logo blog

3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil

Saungmaman.com - 3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil

Hal yang paling penting bagi seorang blogger adalah trafik atau visitor blog yang stabil. Apalah arti sebuah blog jika sepi pengunjung. Tentu sangat menyedihkan bila kita memiliki sebuah blog yang dengan susah payah kita bangun, namun tidak juga mendapatkan kunjungan yang berarti.

Namun jangan berkecil hati, selalu ada cara agar blog kesayangan kita memiliki pengunjung yang datangnya murni dari google. Adapun langkah yang terpenting yang harus kita lakukan adalah dengan mendaftarkan blog ke webmaster Tools. Silahkan daftarkan blog sobat kemudian verifikasi kepemilikan bahwa blog tersebut benar kita yang punya. Hal ini penting dilakukan, sebab dengan bantuan webmaster, blog kita akan dengan mudah terindeks oleh mesin pencari. Adapun efek positifnya adalah blog akan memiliki banyak pengunjung organik dari google.
Baca juga : Cara Mudah Mengganti Permalink Agar Tidak Kehilangan Trafik
Jika blog yang kita kelola sudah mendapatkan visitor yang banyak, hal yang tak kalah penting yang harus kita lakukan adalah menjaga agar trafik blog tetap stabil bahkan kalau bisa meningkat lebih baik lagi. Meningkatnya trafik blog serta visitor tentu saja memiliki banyak keuntungan.Yang utama tentunya memperbaiki posisi/peringkat blog dalam Google Page Rank serta Alexa Global Rank.

Jumlah visitor yang banyak dan stabil, tentu akan memberikan keuntungan materi bagi pemilik blog. Blog bisa dimonetisasi untuk mendapatkan uang. Selain itu, tentunya akan makin banyak para advertiser yang ingin memasang iklannya diblog yang memiliki trafik yang tinggi dan stabil. Blog dengan trafik yang tinggi dan stabil banyak dilirik para pemasang iklan untuk meningkatkan konversi atau nilai penjualan suatu produk yang bisa diiklankan melaui media blog. Blog dengan trafik yang tinggi merupakan prestasi yang membuat seorang blogger makin bersemangat dalam menulis.

Akan tetapi menjaga agar trafik blog tetap stabil dan terus meningkat itu bukan pekerjaan mudah. Selain sulit juga butuh tindakan yang bersifat rutin dan berkesinambungan, sekali saja sobat berhenti jangan harap akan menikmati hasil memuaskan seperti yang diharapkan. Lalu apa saja cara agar blog memiliki trafik yang stabil?

3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil.

1. Memperbanyak Artikel Blog
Keberadaan artikel bagi sebuah blog adalah merupakan 'ruh' yang harus menjadi perhatian utama. Artikel itu ibarat makanan. Tanpa makanan, sesuatu yang hidup tidak akan bisa bertahan hidup lebih lama lagi. Begitu juga dengan blog, agar blog bisa tetap hidup dimata mesin pencari, maka tugas seorang blogger selaku pemilik blog adalah memberinya 'makan' demi menjaga agar artikel selalu terupdate secara rutin. Buatlah minimal 1 artikel setiap hari. Walaupun hanya 1 artikel itu sudah cukup untuk membuat blog terus diindeks mesin pencari dan mampu mendatangkan pengunjung. Alangkah lebih baik lagi bila artikel yang sobat buat bisa lebih sering dan lebih banyak lagi. Memiliki banyak artikel juga mampu menjaga visitor blog stabil, 1 pengunjung akan tertarik dengan beberapa artikel yang ada di blog. Berbeda dengan blog yang update-nya jarang, maka artikel-artikel lama yang sudah diindeks mesin pencari tentu akan tenggelam bila tidak ada yang baru. Efek negatifnya adalah tentu akan berdampak buruk karena mengakibatkan menurunnya jumlah visitor/pengunjung.

2. Blogwalking
Blogwalking (berkunjung dan berkomentar) di blog sahabat, merupakan salah satu aktivitas atau kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang blogger jika blognya ingin selalu ramai. Blogwalking memiliki banyak sekali manfaat, selain merupakan ajang silaturahmi antar sesama blogger, juga bisa memberikan backlink kepada blog kita. Mempromosikan blog lewat blogwalking rutin mampu menjaga trafik blog agar tetap stabil.

3. Membuat Artikel Evergreen
Apa yang dimaksud dengan yang namannya evergreen content? Mungkin sobat blogger ada yang belum tahu apa itu arti evergreen content. Evergreen content adalah artikel atau posting blog yang keberadaannya selalu relevan tanpa kenal waktu. Evergreen content tersebut tidak lekang dimakan usia, jadi walau dibaca kapan saja selalu memiliki tingkat relevansi yang tinggi. Dengan content yang selalu relevan, tentu menjadi alasan mengapa trafik blog bisa tetap stabil. Lalu seperti apa sih artikel yang disebut evergreen content?

Trafik

Berikut beberapa contoh artikel yang bisa disebut Evergreen Content :

1. Artikel tentang Definisi atau Pengertian
Artikel tentang definisi biasannya banyak digunakan oleh blog yang memiliki tema khusus semisal blog pendidikan atau tentang ilmu pengetahuan, blog tentang kesehatan, dll. Sehingga hanya dengan sekali update akan selalu relevan sampai kapanpun.

2. Artikel Tutorial.
Artikel yang membahas tuntas tentang panduan atau tutorial merupakan artikel banyak dicari pembaca. Biasanya menjelaskan tentang panduan atau cara bagaimana untuk melakukan hal-hal tertentu. Contoh artikel tutorial diantaranya mengenai tutorial blog, panduan membuat aplikasi, game dll.

Keberadaan 2 artikel tersebut sangat membantu dalam menjaga trafik blog agar tetap stabil. Sebenarnya masih banyak jenis evergreen content lainnya (bisa cari di google) tapi pada kesempatan ini hanya dua yang diulas disini, dimana menurut saya keduanya merupakan konten yang paling banyak berpengaruh menjaga trafik blog agar tetap stabil.


Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa yang paling utama dalam menjaga agar trafik blog tetap stabil adalah dengan membuat blog selalu update dan memiliki banyak konten evergreen. Dengan mengoptimalkan keduanya, maka bukan hanya membuat trafik blog stabil, namun bahkan mampu membuat trafik terus mengalami peningkatan. Sudah sering diingatkan oleh para master blog bahwa content blog atau artikel adalah sajian pokok yang harus mendapat perhatian utama, karena konten yang baik dan berkualitas itulah yang banyak dicari oleh pengunjung.

Demikianlah ulasan mengenai 3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil yang bisa saya share kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.

Enter your email address to get update from SAUNG MAMAN.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2017 - Saung Maman | Privacy Policy | Disclaimer | About | Created by Kompi ajaib - Powered by Blogger