7 Cara Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Kuman dan Penyakit

By SaungMaman

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering bersentuhan langsung dengan benda-benda di sekitar yang seringkali mengandung kuman atau bibit penyakit yang kasat mata. Oleh karena itu menjaga kebersihan tangan merupakan sesuatu yang sangat penting. 

Menjaga kebersihan tangan merupakan cara yang paling disarankan dalam menangkal berbagai penyakit. Tak salah kalau gerakan 3M memprioritaskan kebiasaan mencuci tangan sebagai hal yang utama yang digalakkan oleh pemerintah dalam mencegah penularan virus corona. 

Membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan tangan harus selalu dilakukan baik di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di tempat ibadah, pasar, mall, dan lain-lain. Langkah ini sebagai antisipasi dalam menghindari tubuh dari ancaman kuman dan bibit penyakit yang mengancam kesehatan manusia. 

Namun dalam hal mencuci tangan masih banyak yang belum memahami sepenuhnya cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar World Health Organization (WHO). Selain itu, sebagian besar mereka yang melakukan kebiasaan mencuci tangan masih ada yang belum tahu mengenai kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan. 


Mencuci tangan itu sebaiknya menggunakan sabun anti bakteri dan dilakukan sesering mungkin. Yang paling penting terutama saat sebelum dan sesudah makan, saat hendak membuat dan menyiapkan hidangan, saat hendak menyentuh hidung, mulut atau mata, setelah keluar dari kamar mandi atau toilet. Selain itu juga setelah batuk, bersin, atau setelah memegang benda-benda yang disentuh oleh banyak orang. 

Antibacterial Hand Wash | Image: Pixabay.com
Mencuci tangan yang baik dan benar juga ada aturannya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut standar WHO:
  1. Basahi tangan dan tuangkan sabun cuci tangan di atas telapak tangan.
  2. Letakkan telapak tangan kanan ke telapak tangan kiri dengan jari saling mencengkram lalu gosokan perlahan dan ulangi sebaliknya.
  3. Letakkan telapak tangan kanan di punggung tangan kiri, gosokan berulang dan lakukan sekali lagi dengan tangan kiri di atas punggung tangan kanan.
  4. Gosokan jari-jari tangan kanan yang tergenggam di telapak tangan kiri, ulangi sebaliknya.
  5. Gosok kuku dan pangkal jari ke telapak tangan.
  6. Gosok ibu jari kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.
  7. Bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk kering yang bersih. Setelah kering maka tangan akan terbebas dari bakteri dan kotoran. 
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas selama kurang lebih 20 detik, maka Anda sudah terlindung dari kemungkinan terkena berbagai penyakit. Mencuci tangan yang baik dan benar mampu membunuh bakteri penyebab penyakit yang tidak tampak oleh mata. 

Demikian info singkat mengenai 7 Cara Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Kuman dan Penyakit kali ini, semoga bermanfaat. 


7 Cara Mencuci Tangan yang Benar Agar Terhindar dari Kuman dan Penyakit

You Might Also Like:

Protected by Copyscape