logo blog

Pentingnya SEO Untuk Optimasi Blog

Apakah optimasi blog merupakan bagian dari sebuah promosi? Benar sekali! Blog adalah sistem manajemen konten situs dengan fungsi tambahan seperti komentar, trackback dan RSS. Blog benar-benar tidak berbeda dengan situs web. Dibutuhkan keuletan dalam mengembangkan sebuah blog agar bisa tampil maksimal di dunia yang tanpa batas ini.

Jika Anda dapat mengoptimalkan konten-konten dalam blog yang akan diindeks, dikategorikan dan dapat dengan mudah di baca oleh mesin pencari, adalah  suatu keuntungan yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung semua kegiatan blogging Anda.



Optimasi Blog

  
Dengan demikian, seorang blogger yang baik harus menyadari bagaimana jenis-jenis saluran dapat digunakan dalam teknik pemasaran online secara keseluruhan. Blog adalah salah satu dari banyak platform yang menguntungkan bila dioptimasi dengan baik.

Banyak blogger profesional menggunakan software blog tertentu untuk mengelola jenis konten tertentu di situs webnya, seperti ruang media online, newsletter, cara menjawab pertanyaan yang sering diajukan dan memberikan pembaruan produk yang mereka jual melalui blog. Hal ini tentu saja dapat membuat situs blog menjadi ramah di mesin pencari.

Mengelola sebuah blog memerlukan kerja keras dan kerja cerdas - terutama keuletan. Namun bila dilakukan dengan sepenuh hati dan memaksimalkan sumber daya yang ada, maka imbalannya bisa sangat signifikan.

Pemasaran online melalui blog menerima sebagian besar lalu lintasnya dari mesin pencari. Jumlah pengunjung organik menentukan seberapa besar kualitas sebuah blog dilihat dari banyaknya pengunjung yang mendapatkan alamat blog tersebut sesuai dengan kata kunci yang berhasil di indeks oleh mesin pencari.


Tentu saja ketentuan ini dapat berubah dari waktu ke waktu, tapi di sini bisa kita mendapatkan manfaat yang besar dengan rajin mengoptimasi blog atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimation) agar ramah di mesin pencari, dan menjelaskan kepada orang-orang yang bertanya-tanya tentang manfaat optimasi mesin pencari ketika kita serius dalam mengelola sebuah blog.

Baca juga: Belajar SEO Mudah Aman dan Nyaman

Berikut ini beberapa pengetahuan dan kiat yang bisa Anda pelajari dalam mengoptimalkan blog agar dapat terindeks dengan baik di mesin pencari.
  • Konten terstruktur - Blog yang memiliki fitur kategori terstruktur memungkinkan konten memiliki kesesuaian dengan tema. Hal ini membuat mesin pencari lebih mudah dalam mengkategorikan konten. Jika Anda dapat membuat mesin pencari lebih mudah dalam memahami konten Anda, Anda memiliki kesempatan yang lebih baik dari para pesaing Anda.
  • URL dirayapi - Kebanyakan perangkat lunak blog menawarkan struktur URL tidak rumit, sehingga cukup mudah untuk mesin pencari dalam menemukan dan meng-crawl konten dalam blog.
  • Link internal - Blog yang memposting informasi produk atau layanan sebaiknya menyematkan link internal. Ini dimaksudkan untuk menjangkau artikel-artikel terkait agar bisa saling berkaitan antara satu artikel dengan artikel lainnya yang terkait dalam situs web. Hal ini sangat bermanfaat bagi peringkat di mesin pencari.
  • Link Inbound - Salah satu manfaat terbesar link inbound dalam sebuah blog adalah yang memiliki link bebas satu sama lain. Anda bisa memanfaatkan link inbound - lebih dari situs web. Blog juga merupakan sumber signifikan dari banyak posting berita sosial dan situs web media sosial. Teks, audio dan video semua mudah didukung untuk sindikasi blog. Semakin banyak media yang tersedia, semakin besar kemungkinan akan menarik link masuk. Selain itu, ada banyak widget dan plugin yang membuatnya mudah untuk berbagi konten blog, sehingga mendorong link dan lalu lintas.
  • RSS -  Link RSS pada sebuah blog akan membantu dalam membangun popularitas link dan ketika konten RSS sindikasi dikutip oleh blog lain, setiap link tertanam juga akan membantu dalam mengirimkan lalu lintas.
  • Konten segar dan orisinal - Banyak pembaca dan mesin pencari menyukai konten segar dan orisinal, selalu ingin mengunjungi kembali secara berulang-ulang. Dari perspektif mesin pencari, itu berarti situs Anda dapat dijelajahi lebih sering, memungkinkan konten baru Anda untuk menjadi dicari lebih cepat. Konten segar dan orisinal juga menunjukkan sebuah situs web yang lebih otoritatif.
  • Aktif dalam komunitas - Komentar dan fitur trackback dalam perangkat lunak blog mendorong setiap blogger untuk berinteraksi. Sebuah komunitas blog yang aktif menciptakan jenis kutipan atau sinyal dari situs lain secara kontekstual yang relevan, bahwa mesin pencari cenderung untuk menghargai blog dengan banyak pemberi komentar. Pembaca setia blog dapat meningkatkan visibilitas situs melalui komentar di blog lain, di forum secara offline pada konferensi serta di dalam komentar di blog Anda sendiri.
  • Lalu lintas non-Search - Manfaat terbesar dari memiliki sebuah blog yang aktif adalah memiliki sedikit demi sedikit peningkatan peringkat di mesin pencari. Hal terbaik tentang blog adalah bahwa bagaimana cara Anda untuk menghasilkan sejumlah besar lalu lintas melalui RSS dan link. Rekomendasi terbaik untuk promosi pada tahun-tahun mendatang adalah untuk mengejar alternatif lalu lintas ke mesin pencari, misalnya agresif dalam mengoptimalkan program promosi bila memungkinkan. Hasilnya akan meningkat bertahap dalam lalu lintas situs di mesin pencari. Ini disebut lalu lintas bonus tambahan.
Bonus manfaat dari sebuah blog yang dioptimasi:

Berdayakan RSS direktori. Dengan blog dan RSS yang sesuai dan tepat sasaran, situs blog Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan di mesin pencari. Situs web tanpa feed yang baik membuat blog tersebut tidak termasuk dalam jenis-jenis direktori dan akan mengalami kesulitan terindeks dengan baik oleh mesin pencari. Begitu pentingnya RSS, maka sudah selayaknya Anda mempelajari tentang hal ini mulai sekarang.

Demikianlah pembahasan tentang Pentingnya SEO Untuk Optimasi Blog, semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari postingan kali ini.



Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger