikel diatas. Artikelku jauh banget dari kata berkualitas. Aku merangkai kata dengan melihat photo yang akan aku publishkan.

Maman Achman said...

...tapi keren kang Djangkaru, masing2 blogger punya ciri khas tersendiri dalam posting suatu artikel, jadi... Lanjutkan!

Cilembu thea said...

pikiran saya dan mang adul kok sama ya?

Muhammad Mukhlis said...

yang cakep tetap saya kan mang :D

Muhammad Mukhlis said...

sama sama mang, mas hendry lagi masih ngorok teuh mang :D

Muhammad Mukhlis said...

nah paham, kan mang lembunya sekarang :D

Muhammad Mukhlis said...

banyak nya tips menulis artikel berkualitas memang salah satu jadi panutan oleh blogger nih yang mang dalam menulis artikel engan oke dan mantap :D

Maman Achman said...

heuheu, haturnuhun bang Mukhlis.. udah ngewakilin.

Maman Achman said...

tulisan bang Mukhlis juga bisa buat bahan referensi dalam menulis saya.. haturnuhun.

Maman Achman said...

saya manggut-manggut *jangan-jangan..... (ngurut dahi..)

Maman Achman said...

siiip bang MM :)

Cara Bimbingan said...

saya gimana coba ?

Cara Bimbingan said...

manggut setrap :D

Cara Bimbingan said...

haah, terus mas marnes nya dekat saya aja biar nak bantu coba :D

Cara Bimbingan said...

mb debe gimana kabar nya :D

Cara Bimbingan said...

nulis apa mas yan nya coba, pitnah mah :D

Cara Bimbingan said...

ikut senag mang :D

Cara Bimbingan said...

amin ya robbal alamin :D alfatehah :D

Cara Bimbingan said...

mantap tips nya mang, nak coba amankan dulu nih :D hati tenag dan bahagia :D

Maman Achman said...

CB.. gmn yah? gk ada mukanya wkwkw..

Maman Achman said...

saya manggut-manggut.. :D

Maman Achman said...

paling nulis berapa dollar yang masuk hari ini :)

Maman Achman said...

makasih CB....

Maman Achman said...

Silahkan CB, selamat menikmati.... sekalian cuci piring kalo hbs makan yah, hehe...

Heri Indra Gunawan said...

Wah mantap tulisannya, jadi nambah ilmu bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas.. terimakasih kang Maman..mantap infonya..

Heri Indra Gunawan said...

Wah mantap tulisannya, jadi nambah ilmu bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas.. terimakasih kang Maman..mantap infonya..

Maman Achman said...

Semoga bisa memberi inspirasi yaa.. kang Heri. Terimakasih.

Defi Purnama said...

Setiap blogger itu cakep lah wkwkwk

Cara Bimbingan said...

ganti artikelnya mang, dah banyak koment atuh mang :D

Maman Achman said...

iya neh.. baru aja selesai posting, mksh kang CB :)

Maman Achman said...

mksh juga Kang Heri, Sukses yah...

Post a Comment