Trik Sederhana Meningkatkan PA (Page Authority) Blog

Saungmaman.com - Trik Sederhana Meningkatkan PA (Page Authority) Blog

Banyak advertiser menilai baik tidaknya kualitas sebuah blog berdasarkan tinggi atau rendahnya PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority). Semakin tinggi nilai PA dan DA sebuah blog maka semakin besar kemungkinan blog tersebut untuk mendapatkan peluang mendapatkan tawaran kerjasama dari para pemasang iklan (advertiser).

Maka bagi anda para blogger yang berniat membangun blog untuk mendapatkan job dari para pemasang iklan, penting sekali untuk memahami dan menerapkan bagaimana cara meningkatkan nilai PA dan DA blog anda agar menjadi buruan para advertiser.
  • Lalu apa sebenarnya pengertian PA dan DA blog tersebut?
  • Dimana saya bisa mengecek nilai PA dan DA blog?
  • Bagaimana cara meningkatkan PA dan DA blog paling sederhana?
Mari kita pelajari satu persatu.

Pengertian PA

Page Authorithy adalah sebuah skor yang dikembangkan oleh MOZ untuk mengukur seberapa baik kualitas sebuah halaman suatu blog di mata mesin pencarian. Semakin tinggi nilainya (range 0 - 100) maka bisa dipastikan kualitas halaman pada blog tersebut terindeks dengan baik oleh Google Search Engine.

Baca juga:
Apa Arti PA dan DA pada Blog? 
3 Cara Cerdas Menjaga Trafik Blog Agar Stabil
Tips Mudah Meningkatkan Trafik Blog

Pengertian DA

Kalau PA mengukur nilainya berdasarkan halaman per halaman, maka Domain Authority menilai sebuah blog secara keseluruhan. Maka dimungkinkan nilai halaman satu dengan halaman lainnya akan memiliki skor yang berbeda.

Besarnya skor/nilai PA didasarkan pada beberapa penghitungan, seperti data indeks web mozcape, banyaknya jumlah backlink, Moz trust, Moz rank, dan masih banyak lagi algoritma lain sebagai acuan dalam menentukan nilai PA sebuah blog.

Dimana tempat mengecek nilai PA, DA blog?

Banyak situs tempat untuk mengecek PA, DA blog dengan menggunakan Tool Authority Cheker. Beberapa situs tersebut diantaranya:
  • Moz.com
  • Seoweather.com
  • Smallseotools.com
  • Seoreviewtools.com
  • Checkmoz.com
  • Websiteseochecker.com 
  • dan lain-lain.
Namun yang paling direkomendasikan adalah Moz. Karena Moz adalah situs yang membuat matriks DA, PA itu sendiri. Berikut hasil cek DA dan PA blog Saung Maman di website moz:
 
Moz 
PA, DA Saung Maman


Lalu bagaimana cara meningkatkan nilai PA dan DA blog yang paling sederhana?

Sama halnya dengan Search Engine Optimazion (SEO), page authority maupun domain authority tidak dapat ditingkatkan dengan cara instan. Butuh waktu dan metode yang harus digunakan dalam meningkatkan nilai berdasarkan kualitas dan umur sebuah blog. Semakin panjang umur dan semakin baik kualitas sebuah blog, maka besar kemungkinan nilai PA dan DA blog-pun akan semakin meningkat.

Namun secara sederhana dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatan nilai PA, DA blog bisa disiasati dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Memperhatikan keyword density/pengoptimalan kata kunci
2. Jangan membuat duplikat konten atau artikel copy paste
3. Jangan sering melakukan spam keyword.
4. Rajin men-share artikel ke media sosial

Catatan:
Moz sendiri memberi pencerahan bahwa cara terbaik untuk meningkatkan nilai page authority adalah dengan membangun link balik/backlink berkualitas agar bisa mempengaruhi moz rank dan moz trust.

Disarankan untuk membangun backlink sebanyak mungkin dari situs-situs besar terpercaya dan yang ber DA PA tinggi. Anda pasti sudah tahu bagaimana cara melakukannya.

Demikian artikel Saung Maman mengenai Trik Sederhana Meningkatkan PA (Page Authority) Blog yang bisa saya bagikan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat.
Advertisement
Trik Sederhana Meningkatkan PA (Page Authority) Blog

You Might Also Like: