logo blog

Agar Blog Cepat Terkenal Dan Menghasilkan

Bagaimana mengoptimasi Agar Blog Cepat Terkenal Dan Menghasilkan?

Pertanyaan ini banyak dikemukakan oleh para blogger, baik newbie atau bahkan yang sudah lama bergelut di dunia perblogger-an sekalipun. Kenapa hal ini sering ditanyakan? Kita bisa bertanya sama rumput yang bergoyang, eh, nggak ding.. tanyanya sama mbah google dong, karena si mbah yang satu ini sangat pintar, segala tahu pastinya.

Tapi ngomong-ngomong, setiap kali kita bertanya sesuatu tentang apa saja di google, jawabannya selalu kita temukan di blog. Dan blog itu yang membuat adalah seorang blogger seperti kita-kita. Jadi yang pinter itu sebenarnya google atau blogger sich??? *garuk-garuk kepala sambil nyengir, terus ngaca, ngapain coba...???

Tutorial Blog
 
Berbicara tentang blog, tentu tak akan pernah ada habisnya (kalau habis terus kita mau nyari sampingan dimana...) Selain selalu ada hal menarik yang bisa kita temukan, juga selalu aja ada hal yang belum kita ketahui, makanya kita browsing supaya tahu.

Nah, kali ini admin mau sharing tentang cara  mengoptimasi agar blog cepat terkenal seperti disebutkan di atas. Walaupun sebenarnya admin sadar sesadar-sadarnya blog mang admin sendiri masih jauh dari terkenal, tercemar iya.... Tapi gak apa-apalah namanya juga sharing, siapa tahu ada manfaat yang bisa kita petik dengan cara berbagi. (buah.. kali dipetik...)

Sebenarnya saya juga boleh dibilang newbie dalam hal dunia blog. Memang sih, mulai ngeblog sudah cukup lama, boleh dibilang sudah bangkotan alias tuwa. Tapi itulah dunia, kadang hal-hal aneh banyak terjadi. Ada yang sudah lama ngeblog tapi ngakunya newbie (saya salah satunya), dan ada juga blogger baru tapi sudah ngaku-ngaku sebagai master atau mastah dan bergaya seperti seorang blogger yang sudah lama ada sebelum ada internet (kalau itu jelas bukan sayya... )

Mang admin mulai ngeblog nggak berapa lama setelah mengenal komputer dan internet sekitar tahun 2009, itu juga gak sengaja karena tuntutan pekerjaan. Untungnya salah seorang teman yang sudah jago soal komputer, dengan suka rela mengajari cara mengoperasikan komputer dari nol. Rela gak rela laah.. lha wong disuruh sama si boss :p

Eh, sobat tahu tidak kalau sebenarnya mang admin ini awalnya sangat takut belajar komputer apalagi internet. Soalnya pernah mendengar kalau di internet itu banyak bahayanya.

Katanya begini, hati-hati maen komputer atau internet, karena kalau salah masuk kita bisa menemukan perempuan atau laki-laki yang gak punya baju, begitu katanya... Dalam hati berpikir apa iya sih begitu? Saking penasaran akhirnya waktu itu ngajak temen maen ke warnet dan minta di ajarin gimana cara membuka internet di komputer.

Nah temen yang satu ini, kebetulan orangnya rada-rada error juga, bukannya ngajarin yang bener, malah buka situs yang aneh-aneh yang isiinya memang bener, orang-orang yang gak pake baju itu. Astaghfirullah... Ternyata apa yang diisukan itu memang benar adanya. Waktu itu mang admin hanya bisa ngelus dada sambil nelen ludah, kenapa coba?

Tapi sudahlah, kenyataannya memang sudah begitu mau bilang apa, yang penting sekarang mah kembali kepada kitanya masing-masing mau melihat yang begituan atau mencari hal yang positif, pilihan ada pada diri kita sendiri. 

Kembali ke soal awal ngeblog, karena niatnya cuma iseng maka ngerjainnya juga nggak maksimal. Paling dalam sebulan cuma ngapdet satu artikel, gile lu ndro.... Gak percaya, noh liat aja arsip blog dibawah, keliatan koq buktinya. Jadinya ya begitulah, ibarat kata blog saya seperti hidup segan mati tak mau...

Nah, baru yang benar-benar aktif kira-kira 6 bulan terakhir ini. Itupun awalnya tak sengaja iseng-iseng memperbaharui postingan blog yang lama terlantar, terus ketemu teman-teman blogger baru yang ruarr biasahh..  yang telah membuka mata hati saya tentang dunia blog yang sesungguhnya.

Maka sejak saat itulah hobby ngeblog saya mulai bangkit kembali (tapi bukan bangkit dari kubur, lho... :0). Keseruan ngeblog mulai saya rasakan ketika mengunjungi sebuah blog yang sangat ramai sekali jumlah visitornya. Ini bisa kita lihat dari indikator Alexa Rank yang terpasang bagian footer di blog tersebut. Disana kita bisa lihat jumlah yang online lebih dari 20, visitor dan pageview ada dua-ribuan bahkan lebih setiap harinya. Sayapun bertanya-tanya, koq bisa yah pengunjung blog bisa sebanyak itu? Bandingkan dengan blog saya yang visitornya gak lebih dari 200 perhari? Hadeuuhh...

Usut punya usut, ternyata admin blog tersebut orangnya memang jago soal blog, soal SEO, soal tips dan trik ngeblog dan segala macam-lah pokoknya. Intinya ilmunya banyak banget dah, sampai meluber kemana-mana... Ini bisa kita lihat di sitemap blognya yang artikelnya memang sangat banyak dan semuanya berkualitas menurut saya.

Satu hal yang saya ingat adalah, ketika kita berkunjung ke blog beliau dan meninggalkan komentar, adminnya selalu menyempatkan diri untuk membalasnya. Kata-katanya selalu diiringi dengan banyolan atau humor yang membuat kita senyum-senyum sendiri atau bahkan ketawa ngakak, trik sederhana, namun mampu menghipnotis para pengunjung blognya untuk betah berlama-lama disana..

Itu pelajaran pertama yang saya dapat. Kita harus ramah dan bersikap sopan serta selalu membalas komentar para pengunjung. Camkan itu yah teman-teman.. kalau mau sukses ngeblognya..   

Seperti sudah saya sebutkan di atas, bahwa hobby ngeblog saya pada awalnya hanya sekedar iseng-iseng saja. Pertama karena sering membaca artikel di internet, lalu tertarik untuk mendalami apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya. Karena merasa penasaran maka mulailah saya kasak-kusuk kesana-kemari mencari info tentang cara membuat blog sampai akhirnya bisa memiliki sebuah blog gratisan melalui blogger.com.

Semenjak itulah sampai sekarang ini saya mulai menjadikan blog bukan saja sebagai sarana mengaktualisasikan diri atau mengekspresikan diri, yang awalnya sekedar hobby, sekarang mulai bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblog lewat iklan yang terpasang di blog ini. Nilainya memang belum besar, tapi lumayanlah bisa buat nambah-nambah beli kuota selama beberapa bulan kedepan.

Sudah ah, koq malah curhat sih.. nanti nggak kelar-kelar pembahasannya.

Baiklah kembali ke mengoptimasi blog agar cepat terkenal dan bisa menghasilkan, mari kita oprek satu-persatu. Simak yah pemaparannya dibawah ini, baca sampai tuntas dan awas.. jangan pada tidur.. kalau tidur tak setrap nanti.

1. Konten adalah segalanya
Sobat tentu sering mendengar kata-kata ini, ya.. karena dalam dunia blogging konten memang segalanya. Coba bayangkan kalau kita mempunyai sebuah blog tapi gak ada kontennya alias kosong-melongpong, kayak apa jadinya coba? Itu mah bukan blog namanya tapi rumah hantu, hiiiyy...

Dalam membuat konten, usahakan membuatnya sebagus mungkin. Jangan asal tulis tapi lakukan 'dengan hati'. Jangan melakukan copy-paste, karena mesin pencari terutama Google sangat tidak menyukai blog yang isinya hasil copy dari blog milik orang lain. Boleh saja meng-copy tapi harus diedit dengan kata-kata sendiri.
Bagaimana cara ngeblog dengan hati? Baca artikel yang ini: Ngeblog Dengan Hati

Buatlah artikel yang unik, menarik, menggelitik dan ciamik. Dijamin blog sobat perlahan akan dikenal dan akan mulai mendapatkan pengunjung setia bila tulisan sobat dinilai bermanfaat dan mempunyai keunikan tersendiri.
Bagaimana cara mengecek keunikan artikel kita? Silahkan baca disini: Cara  Cek Orisinalitas Konten Blog

2. Buat Tampilan Blog Semenarik Mungkin
Setelah konten, hal kedua yang harus kita perhatikan adalah tampilan blog atau template. Gunakan template blog yang menarik dan valid HTML5. Di internet banyak template yang bagus-bagus yang bisa kita pilih, mulai yang free sampai template premium atau berbayar. Pilih sesuai selera namun tetap harus memperhatikan faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi kualitas serta kecepatan loading blog.

3. Pasang Meta tag, Meta title dan Meta Description Blog
Setelah menemukan template yang bagus, langkah selanjutnya adalah mengatur serta menambahkan meta tag, meta title dan meta description blog kita. Tujuannya agar blog kita lebih SEO friendly dan dapat dirayapi oleh Search Engine. Hal ini sangat penting karena blog yang tidak memiliki ketiga hal tersebut diatas akan mengalami kesulitan saat dijelajahi oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lain sebagainya

4. Share Artikel ke Berbagai Media Sosial
Setelah membuat postingan, lakukan aktifitas sharing ke berbagai media sosial seperti G+, Facebook, Twitter dll. Hal ini bisa meningkatkan traffic ke blog kita. Apalagi kalau kita aktif di media sosial, tentunya ini merupakan peluang yang sangat bagus untu
k meningkatkan jumlah visitor blog.

Dan juga yang tak kalah penting, jangan lupa juga pasang LIKE button Facebook di akhir artikel. Ini dimaksudkan agar setiap pembaca yang merasa senang dengan tulisan yang ada di blog kita, akan dengan mudah membagikannya lewat facebook miliknya..

5. Buat Daftar Isi atau Sitemap
Cara ini dimaksudkan agar para pengunjung lebih mudah saat ingin menjelajahi seluruh isi blog. Dengan adanya sitemap, pembaca tidak akan mengalami kesulitan saat ingin mencari artikel lain dalam blog karena semua terpampang jelas di menu navigator ini.
 
6. Pasang
Artikel Terkait atau Related Post
Yang ini juga harus ada dalam sebuah blog. Artikel terkait memungkinkan pembaca terus membaca karena adanya keterkaitan artikel satu dengan artikel lainnya. jangan biarkan pembaca pergi begitu saja setelah membaca sebuah artikel, tapi manjakan kehadirannya dengan berbagai kemudahan yang bisa kita tampilkan dengan adanya fitur ini.

7. Pasang Iklan Mandiri atau Adsense
Nah, ini yang bikin semangat ngeblog makin meningkat. manfaatkan blog kesayangan sobat untuk meraih penghasilan dengan memasang iklan di blog. Banyak situs penayang iklan yang bisa kita ikuti, mulai dari adsense, iklan mandiri dll, yang kesemuanya bisa memberikan tambahan penghasilan buat kita.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, kalau blog sobat masih tergolong baru, usahakan jangan memasang iklan dulu, karena pengunjungnya nanti akan merasa risih dan tidak mau berlama-lama berada di blog sobat. Tunggu sampai pengunjungnya banyak, baru deh boleh pasang iklan. Dengan begitu kesempatan untuk meraih penghasilan dari blog semoga bisa cepat terwujud. Untuk memasang iklan selain adsense, sobat bisa mencoba salah satunya disini:

Nah, sampai sejauh ini apakah sobat sudah mengerti? Yang belum mengerti silahkan tunjuk jari, kita mulai lagi dari awal.. Setuju..?


Catatan :
Setelah semua trik dan teknik diatas dilakukan, jangan lupa untuk terus melakukan update. Tingkatkan kualitas dan gaya menulis sobat. Jangan maen tinggal gitu aja blognya, kasian dong ih... 

Sekian dulu pembahasan tentang cara Agar Blog Cepat Terkenal Dan Menghasilkan, sampai jumpa di posting berikutnya

 Salam blogger!




Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger